8 Perbedaan Nmax 2020 ABS dan Non ABS Terbaru, Berikut Ulasannya

Motor Yamaha Nmax 2020
Yamaha Nmax 2020
Perbedaan Nmax ABS dan Non ABS - Akhir nya Nmax 2020 tipe ABS dirilis juga dengan membawa segudang fitur canggih yang tersemat pada motor yang berlokasi kan di Bandara Internasional Hotel, Tangerang Banten pada 4 Febuari 2020 kemarin yang di hadiri dengan dua pembalap ternama yakni Valentino Rossi dan juga Maverick Vinales. Ini menjadikan moment dimana motor dengan varian tertinggi ini ditunggu-tunggu, karena terdapat fitur unggulan yang membuat banyak penggemar skutik maxi ini begitu penasaran. Pasalnya pada tipe ABS ini membawa fitur unggulan yang tidak dimiliki pada tipe standar yang menjadikan terdapat perbedaan Nmax ABS dan Non ABS.

Daftar Isi :

Pada model Nmax 2020 kali ini ada banyak perbedaan yang dimiliki pada kedua tipe ABS maupun Non ABS mulai dari fitur dan desain motor yang bisa menjadi perbandingan untuk kalian disaat ingin memboyong motor berbodi bongsor ini ke garasi kalian. Namun untuk soal desain tampilan kedua tipe motor ini tampak terlihat sama saja dengan memiliki desain bodi yang compact dan juga di balur dengan warna kekinian menjadikan motor ini sangat diminati kalangan muda maupun tua. Dan juga tersemat fitur unggulan seperti lampu depan motor yang menggunakan LED (Light Emitting Diode) yang membuat tampilan motor kian modern.

Mungkin ada beberapa yang mempertanyakan, apa arti ABS dan Non ABS pada Nmax? Dari nama nya saja sudah terdengar tidak asing, pasalnya ABS (Anti-Lock Braking System) yang merupakan pengereman yang canggih dan berfungsi untuk menyeimbangkan rem pada saat melakukan pengereman secara mendadak disaat kecepatan tinggi atau pun jalan licin.

Sedangkan apa yang dimaksud dengan non ABS? fitur (Anti-Lock Braking System) yang tidak disematkan pada tipe Nmax standar, tentunya tidak ada nya fitur tersebut akan kesulitan dalam melakukan pengereman mendadak roda akan menjadi terkunci dan motor susah untuk dikendalikan. Meskipun tidak ada fitur tersebut kalian masih bisa menggunakan motor nmax tipe Non ABS, karena pengereman pun sudah dibuat seaman mungkin dengan menggunakan jenis disc brake pada bagian depan maupun belakang roda jadi tinggal kita bagaimana mengoperasikan nya saat dijalan. Fitur tersebut merupakan salah satu perbedaan dari Nmax ABS dan Non ABS, namun untuk lebih lengkap nya kalian bisa menelusuri hingga kebawah.

Perbedaan Nmax 2020 ABS dan Non ABS


1. Fitur TCS

Fitur TCS Motor Nmax
Fitur TCS Nmax
Pada perbedaan Nmax ABS dan Non ABS kali ini banyak yang penasaran dengan fitur terbaru yang tersemat pada Nmax 2020 yakni TCS (Traction Control System), pasalnya ini jadi yang pertama di Indonesia untuk motor sekelas 150-155 cc yang menggunakan fitur tersebut. Dan biasa nya fitur ini hanya ada pada motor berkapasitas mesin gede, tentu nya ini menjadikan motor yang memberikan keamanan bagi pengendara nya disaat melaju di jalan dengan mencegah ban kehilangan traksi saat memutar grip gas.

Untuk cara kerja fitur TCS nmax disaat sensor mendeteksi ban mengalami perputaran yang berbeda antara ban belakang dengan ban depan yang diakibatkan ban belakang kehilangan traksi saat berakselerasi. Secara otomatis ECU (Electronic Control Unit) akan merespon dengan cara mengurangi akselerasi dengan 2 tahapan yakni memotong pengapian pada saat putaran ban kehilangan traksi tidak terlalu besar dan TCS akan terasa pada tahap kedua yakni saat ban kehilangan traksi besar, secara otomatis akan ECU akan memerintahkan injector untuk mengurangi masuknya bensin ke ruang bakar dan motor akan terasa brebet pada tahap kedua ini. Tentu nya fitur ini hanya tersedia pada tipe ABS dan untuk tipe standar tidak memiliki nya dan ini menjadikan perbedaan Nmax ABS dan Non ABS.

2. Fitur Smart Key System

Fitur Smart Key System Motor Nmax
Fitur Smart Key System Nmax
Untuk perbedaan yang kedua terletak pada kunci kontak motor yang mana pada tipe ABS dibekali dengan fitur Smart Key System sedangkan pada tipe Non ABS tidak memiliki nya. Fitur ini pertama kali nya diperkenalkan pada tahun 2016 lalu, dengan motor Yamaha Aerox 155VVA tipe S-Version yang pertama mengaplikasikan fitur tersebut. Tentunya fitur Smart Key System ini juga disematkan pada Nmax 2020 dan juga motor matic Yamaha lain nya, karena fitur ini memiliki berbagai macam keunggulan yang menurut ane fitur wajib ada di motor demi keamanan saat di parkir. Karena penggunaanya cukup praktis, hanya mengandalkan remote untuk menghidupkan motor dan tidak menggunakan anak kunci lagi seperti kunci kontak konvensional yang biasa digunakan pada motor umumnya.

Namun tak hanya itu saja terdapat keunggulan lain seperti Immobilizer untuk mengenali remote pasangannya, apabila tidak sesuai maka motor tidak bisa dihidupkan. Dan juga adanya Answer Back System yang memudahkan pengendara untuk menemukan motor saat diparkiran yang luas dengan hanya menekan tombol yang di remote. Dan juga keunggulan lain nya seperti membuka bagasi motor, membuka penutup tanki bensin, alarm dan juga pengunci stang ganda.

3. Teknologi CCU

Teknologi CCU Motor Nmax
Teknologi CCU Nmax / Aplikasi Y-Connect
Teknologi CCU (Comunication Control Unit) merupakan fitur motor pertama di Indonesia yang dapat terkoneksi dengan smartphone, pasalnya teknologi ini juga dibekali dengan fitur aplikasi motor nmax yakni Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) yang berfungsi untuk menghubungkan motor dengan smartphone menggunakan jaringan Bluetooth. Didalam aplikasi terdapat banyak informasi yang didapatkan tentang motor pengendara mulai dari Lokasi Parkir Motor, Rekomendasi Perawatan Motor, Konsumsi BBM, Notifikasi Malfungsi dan yang terakhir adalah RevsDashboard. Dan untuk aplikasi Y-Connect sudah tersedia toko aplikasi digital seperti Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna smartphone Apple. Tentu nya dengan ada nya teknologi ini membuat pengendara jadi lebih dekat dengan motor, dengan memilih motor Nmax 2020 tipe ABS yang dapat memberikan fitur unggulan tersebut sedangkan pada tipe Non ABS tidak tersedia.

4. Fitur ABS

Fitur ABS Motor Nmax
Fitur ABS Nmax
Seperti yang sudah ane jelaskan di atas bahwa pada perbedaan Nmax ABS dan Non ABS terdapat pada bagian pengereman, yang mana pada tipe tertinggi ini dibekali dengan fitur pengereman canggih seperti Anti-Lock Braking System. Sedangkan untuk tipe standar tidak dibekali dengan fitur tersebut. Tentunya dengan ada nya fitur ini menjadikan pengereman lebih stabil saat terjadi nya rem mendadak.

5. Jumlah Warna

Warna Motor Nmax 2020
Warna Motor Nmax
Selanjut nya jumlah warna yang dimiliki terdapat perbedaan nmax ABS dan Non ABS (Tipe Standar) jauh lebih banyak yakni 4 pilihan yang berbeda sedangkan jika bandingkan dengan tipe ABS (Tipe Tertinggi) memiliki 3 pilihan saja. Tentu nya ini merupakan kelebihan dari tipe standar karena telah ditambahkan 1 warna yang tidak dimiliki pada tipe tertinggi, dan untuk 1 warna tambahan tersebut adalah Matte Red yang memiliki kombinasi merah doff dan hitam dengan emblem 3D yang melekat pada bodi belakang motor dengan bertuliskan "Nmax 155". Dan warna lainnya untuk kedua tipe sama-sama dimiliki seperti Matte Black yang memiliki kombinasi hitam doff dan sentuhan emas yang memberikan kesan elegan dan mewah pada motor, sentuhan warna emas terletak pada bagian pelek yang memberikan kesan modern, tak lupa dengan sticker Maxi Signature yang terletak di samping bodi bagian depan.

Selanjut nya ada Matte Blue yang memiliki warna dasar biru doff dengan kombinasi hitam dan tak luput dengan emblem 3D pada bagian bodi belakang. Lalu yang terakhir ada White yang memiliki warna dasar putih mengkilap dengan kombinasi hitam dan coklat gelap pada bagian dek tengah. Dan tak luput dengan emblem 3D pada bodi belakang motor.

6. Sokbreker Belakang

Sokbreker Belakang Motor Nmax
Sokbreker Nmax
Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum mengetahui perbedaan nmax ABS dan Non ABS terdapat lubang kecil pada bagian sokbreker belakang tipe ABS terdapat keunikan tersendiri. Karena lubang kecil yang didekat tabung tersebut dapat disetel tingkat kekerasan nya atau rebound sokbreker, dengan memutarnya menggunakan obeng yang pas pada lubang. Dan terdapat dua pilihan yang bisa disetel, setelan keras agar saat berboncengan sokbreker tidak terlalu turun. Namun sayang nya untuk tipe Non ABS tidak memiliki nya, jadi hanya tipe tertinggi saja yang disematkan.

7. Berat Motor

Terdapat perbedaan nmax ABS dan Non ABS pada spesifikasi motor kedua tipe ini yang terletak pada berat motor yang dimiliki, pasalnya pada motor tipe tertinggi ini memiliki berat mencapai 132 kilogram sedangkan pada tipe standar memiliki berat 130 kilogram. Penambahan berat pada tipe tertinggi diakibatkan adanya konfigurasi fitur ABS (Anti-Lock Braking System) yang menjadikan berat nya bertambah 2 kilogram. Dan untuk soal performa mesin akibat bertambah nya berat motor kemungkinan akan terpengaruhi.

8. Harga Motor

Dan akhir nya sampai pada perbedaan nmax ABS dan Non ABS yang terakhir, yakni terlihat pada harga jual yang dimiliki kedua tipe. Pasalnya terdapat perbedaan harga motor yang cukup signifikan pada tipe ABs yang baru saja dirilis pada tanggal 4 Febuari kemarin dengan memiliki harga mencapai Rp 33.750.000 sedangkan untuk tipe Non ABS mencapai Rp 29.500.000. Tentu nya perbedaan harga tersebut dipengaruhi dengan fitur unggulan yang tersemat pada tipe ABS lebih lengkap, yang menjadikan harga nya lebih mahal.

Artikel Lain Motor Nmax
Perbandingan Kapasitas Tangki Nmax
Perbandingan Kapasitas Tanki Nmax
Perbandingan Knalpot Nmax 2020
Perbandingan Knalpot Nmax 2020
Spesifikasi Nmax 2020
Spesifikasi Nmax 2020
Modifikasi Nmax Terbaru
Modifikasi Nmax

Selesai sudah pembahasan mengenai 8 perbedaan Nmax ABS dan Non ABS yang mungkin bisa bermanfaat untuk kalian yang membaca nya. Dengan Adanya artikel ini bisa menjadi perbandingan untuk kalian disaat ingin memboyong motor berbodi bongsor ini kegarasi. Namun balik lagi keselera kita masing-masing, mau yang biasa ada di nmax Non ABS lalu mau lebih perfect dengan fitur canggih didalam nya ada pada Nmax ABS.

"Salam Satu Aspal"