Bagian Knalpot Nmax 2020 |
Dan yang unik pada perbedaan yang kedua terletak pada bagian leher knalpot yang memiliki bentuk mengembung, sedangkan pada nmax lawas tidak memiliki nya.
Disinyalir bentuk mengembung pada leher knalpot berisi Catalytic Converter yang menjadikan knalpot nmax 2020 dengan versi lawas memiliki tampilan sedikit berbeda.
Baca Juga : Yamaha Nmax Terbaru 2020 Spesifikasi Dan Pilihan Warna Motor
Lalu apa fungsi dari Catalytic Converter itu?
Catalytic Converter yang berfungsi untuk menyaring gas buang dari sisa pembakaran mesin agar motor menjadi ramah lingkungan.
Pada bagian dalam leher knalpot nmax 2020 yang mengembung itu, memiliki bentuk seperti sarang lebah yang terbuat dari logam campuran, dimana gas berbahaya dari hasil pembakaran akan tersaring melewati sarang lebah tersebut dan menghasilkan gas buang yang tidak berbahaya.
Catalytic Converter sangat berperan penting dalam hal menyaring gas buang, karena setiap sisa pembakaran mesin menghasilkan gas yang cukup berbahaya seperti CO (karbon monoksida, NO2 NO,dan Hidrokarbon yang dapat merusak lingkungan.
Maka dari itu pabrikan Yamaha memberikan teknologi tersebut pada nmax 2020 agar motor menjadi ramah lingkungan.
Perbedaan Knalpot PowerBomb Dan MegaBomb |
Dimana pada powerbomb memiliki fungsi untuk membuat tarikan mesin di putaran bawah jadi lebih bertenaga dan juga mengurangi suara bising pada knalpot.
Megabomb memiliki basic yang hampir sama seperti powerbomb, namun terdapat perbedaan diantaranya gas buang yang diambil lebih baik karena memiliki penyaluran gas buang yang lebih besar. Memberikan performa yang lebih jika dibandingkan dengan powerbomb.
Jadi teknologi yang digunakan pada knalpot nmax 2020 sebagai penyaring gas buang agar lebih ramah lingkungan dan tidak meningkatkan performa, namun pada powerbomb atau megabomb umumnya untuk meningkatkan performa mesin pada putaran bawah.
Dan untuk urusan gas buang pada all new yamaha nmax sudah memenuhi standar emisi EURO 3.
Baca Juga : Modifikasi Nmax Hitam, Putih dan Abu Abu Terbaru 2020