20 Motor Jadul Setiap Pabrikan Yang Pernah Eksis Dimasa Nya

Daftar Motor Jadul Setiap Pabrikan
Motor Jadul
Motor jadul merupakan motor keluaran tahun lama yang sebagian sudah tidak diproduksi lagi dan di jaman sekarang sudah digantikan dengan motor-motor bermesin injeksi yang tentu nya dengan memiliki teknologi mesin dan fitur yang mumpuni. Namun meskipun begitu masih ada beberapa motor jadul yang sekarang ini memiliki generasi terbaru yang dikendarai oleh para pecinta nya yang senang akan tampilan bodi yang memiliki desain klasik dan unik. Tapi untuk memiliki motor yang masih mengandalkan pengabutan karburator ini atau tahun produksi tahun 80 sampa 90-an tentunya sulit untuk mencari spare part orisinil apabila ada kerusakan yang dialami motor. Tapi tenang saja orang Indonesia itu pintar-pintar, masing bisa diakali dengan spare part lain yang bisa dipakai. Ya meskipun bukan spare part bawaan motor tapi bisa lah agar motor bisa berjalan dengan normal dan bisa dikendarai.

Daftar Isi :

Menggunakan motor jadul memang mempunyai aura tersendiri bagi siapa yang mengendarai, pasalnya motor dengan tampilan klasik terkadang menjadi pusat perhatian saat mengendari nya dijalan. Contoh nya saja seperti bapak Presiden Jokowi yang mengendarai motor Kawasaki W175 yang di kustom menjadi Chopper, dengan tampilan klasik membuat sang pengendara semakin keren abis. Tak kala banyak motor-motor sekarang dengan mesin injeksi di kustom menjadi klasik agar memberikan kesan motor jadul. Seperti yang ane bilang motor jadul itu memiliki kesan tersendiri bagi siapa yang mengendarai nya. Terkadang ane juga sering merhatiin setiap ketemu motor jadul, yang pertama kali ane lihat itu mesin nya biar ketawan motor pabrikan apa. Lalu lihat dari tampilan nya, apakah kustom atau asli bawaan pabrik.

Tapi sebenarnya dari lihat mesin nya saja sudah ketawan kalau itu kustom atau bukan. Di Indonesia sendiri sudah jarang motor jadul yang berseliweran dijalan, terlebih lagi motor tahun pembuatan 80-an sekalinya ada paling cuma dipakai saat weekend atau pun saat acara kumpul-kumpul motor klasik. Yang tentunya memiliki tampilan yang terawat atau pun sudah di modifikasi dengan aksesoris motor kekinian. Setiap pabrikan pasti mempunyai motor yang pernah eksis era nya, nah dengan adanya artikel ini ane akan menyuguhkan beberapa motor jadul setiap pabrikan yang pernah diproduksi dan siapa tau kalian berminat untuk memiliki nya sebagai koleksi motor di rumah.

Motor Jadul Pabrikan Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki

Tak hanya di Indonesia, di negara lain pun masih banyak jenis motor jadul yang bertebaran dengan kapasitas mesin yang beragam mulai dari cc kecil hingga sampai cc besar. Namun dibalik beragam nya motor yang ada, banyak pabrikan yang telah membuat nya hingga menjadi beberapa series yang telah dikembangkan, contohnya motor yang sudah sangat terkenal di jaman sekarang ini seperti CBR dari pabrikan Honda, YZF dari pabrikan Yamaha, GSX dari pabrikan Suzuki, lalu yang terakhir Ninja dari pabrikan Kawasaki yang kini sudah mengalami banyak perubahan bentuk dan memiliki banyak generasi pada motor tersebut. Namun ane tidak membahas ke empat motor tersebut, karena masih banyak motor jadul lain yang pernah eksis di era nya. Namun motor yang akan ane ulas diantara nya produksi dari negara lain dan juga beberapa ada di Indonesia dengan penamaan yang berbeda disetiap negara berikut tampilan pada beberapa motor yang ane ulas dalam artikel kali ini, simak selengkap nya sampai kebawah.

Motor Jadul Pabrikan Yamaha

Beberapa koleksi motor jadul dari pabrikan yang cukup eksis di tanah air yakni Yamaha Motor, dengan memiliki sejumlah motor mulai dari kapasitas mesin kecil dan kapasitas mesin besar yang tentu nya memiliki tampilan yang menarik di jaman sekarang ini. Dan untuk produksi motor tersebut ada yang dari tahun 80-an sampai tahun 90-an dan di antara nya ada yang memiliki jenis mesin motor 2 tak yang terbilang memiliki performa mesin sangat bagus. Dan untuk motor jadul yang dimiliki pabrikan ini berikut penampakan nya.

Yamaha RD350

Motor Jadul Yamaha RD350
Motor Yamaha RD350
Yamaha RD350 merupakan motor jadul buatan pabrikan Yamaha Motor yang diproduksi pada tahun 1973 sampai 1975 yang telah lahir dengan beberapa varian tipe. Motor ini begitu eksis di beberapa negara wilayah eropa, karena mempunyai jenis mesin 2 tak dengan silinder yang dimiliki mencapai 2 buah dan kapasitas mesin 347 cc membuat motor ini memiliki performa yang cukup mumpuni yakni 29 kW pada rpm 7.500. Dari segi tampilan motor ini memiliki desain futuristik ala motor sport dengan tanki bensin berada di atas mesin dengan bentuk bulat memanjang dan bisa menampung bensin mencapai 15,5 Liter. Tentunya untuk motor jadul Yamaha RD350 di Indonesia sendiri hanya beberapa yang memiliki nya.

Yamaha XS650

Motor Jadul Yamaha XS650
Motor Yamaha XS650
Motor jadul dari pabrikan Yamaha selanjutnya adalah Yamaha XS650 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969 sampai 1979 dengan versi standar yang telah melahirkan beberapa tipe model. Namun tak hanya itu saja, di tahun 1978 sampai dengan 1985 pabrikan pun membuat XS versi spesial dengan tampilan dan mesin yang tentu nya berbeda dengan versi standar. Pada versi standar motor Yamaha XS650 memiliki kapasitas mesin sebesar 654 cc dengan bentuk mesin berdiri tegak. Mesin yang tegak tersebut menggunakan jenis mesin 4-langkah SOHC (Single Over Head Camshaft) kembar paralel dan memiliki 2 katup di setiap silindernya. Tercatat power yang dihasilkan motor jadul ini mencapai 40 kW pada rpm 7.200 dan diklaim mampu mencapai top speed 169 km / jam.

Yamaha YB100

Motor Jadul Yamaha YB100
Motor Yamaha YB100
Yamaha YB100 merupakan motor jadul keluaran tahun 1973 - 1989 yang telah memiliki beberapa tipe model selama perjalanannya beberapa tahun silam dengan konsep gaya nakedbiked yang cukup populer di beberapa negara seperti Thailand, India, Pakistan dan Turki. Motor ini memiliki tampilan yang cukup bagus, dengan desain tanki bensin yang membulat dan terletak diluar seperti motor laki pada era sekarang ini. Ditambah dengan desain jok motor yang menyatu dengan kursi penumpang dengan bentuk jok yang datar dan mengkotak. Untuk mesin yang digunakan motor jadul adalah 2-langkah berpendingin udara dengan kapasitas mesin 100 cc dan tercatat daya maksimum yang dimiliki mencapai 8,18 bhp (6,10 kW) pada rpm 8.000 dan memiliki torsi maksimum mencapai 0,867 kgf (1,91 lb-ft) pada rpm 6.500.

Yamaha TZ750

Motor Jadul Yamaha TZ750
Motor Yamaha TZ750
Di era 80-an sampai 90-an masih banyak motor jadul yang menggunakan jenis mesin motor 2 tak yang cukup populer, seperti contoh nya pada Yamaha TZ750 yang memiliki konsep motor balap dengan performa mesin yang mumpuni dan motor ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1974 hingga 1979 dan telah memiliki beberapa seri dari motor tersebut. Awal nya motor ini memiliki kapasitas mesin 700 cc, namun setelah beberapa tahun silam motor ini mengalami upgrade performa nya menjadi 750 cc untuk mengalahkan pesaingnya dalam ajang balap motor. Kapasitas mesin yang dimiliki mencapai 747 cc 6 percepatan dengan jumlah silinder yang dimiliki 4 silinder segaris ditambah sudah menggunakan pendingin cairan yang kala itu masih jarang ditemui pada motor dengan pendingin tersebut. Tercatat daya maksimum yang dihasilkan motor jadul ini mencapai 105 - 140 HP pada rpm 10.500.

Yamaha YZ125

Motor Jadul Yamaha YZ125
Motor Yamaha YZ125
Motor jadul yang masih eksis hingga sekarang ini adalah Yamaha YZ125 yang diproduksi dari tahun 1974 hingga sekarang ini sudah banyak perubahan yang dialami selama perjalanan nya. Motor dengan desain konsep motor cross yang sangat populer di beberapa negara wilayah eropa, karena memiliki performa mesin yang cukup tangguh. Pada seri pertama motor Yamaha YZ125 menggunakan suspensi ganda pada bagian belakang, dan setelah mengalami pembaharuan akhirnya suspensi ganda tersebut dihilangkan dan digantikan single suspensi yang lebih menampilkan sport cross sejati. Untuk jenis mesin yang digunakan nya adalah 2-langkah dengan memiliki kapasitas mesin 124 cc silinder tunggal. Motor jadul ini memiliki performa mesin yang cukup mumpuni, karena dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 34 hp (25 kW) dengan torsi maksimum yang dimiliki sebesar 18,3 ft / lbs.

Motor Jadul Pabrikan Honda

Dari pabrikan Honda Motor yang juga memiliki beberapa koleksi motor jadul yang pernah eksis pada era nya. Namun diantara nya terdapat motor yang masih tetep eksis hingga sekarang ini setelah mengalami banyak perubahan dari masa ke masa, contohnya seperti Honda Super Cup yang sudah memiliki banyak seri pada motor tersebut dan seri yang terakhir adalah Honda Super Cub C125 yang memiliki desian kekinian. Tapi masih jenis motor jadul dari pabrikan Honda Motor yang akan ane bahas, berikut daftar motor nya.

Honda Super Cup

Motor Jadul Honda Super Cub
Motor Honda Super Cub
Honda Super Cup merupakan motor bebek buatan pabrikan Honda Motor yang masih eksis sampai sekarang ini, pasalnya motor yang diproduksi pada tahun 1958 sangat fenomenal karena memiliki penjualan terbesar pada era nya yang menjadikan Honda Super Cup sangat diminati. Banyak generasi yang telah lahir dari motor bebek ini, dan yang terkenal di Indonesia adalah Honda C70 yang tampilan nya tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Awalnya motor memiliki kapasitas mesin 50 cc, namun setelah generasi terbaru nya muncul kini mempunyai kapasitas mesin 125 cc. Jenis mesin yang digunakan motor ini adalah 4-langkah dengan silinder tunggal OHC (Overhead Camshaft). Untuk perpindahan gear yang dimiliki semi-otomatis 3 percepatan pada tipe 50 cc dan 4 percepatan dimiliki pada generasi selanjutnya.

Honda CG125

Motor Jadul Honda CG125
Motor Honda CG125
Honda CG125 merupakan motor besutan pabrikan Honda Motor yang telah diproduksi dari tahun 1976 hingga 2008 dan telah melahirkan beberapa model lain yang hingga kini masih terus diproduksi oleh Atlas Honda yang berada di Pakistan. Motor CG125 memiliki nuansa yang kental akan tampilan bodi motor yang mirip dengan Honda CB125 yang merupakan generasi pendahulu nya. Dan kini CG125 masih tetap eksis khusus nya di negara Pakistan. Jenis mesin yang digunakan 4 langkah OHV (Overhead Valve) dengan jumlah silinder tunggal yang memiliki kapasitas mesin 124 cc berpendingin udara.

Honda CT125

Motor Jadul Honda CT125
Motor Honda CT125
Honda CT merupakan motor yang memiliki banyak seri yang telah diperkenalkan oleh pabrikan Honda sejak tahun 1964. Banyak seri yang diperkenalkan pada motor ini seperti Trail Cub, CT50 Motra, CT70, CT125, CT185, CT200 dan yang terakhir CT250. Sedangkan untuk seri Honda CT125 pertama kali diproduksi sejak tahun 1975 sampai dengan 1985 yang dirancang untuk sepeda motor pertanian yang dikhususkan untuk jalanan tanah. Dan untuk spesifikasi mesin nya sendiri memiliki kapasitas 124 cc 4-langkah SOHC (Single Overhead Camshaft) dengan jumlah silinder tunggal dan berpendingin udara.

Baca Juga : 15 Motor Kopling Honda Di Indonesia Terbaru 2020

Honda XRV650

Motor Jadul XRV650 Africa Twin
Motor Honda XRV650 Africa Twin
Honda XRV650 merupakan motor petualang yang diproduksi Honda Motor sejak tahun 1988 sampai 1989, motor ini telah melahirkan 2 generasi terbaru seperti XRV750 yang diproduksi pada tahun 1990 sampai 2003 dan generasi terakhir yang sekarang ini masih eksis di tahun 2020 adalah CRF1000L atau yang lebih dikenal dengan Africa Twin yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Honda XRV650 sendiri menggunakan jenis mesin 4-langkah SOHC (Single Overhead Camshaft) V-twin Paralel yang memiliki 3 klep di setiap silindernya. Dengan mesin yang memiliki kapasitas 647 cc, motor ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 57 hp (42,5 kW) pada rpm 8.000 sedangkan untuk torsi maksimumnya mencapai 55 Nm (6,1 kgf-m) pada rpm 6.000.

Honda Z50R

Motor Jadul Honda Z50R
Motor Honda Z50R
Honda Z50R merupakan motor cross mini yang diproduksi Honda Motor dan termasuk dalam keluarga Z series yang telah diproduksi sejak tahun 1979. Banyak model yang telah dibuat sejak tahun pembuatan hingga tahun 1999 dan telah digantikan dengan XR50R di tahun 2000. Motor Cross mini ini kapasitas 49 cc dengan spesifikasi mesin 4-langkah OHC (Overhead Camshaft) memiliki silinder tunggal berpendingin udara. Untuk transmisi yang dimiliki mencapai 3 percepatan semi-otomatis. Tentu nya motor Honda Z50R mempunyai keunikan tersendiri, dimana terdapat pada bagian tanki bensin yang terletak di atas mesin motor layak motor cross pada umumnya dan penggunaan velg yang berukuran kecil.

Motor Jadul Pabrikan Suzuki

Dari pabrikan motor Suzuki juga terdapat koleksi motor jadul yang pernah berjaya pada masa nya. Diantara nya terdapat motor yang menggunakan mesin dengan kapasitas yang besar, namun ada juga menggunakan mesin dengan kapasitas kecil. Untuk model yang ditawarkan terdapat diantaranya dengan konsep sport dan juga naked. Dan masih ada beberapa motor yang masih eksis di tahun 2020 ini, seperti GSX150 Bandit yang telah diproduksi oleh pabrikan Suzuki di Indonesia dan menjadikan seri Bandit dengan kapasitas mesin dengan cc kecil. Supaya tidak semakin penasaran dengan motor jadul yang telah diproduksi pabrikan Suzuki, berikut ini adalah tampilannya:

Suzuki GSF400 Bandit

Motor Jadul Suzuki GSF400 Bandit
Motor Suzuki GSF400 Bandit
Suzuki GSF400 Bandit merupakan motor yang termasuk dalam Seri Bandit yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 yang memiliki banyak model yang ditawarkan seperti GSF250, GSF600, GSF650, GSF750, GSF1200, GSF1250 dan terakhir yang sekarang ini masih eksis dan merupakan model terkecil dari seri Bandit adalah GSX150 Bandit yang telah diproduksi di Indonesia pada tahun 2018 yang lalu. Namun untuk model motor GSF400 Bandit sendiri sudah memiliki banyak varian yang telah diproduksi sejak tahun 1989 sampai 1997. GSF400 sendiri memiliki kapasitas mesin 398 cc dengan jenis mesin yang digunakan 4-langkah DOHC (Double Overhead Camshaft) dibekali 4 silinder segaris dengan 16 klep didalamnya dan berpendingin cairan. Tentunya motor ini memiliki performa yang buas dengan daya maksimum mencapai 59 bhp (44 kW).

Suzuki GN125

Motor Jadul Suzuki GN125
Motor Suzuki GN125
Suzuki GN125 merupakan motor dengan konsep cruiser yang termasuk dalam seri motor Suzuki GN yang pertama diperkenalkan sejak tahun 1980. Dan untuk beberapa model seri diantaranya seperti GN50E, GN125, GN250 dan GN400E. Suzuki GN125 sendiri, sudah memiliki beberapa model yang sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982 sampai sekarang ini masih diproduksi di negara Columbia dan Mexico. Spesifikasi mesin yang ditawarkan dari motor yakni memiliki kapasitas mesin 124 cc dengan transmisi 5 percepatan. Dan dibekali dengan jenis mesin 4-langkah silinder tunggal berpendingin udara. Tentunya dengan mesin yang digunakannya mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 10.73 hp (8.0 KW) pada 9.600 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 6,12 ft / lbs (8,3 Nm) pada 8.600 rpm.

Suzuki GS125

Motor Jadul Suzuki GS125
Motor Suzuki GS125
Suzuki GS125 merupakan motor dengan konsep street bike yang telah diproduksi oleh pabrikan Suzuki Motor sejak tahun 1982 sampai 2017. GS125 juga termasuk dalam keluarga seri Suzuki GS yang notabene memiliki jenis mesin 4-langkah dengan model yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1976 yakni Suzuki GS750 yang memiliki silinder sebanyak 4 buah pada mesin nya. Sejak berjalannya tahun, Suzuki GS125 juga sudah memiliki beberapa model yang telah mengalami pembaharuan di setiap model terbaru nya, dan untuk spesifikasi mesin GS125 memiliki kapasitas 124 cc dengan silinder tunggal yang menghasilkan daya maksimum sebesar 11.8 ho (8.8 kW) pada 9.500 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 7.38 ft / lbs (10.0 Nm) pada 8.000 rpm.

Suzuki GSX1200 Inazuma

Motor Jadul Suzuki GSX1200 Inazuma
Motor Suzuki GSX1200 Inazuma
Suzuki GSX1200 Inazuma merupakan salah satu motor memiliki konsep naked yang telah diproduksi pabrikan Suzuki Motor sejak tahun 1998 sampai 2002, motor ini juga menjadi salah satu keluarga GSX series yang cukup fenomenal. Pasalnya motor ini meskipun sudah di lekang oleh waktu, namun nyata nya memiliki performa yang sangat buas. Mesin yang digunakan GSX1200 Inazuma memiliki jenis mesin 4-langkah dengan kapasitas 1157 cc DOHC (Double Overhead Camshaft) dan memiliki piston sebanyak 4 buah berpendingin cairan. Tercatat motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 100,04 hp (74,6 kW) pada 8.500 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 28 ft / lbs (98,0 Nm) pada 4.500 rpm.

Suzuki RG500

Motor Jadul Suzuki RG500
Motor Suzuki RG500
Suzuki RG500 merupakan motor balap yang sudah menyabet 7 juara dunia konstruktor berturut-turut pada tahun 1976 sampai 1982. Karena RG500 memiliki reputasi baik dalam kanca balap motor, akhirnya pabrikan Suzuki memproduksi masal pada tahun 1985 sampai 1987, namun karena semakin ketat nya regulasi pada tahun 80-an membuat RG500 hanya bertahan 2 tahun. Tapi selama 2 tahun tersebut pabrikan Suzuki membuat satu motor dengan kapasitas lebih rendah dari RG500 yakni RG400 yang hanya diproduksi untuk pasar Asia. RG500 sendiri memiliki kapasitas mesin 548 cc yang dibekali jenis mesin 2-tak dengan bentuk mesin square four, 4 silinder, SAEC (Suzuki Automatic Exhaust Control), berpendingin cairan. Dengan jenis mesin 2-tak yang dibawa nya dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 98 HP pada 9.500 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 72 N.m pada 9.00. rpm.

Motor Jadul Pabrikan Kawasaki

Pabrikan yang memproduksi motor jadul terakhir yakni dari Kawasaki Motor, yang juga mempunyai sejarah pada beberapa motor yang telah dibuat pada era dulu. Tapi tentunya pabrikan ini juga memiliki motor yang eksis pada kala itu, contoh di Indonesia terdapat motor Kawasaki yang begitu fenomenal yakni Kawasaki KZ200 atau yang lebih dikenal dengan Binter Merzy yang kini banyak dicari para kolektor motor karena memiliki desain yang futuristik dan juga memiliki umur yang terbilang cukup tua yakni 30 tahun. Namun untuk di negara lain ada beberapa motor jadul fenomenal yang pernah eksis pada era, berikut beberapa tampilan motor nya.

Kawasaki KE175

Motor Jadul Kawasaki KE175
Motor Kawasaki KE175
Kawasaki KE175 merupakan motor dengan jenis mesin 2 tak yang telah diproduksi pabrikan Kawasaki sejak tahun 1975 sampai 1983 dan telah melahirkan model lain setelah beberapa tahun terakhir. motor ini memiliki konsep dengan gaya motor trail yang notabene untuk jalanan bertanah. Untuk spesifikasi mesin motor ini memiliki kapasitas mesin 174 cc dengan mempunyai silinder tunggal, rotary disc valve. Tercatat motor ini memiliki daya maksimum sebesar 16 HP pada 7.000 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 1.8 kg-m (13.0 ft-lbs) pada 5.000 rpm.

Kawasaki MT-1

Motor Jadul Kawasaki MT-1
Motor Kawasaki MT-1
Kawasaki MT-1 merupakan motor jadul kawasaki yang mempunyai desain mini yang telah memiliki model sejak tahun 1971 sampai 1978. Beberapa model diantara nya seperti MT1A, MT1B, MT1C dan pada tahun 1976 sampai 1928 mengalami perubahan menjadi KV75-A5, KV75-A6 dan KV75-A7 yang diantara pernah eksis di jamannya. Meskipun memiliki desain yang mini, motor ini mempunyai kapasitas mesin 75 cc dengan jenis 2-langkah yang dengan penggunaan kopling manual yang daya maksimum yang dimiliki sebesar 4,2 HP pada 6.500 rpm.

Kawasaki ZX6R

Motor Jadul Kawasaki ZX6R
Motor Kawasaki ZX6R
Kawasaki ZX6R merupakan seri motor sport dari merek ternama dari Ninja Kawasaki yang telah melahirkan banyak sert motor yang dimulai dengan GPZ900R pada tahun 1984. Untuk ZX6R sendiri pertama kali di perkenalkan pada tahun 1995 yang masih eksis hingga sekarang dengan model terbaru nya. Namun untuk spesifikasi mesin generasi pertama nya memiliki kapasitas 599 cc dengan jenis mesin 4-langkah DOHC (Double Overhead Camshaft) dan dibekali 4 silinder segaris, 4 katup berpendingin cairan. Tentu nya mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 99.93 HP (73.5 kW) pada 12.500 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 68.88 Nm (7.02 kg-m) pada 12.000 rpm.

Kawasaki KH250

Motor Jadul Kawasaki KH250
Motor Kawasaki KH250
Kawasaki KH250 merupakan motor jadul dengan gaya naked yang telah diproduksi pabrikan Kawasaki sejak tahun 1975 hingga 1978. Dari tampilan motor ini terlihat sedikit unik khusus nya pada bagian knalpot motor yang memiliki 2 silencer pada bagian kanan dan 1 silencer pada bagian kiri, pasalnya motor ini memiliki jumlah silinder sebanyak 3 buah dengan 2 katup di setiap silinder, dan teruntuk jenis mesin yang gunakan adalah 2 tak berpendingin udara. Dan tentunya dengan mesin 2 tak dimiliki nya mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 25.48 HP (19.0 KW) pada 7.000 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 19.92 ft / lbs (27.0 Nm) pada 7.000 rpm.

Kawasaki GPz400

Motor Jadul Kawasaki GPZ400
Motor Kawasaki GPZ400
Kawasaki GPz400 merupakan motor naked yang telah diproduksi oleh pabrikan Kawasaki Heavy Industries sejak tahun 1983. Banyak model yang telah dibuat dari GPz400 seperti contoh GPz400F dan GPz400F-II. Dan motor ini menggunakan jenis mesin 4-langkah yang memiliki kapasitas 399 cc dengan 4 silinder segaris DOHC (Double Overhead Camshaft) berpendingin udara. Dan memiliki daya maksimum sebesar 51ps pada 10.500 rpm dengan torsi maksimum sebesar 3,5kg-m pada 8.500 rpm.

Dari sekian banyak motor jadul yang ada di berbagai negara, terkadang memiliki perbedaan nama yang telah diberikan setiap negara. Namun untuk motor yang diproduksi secara internasional penyebutan untuk nama motor akan sama. Tapi dengan adanya artikel tentang motor jadul setiap pabrikan ini bisa jadi bermanfaat, akan produk yang telah diproduksi sejak tahun 70-an sampai tahun 90-an. Tentunya ane tidak menyebutkan seluruh motor yang ada, hanya beberapa saja yang bisa ditampilkan. Sekian dan Terimakasih.
"SALAM SATU ASPAL"