30 Motor Roda 3 Paling Keren dan Terbaik 2020

Motor roda 3 mempunyai tampilan yang tak kalah keren dengan motor yang memiliki roda dua. Meskipun populasinya tidak terlalu banyak, tapi ada beberapa pabrikan yang telah membuat motor tersebut seperti contoh nya pabrikan Piaggio yang sudah lebih dulu dikenal akan motor legendaris nya yakni Piaggio MP3 yang kini telah memiliki beberapa koleksi motor dengan tampilan yang elegan. Lalu diikuti dengan pabrikan motor lainnya yang juga memiliki beberapa koleksi motor nya.

Di Indonesia sendiri motor roda 3 untuk harian belum terlalu banyak, karena memiliki harga yang terbilang cukup mahal layaknya motor moge pada umumnya yang dijual di pasar Indonesia dan juga mungkin karena peminatnya masih sepi jika dibandingkan dengan motor roda dua. Meskipun ada, itu pun juga hasil modifikasi seperti motor matic yang ada dipasaran lalu dibuat roda nya menjadi tiga. Dan biasanya digunakan pada orang yang menyandang disabilitas.

Daftar Isi :

Namun tak hanya memproduksi motor dengan kapasitas mesin kecil, tapi beberapa pabrikan juga membuat moge roda 3 seperti hal nya pabrikan Yamaha yang terkenal dengan motor Yamaha Niken nya. Tentunya memiliki ciri khas tersendiri untuk kalian yang ingin merasakan gaya berkendara berbeda dengan tampilan motor yang menarik dan juga memiliki kapasitas mesin besar dengan berbagai fitur unggulan yang tersemat pada motor. Dan pada artikel kali ini, ane akan membahas motor-motor tersebut. Untuk lebih lanjutnya geser sampai kebawah sob.

Motor Roda 3 Terkeren Dan Terbaik

Tentunya untuk motor roda 3 yang digunakan untuk harian cukup memiliki model yang bervariasi, namun beberapa diantaranya memiliki tampilan paling keren yang cocok untuk berkendara bersama keluarga ataupun untuk acara kumpul-kumpul bersama teman. Karena sekarang ini, motor pun sudah menjadi bagian dari gaya hidup kita, untuk menopang style berkendara

Baca Juga : Motor Termahal Di Dunia Terbaru 2020

Maka dari itu, tak jarang banyak sebagian orang untuk mengoleksi motor sesuai dengan gaya nya. Dan tidak ketinggalan mengoleksi motor roda 3 yang memiliki keunikan tersendiri, karena memiliki tiga roda yang digunakan dan juga kaya akan fitur unggulan seperti yang digunakan pada motor roda dua lainnya.

Tentunya sepeda motor dengan 3 roda harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, bahwa motor dengan jumlah roda 3 harus memiliki rem tangan atau rem parkir layaknya mobil pada umumnya, guna memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pengendara lainnya. Baik itu hasil modifikasi ataupun dari pabrikan resmi pembuat motor.

Dan mungkin untuk orang yang belum mengetahui nya, jenis SIM apa yang digunakan pada motor beroda tiga. Dan menurut dari beberapa artikel yang sudah ane baca bahwa untuk jenis SIM yang digunakan masih menggunakan SIM C motor, kecuali untuk motor yang menggunakan penutup atas, beda lagi SIM nya.

Jadi sedikit aman untuk kalian yang ingin memiliki motor roda 3 dan jika ingin melihat beberapa model motor nya, berikut ini daftar pilihan motor nya dengan tampilan terbaik yang diberikan oleh pabrikan motor :

1. Piaggio MP3 300 HPE

Motor Roda 3 Piaggio
Motor Roda 3 Piaggio MP3 300 HPE Warna Nero Met
Untuk yang pertama ini ada motor matic Piaggio MP3 300 HPE yang memiliki tampilan desain elegan dan juga memiliki kapasitas mesin 278cc. Tentunya motor ini dibekali dengan berbagai fitur unggulan yang tersemat pada motor seperti pada bagian lampu depan yang dilengkapi fitur LED Daytime Running dengan model Headlamp terbagi menjadi dua bagian atau disebut juga keen eyes. Lalu di atas lampu depan terdapat visor yang cukup lebar untuk memberikan perlindungan kepada sang pengendara dari terpaan angin.

Dilanjutkan dengan fitur unggulan lainnya terletak pada bagian suspensi dan roda, pada suspensi depan Piaggio MP3 300 HPE menggunakan jenis segi empat artikulasi - stroke aksial nominal: 95 mm dan sistem pemblokiran suspensi elektro-hidrolik, lalu pada bagian belakang menggunakan jenis shock absorber hidrolik ganda dengan pegas yang dapat disetel 4 tingkatan - stroke aksial nominal: 122 mm.

Dan pada bagian roda nya menggunakan velg jenis cast wheel (velg racing) berbahan aluminium alloy dengan 5 palang yang melingkari roda dengan ukuran 13 inci (depan) dan 14 inci (belakang). Tak luput dengan penggunaan dual disc brake (depan) berukuran 258 mm dan belakang disc brake tunggal berukuran 240 mm dan dilengkapi dengan fitur ABS 3 channel pada pengeremannya.

Dilanjutkan dengan kapasitas tangki bbm motor Piaggio MP3 300 HPE yang didesain mampu menampung bensin sebanyak 11 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep dengan roller tappet SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 278cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 75 mm x 63 mm
Daya Maksimum 19,3 kW / 7.750 rpm
Torsi Maksimum 26,0 Nm / 6.000 rpm
Tipe Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

2. Piaggio MP3 300 HPE Sport

Motor Piaggio MP3 300 Sport
Motor Piaggio MP3 300 Sport Warna Grigio Pastello Lucido
Dilanjutkan dengan seri sport, motor Piaggio MP3 300 HPE Sport memiliki tampilan yang berbeda dengan versi standarnya. Namun memiliki kapasitas mesin yang sama yakni 278cc dengan silinder tunggal. Untuk versi sport lebih memancarkan aura yang elegan, karena dibekali dengan suspensi spring berwarna merah pada bagian depan dan juga belakang. Lalu pada bagian disc brake depan menggunakan jenis dual disc wave (piringan bergelombang) yang memiliki keunggulan melepaskan panas lebih cepat.

Lalu untuk fitur unggulan yang menarik dapat terkoneksi dengan handphone melalui platform multimedia Piaggio Mia, yang dapat memberikan informasi kepada pengendara yakni peta, perjalanan, mengawasi keausan, tekanan ban dan kondisi umum motor hanya dengan satu ketukan tombol.

Tentunya masih banyak fitur unggulan yang tidak sempat disebut. Tapi untuk yang suka touring jauh, Piaggio MP3 300 HPE Sport telah dibekali dengan tangki bbm yang memiliki kapasitas sebanyak 11 liter bensin.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep dengan roller tappet SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 278cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 75 mm x 63 mm
Daya Maksimum 19,3 kW / 7.750 rpm
Torsi Maksimum 26,0 Nm / 6.500 rpm
Tipe Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

3. Piaggio MP3 350

Motor Piaggio MP3 350
Motor Piaggio MP3 350 Warna Verde
Selanjutnya dengan kapasitas mesin 330cc yakni motor Piaggio MP3 350 yang memiliki bodi lebih besar pada bagian belakang jika dibandingkan sang adik. Dengan mesin lebih besar dan juga tampilan desain baru membuat motor ini layak untuk dimiliki, karena memiliki berbagai fitur wajib yang tersemat pada Piaggio MP3 350 seperti fitur ABS 3 channel beserta didukung dengan fitur ASR (Anti Slip Regulation) atau disebut juga traksi kontrol yang menjaga antara roda belakang dengan roda depan saat kehilangan traksi saat menghadapi kondisi jalan licin.

Dilanjutkan dengan penggunaan dual disc wave (cakram bergelombang) pada bagian depan dengan ukuran 258 mm dan disc standar tunggal pada bagian belakang yang memiliki ukuran 240 mm.

Setelah itu pada bagian suspensi  Piaggio MP3 350 yang menggunakan shock jenis segi empat yang diartikulasikan dan untuk suspensi belakang menggunakan dual shock dengan preload yang dapat diatur 4 tingkatannya.

Dan untuk menunjang kenyamanan berkendara, Piaggio MP3 350 memiliki desain tangki bbm yang cukup besar, yakni dapat menampung bensin sebanyak 12 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 330cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 78 mm x 69 mm
Daya Maksimum 22,5 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 29 Nm / 6.250 rpm
Tipe Transmisi CVT, Otomatis dengan Server Torsi
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

4. Piaggio MP3 500 HPE Business ABS ASR

Motor Piaggio MP3 500 Business
Motor Piaggio MP3 500 Business ABS ASR Warna Grigio Dust
Berikutnya ada motor roda 3 dengan kapasitas mesin besar di seri MP3 yakni Piaggio MP3 500 HPE Business ABS ASR dengan memiliki tampilan desain yang mirip dengan adik nya MP3 350. Motor matic Piaggio ini memang cocok jalanan perkotaan dan juga untuk perjalanan jauh, karena menawarkan kenyamanan dan keamanan ekstra bagi sang pengendara motor. Terlebih lagi motor Piaggio MP3 500 Business ini memiliki fitur mumpuni yang juga digunakan pada motor matic moge seri lainnya, dan fitur tersebut yakni TOM TOM sebuah navigator atau peta digital yang terletak pada bagian dashboard motor Piaggio MP3 500 Business menjadi yang diterapkan pada motor matic dan memiliki kelebihan memberikan informasi lalu lintas di jalan, layar anti air dan menampilkan notifikasi telepon.

Hampir semua seri Piaggio MP3 memiliki kursi penumpang yang identik dengan sandaran duduk untuk memberikan kenyamanan, dan tentunya dengan adanya sandaran tersebut pada jok motor memberikan kepuasan bagi para penggemar motor matic roda 3.

Untuk bagian pengereman motor pun telah dilengkapi dengan fitur ABS 3 channel yang juga terhubung dengan fitur ASR atau bisa disebut juga dengan traksi kontrol.

Untuk mengontrol performa mesin yang dimiliki, pabrikan motor pun membenamkan teknologi Ride By Wire yang dapat mengoptimalkan distribusi dan aliran operasi mesin pada kecepatan rendah hanya dengan menekan tombol pada stang kemudi motor.

Dan juga demi menunjang kenyamanan pengendara saat melakukan perjalanan jauh, Piaggio MP3 500 Business memiliki desain tangki bbm yang cukup besar, yakni dapat menampung bensin sebanyak 12 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep dengan roller tappet SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 278cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 75 mm x 63 mm
Daya Maksimum 19,3 kW / 7.750 rpm
Torsi Maksimum 26,0 Nm / 6.000 rpm
Tipe Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

5. Piaggio MP3 500 Sport Advanced

Motor Piaggio MP3 500 Sport Advanced
Motor Piaggio MP3 500 Sport Advanced Warna Nero Opaco
Untuk yang ini adalah versi sport nya dari Piaggio MP3 500, yang memiliki penampilan tak jauh berbeda dengan seri Business. Namun yang berbeda terletak pada bagian suspensi depan dan belakang memiliki warna merah, serta pada bagian velg dilengkapi dengan list berwarna merah. Terdapat hal menarik yang terletak pada suspensi belakang, dengan dilengkapi shock absorber hidrolik ganda yang dapat disetel kekerasannya dengan 4 tingkatan. Lalu untuk suspensi depan dibekali dengan shock segi empat artikulasi - Stroke: 85mm. Sistem pemblokiran suspensi elektro-hidrolik.

Aura sport pun semakin terpancar dengan penggunaan dual disc wave (cakram bergelombang) pada roda depannya dengan ukuran disc 258 mm yang memiliki merek shock kayaba, namun untuk belakang menggunakan disc brake tunggal standar dengan ukuran 240 mm dan tak lupa dengan dilengkapi fitur ABS 3 Channel.

Dilanjutkan pada bagian depan motor Piaggio MP3 500 Sport Advanced yang memiliki headlamp dengan model keen eyes yang dilengkapi fitur LED dan tak lupa dengan lampu siang hari atau DRL yang juga memiliki fitur tersebut.

Untuk tangki bbm yang digunakan Piaggio MP3 Sport memiliki kapasitas yang cukup besar, karena dapat menampung bensin sebanyak 13,2 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep dengan Roller Tappet, SOHC Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 493cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 94 mm x 71 mm
Daya Maksimum 32,5 kW / 7.750 rpm
Torsi Maksimum 47,5 Nm / 5.500 rpm
Tipe Transmisi CVT terus melakukan transmisi variabel dengan server torsi (gigi mundur pada versi Sport Advanced)
Tipe Kopling Otomatis, Bath oil multi-disc
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

6. Piaggio MP3 500 HPE Sport ABS ASR

Motor Piaggio MP3 500 Sport
Motor Piaggio MP3 500 Sport Warna Binaco
Untuk Motor Moge roda 3 selanjutnya ada Piaggio MP3 500 Sport ABS ASR dengan kapasitas mesin 493cc yang juga memiliki tampilan mirip seperti MP3 500 Sport Advanced. Namun bedanya pada motor roda 3 terbaru ini memiliki fitur ASR (Anti Slip Regulation) untuk menjaga kecepatan roda depan dengan roda belakang agar tidak terjadi slip saat melewati jalan licin.

Untuk pengereman motor Piaggio MP3 500 sport telah dibekali dengan fitur ABS 3 channel yang membuat pengereman jadi lebih maksimal saat terjadi rem mendadak. Serta dilengkapi dengan dual disc wave (piringan bergelombang) pada bagian depan dengan ukuran 258mm dan untuk bagian belakang menggunakan single disc standar dengan ukuran 240mm.

Dilanjutkan pada bagian velg menggunakan jenis velg cast wheel (pelek racing) pada ketiga roda nya, tak lupa dipadukan dengan suspensi segi empat yang diartikulasi pada roda depan dan pada bagian belakang menggunakan shock ganda yang dilengkapi preload yang dapat disesuaikan.

Untuk mendukung saat melakukan perjalanan jauh, motor Piaggio MP3 500 Sport telah dibekali dengan tangki bbm yang cukup besar karena dapat menampung bensin sebanyak 12 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 493cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 94 mm x 71 mm
Daya Maksimum 32,5 kW / 7.750 rpm
Torsi Maksimum 47,5 Nm / 5.500 rpm
Tipe Transmisi CVT otomatis dengan server torsi
Tipe Kopling Kopling kering sentrifugal otomatis
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

7. Yamaha Niken

Motor Roda 3 Yamaha
Motor Roda 3 Yamaha Niken Warna Black
Motor transmisi manual dengan kapasitas mesin besar dan memiliki tampilan yang agresif yakni Yamaha Niken dengan segudang fitur unggulan yang tersemat pada motor. Sekilas pada bagian headlamp mirip seperti yamaha MT-09 dengan model Keen eyes, namun pada headlamp Yamaha Niken lebih besar dan juga lebar. Untuk penerangannya sudah menggunakan fitur LED pada sein, lampu depan dan juga belakang.

Lalu untuk roda depan dibekali dengan suspensi dual shock berukuran 43mm dan 41mm yang dapat diatur secara elektronik dan tak lupa menggunakan velg dengan ukuran 15 inci (depan) dan 17 inci (belakang). Untuk bagian ban depan memiliki ukuran 120/70 dan belakang 199/55.

Untuk suspensi belakang menggunakan jenis monoshock dengan preload yang dapat diatur.

Tak lupa ketinggalan dengan pengereman motor Yamaha Niken yang memiliki fitur ABS 3 channel yang dilengkapi dual disc brake hydrolic berukuran 298mm (depan) dan single disc brake hydrolic berukuran 282mm (belakang).

Dan bagi yang penasaran dengan tangki bbm yang dimiliki Yamaha Niken, yakni memiliki kapasitas yang dapat menampung bensin sebanyak 18,17 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 12 Klep DOHC, 3 Silinder, Pendingin Cairan
Isi Silinder 847cc
Rasio Kompresi 11,5 : 1
Bore x Stroke 78,0 mm x 59,1 mm
Tenaga Maksimum 115 PS / 10.000 rpm
Torsi Maksimum 87,5 Nm / 8.500 rpm
Tipe Transmisi Manual, 6 kecepatan
Tipe Kopling Basah, Multiplate Assist dan Slipper
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi dengan YCC-Tc

8. Yamaha Tricity 300

Motor Yamaha Tricity 300
Motor Yamaha Tricity 300
Motor roda 3 pabrikan Yamaha ini baru dipasarkan di tahun 2020 dengan menawarkan tampilan desain yang keren tentunya dan juga dibekali dengan kapasitas mesin 292 cc silinder tunggal SOHC berpendingin cairan. Dan mesin yang digunakan Yamaha Tricity 300 menggunakan teknologi Blue Core yang kuat dan ekonomis milik Yamaha Motor serta dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 20,6 kW / 7.250 rpm dan memiliki torsi maksimum 29,0 Nm / 5.750 rpm.

Tak lupa ketinggalan dengan fitur yang dimiliki Yamaha Tricity 300 yakni fitur TCS (Traction Control System) yang memberikan keamanan saat berkendara.

Lalu pada bagian pengeremannya dibekali dengan fitur ABS yang juga memberikan keamanan saat terjadi pengereman mendadak. Lalu dilengkapi dengan dual disc brake berukuran 267 mm (depan) dan single disc brake 267 mm (belakang).

Dilanjutkan pada bagian velg motor Yamaha Tricity 300 menggunakan jenis Cast Wheel (pelek racing) berukuran 14 inci pada bagian depan dan belakang. Lalu untuk ban yang digunakan memiliki ukuran  120/70 M/C 55P (depan) dan 140/70 M/C 62P (belakang).

Untuk menunjang kenyamanan ketika hendak berkendara, pabrikan motor pun membekali Yamaha Tricity 300 dengan bagasi cukup luas yang dapat menampung 2 helm full face didalamnya. Dan juga memiliki kapasitas tangki bbm yang dapat menampung bensin sebanyak 13 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 292cc
Rasio Kompresi 10,9 : 1
Bore x Stroke 70,0 mm x 75,9 mm
Daya Maksimum 20,6 kW / 7.250 rpm
Torsi Maksimum 29,0 Nm / 5.750 rpm
Tipe Transmisi Otomatis, V-belt
Tipe Kopling Otomatis,Kopling Sentrifugal
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

9. Yamaha Tricity 155

Motor Yamaha Tricity 155
Motor Yamaha Tricity 155
Selanjutnya dengan varian Motor Tricity dengan kapasitas mesin lebih kecil yakni Yamaha Tricity 155 dengan tampilan tak kalah menarik dengan sang kakak, yang mana pada mesin motor Tricity 155 dibekali dengan jenis mesin 4 langkah SOHC silinder tunggal berpendingin cairan dengan tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 11,1 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 14,4 Nm / 6.000 rpm.

Tentunya fitur yang dibawa Yamaha Tricity 155 cukup mumpuni seperti fitur LED pada bagian lampu depan untuk memberikan penerangan yang maksimal.

Tak lupa dengan memberikan kenyamanan bagi pengendara, pada bagian kotak penyimpanan depan telah dibekali dengan outlet 12V untuk pengisian daya baterai smartphone ketika sedang berkendara.

Pada bagian pengereman depan dibekali dengan dual disc brake berukuran 220mm dan belakang single disc brake berukuran 230mm.

Untuk jenis velg Yamaha Tricity 155 yang digunakan yakni Cast Wheel (pelek racing) berukuran 14 inci depan dan 13 inci belakang dengan jumlah 6 palang yang melingkari velg. Disisi lain ban yang digunakan memiliki ukuran 90/80 M/C 43P (depan) dan 130/70 MC 63P (belakang).

Lalu pada bagian bagasi motor Yamaha Tricity 155 memiliki kapasitas bagasi yang dapat menampung satu helm full face serta peralatan berkendara seperti jas hujan ataupun tools motor. Tak lupa dengan tangki bbm motor yang dapat yang dapat menampung bensin sebanyak 7,3 liter.

Spesifikasi 

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 155cc
Rasio Kompresi 10,5 : 1
Bore x Stroke 58,0 mm x 58,7 mm
Daya Maksimum 11,1 kW / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 14,4 Nm / 6.000 rpm
Tipe Transmisi Otomatis, V-Belt
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

10. Yamaha Tricity 125

Motor Yamaha Tricity 125
Motor Yamaha Tricity 125
Pabrikan Yamaha pun memiliki motor roda tiga dengan kapasitas mesin yang lebih kecil yakni Yamaha Tricity 125 yang hanya dijual di pasar Eropa dan tampilannya sama  dengan Tricity 155. Untuk spesifikasi mesin tidaklah sama, karena Tricity 125 memiliki kapasitas 125cc dengan jenis mesin yang digunakan 4 langkah SOHC silinder tunggal berpendingin cairan. Tentunya dengan mesin motor yang digunakan dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 9,0 kW / 7.500 rpm dan torsi maksimum 11,7 Nm / 7.250 rpm.

Dan fitur unggulan yang melekat pada motor Yamaha Tricity 125 seperti penggunaan lampu depan yang dibekali dengan fitur LED yang membuat penerangan jadi lebih maksimal.

Dan tak lupa dengan sistem pengereman motor yang menggunakan fitur UBS (Unified Brake System) yang memberikan pengereman lebih optimal, karena menggabungkan rem depan dan belakang. Serta dilengkapi dengan dual disc brake berukuran 220mm (depan) dan single disc brake 230mm (belakang).

Untuk menunjang kenyamanan bagi pengendara, Yamaha Tricity 125 telah dibekali dengan kapasitas bagasi yang cukup luas yakni dapat menampung satu helm full face dan juga tools motor. Disisi lain, tangki bbm pun dapat menampung bensin dengan kapasitas sebanyak 7,2 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 125cc
Rasio Kompresi 11,2 : 1
Bore x Stroke 52,0 mm x 58,7 mm
Daya Maksimum 11,0 kW / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 11,7 Nm / 7.250 rpm
Tipe Transmisi Otomatis, V-belt
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

11. Honda NeoWing

Motor roda 3 Honda
Motor Roda 3 Honda
Sudah lama motor roda 3 Honda Neowing diperkenalkan sejak tahun 2016 yang lalu, namun motor ini belum juga dipasarkan karena pabrikan Honda Motor baru mendapatkan hak paten nya pada bulan maret 2019 yang lalu.

Pasalnya jika motor Honda Neowing berhasil dipasarkan, akan bersaing dengan rivalnya yakni Yamaha Niken yang juga memiliki konsep motor roda 3.

Baca Juga : Motor Sport Honda Terbaru Lengkap 2020

Tampilan desain yang ditawarkan Honda Neowing memang terlihat sangat agresif, terlebih lagi pada bagian depan motor yang memiliki aura bringas layaknya motor masa depan.

Untuk bagian mesin motor Honda Neowing akan dibekali mesin seperti Honda Goldwing, dengan letak piston yang dibuat secara melintang dengan 4 piston didalamnya.

 12. Honda X-ADV 3W

Motor Honda X-ADV 3W
Motor Honda X-ADV 3W
Untuk yang menyukai motor matic besar, pabrikan Honda Motor pun memiliki Honda X-ADV 3W yang diperkenalkan pada tahun 2019 yang lalu. Namun masih dalam tahap pengembangan dan belum dipasarkan.

Jika dilihat dari tampilan nya, motor roda tiga ini mengambil basic desain dari motor Honda X-ADV yang memiliki kapasitas mesin 745cc dengan sistem transmisi menggunakan teknologi DCT.

Baca Juga : Motor Kopling Honda Di Indonesia Terbaru 2020

Dan kemungkinan besar Honda X-ADV 3W juga akan menggunakan mesin yang sama seperti yang digunakan pada motor X-ADV 750 yang menggunakan jenis mesin 4-langkah SOHC, 2 silinder paralel dengan 8 klep didalamnya, serta dilengkapi dengan pendingin cairan.

Tentunya dengan mesin jenis mesin yang digunakan motor X-ADV 750 dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 40,3 kW / 6.250 rpm dan torsi maksimum mencapai 68 Nm / 4.750 rpm.

13. Harley-Davidson CVO Tri Glide

Motor Roda 3 Harley-Davidson
Motor Roda 3 Harley-Davidson
Seri terbaru CVO (Custom Vehicle Operation) di tahun 2020 dengan menghadirkan motor roda tiga yakni CVO Tri Glide yang memiliki tampilan eksklusif dengan tipe lainnya. Pasalnya motor ini hanya dibuat terbatas oleh pabrikan motor Harley-Davidson dan juga mendapatkan julukan sebagai motor kustomisasi terbaik yang memiliki tampilan premium dengan dibalur cat khusus yang menempel pada bodi motor.

Bagi yang ingin memboyong motor CVO Tri Glide 2020 ini, Ada dua warna yang dapat dipilih yakni Black stardust dan Blizzard white pearl. Tentunya kedua pilihan warna tersebut memiliki tampilan elegan serta memberikan kesan premium bagi penggunanya.

Lalu tak lupa kenyamanan saat berkendara dengan diberikannya jok motor berpemanas dan terdapat sandaran pada bagian kursi pengendara dan juga pembonceng serta memiliki desain jok yang premium.

Beralih ke bagian roda CVO Tri Glide 2020 dengan dibekali jenis velg Cast Wheel (Pelek Racing) berukuran 19 inci (depan) dan 18 inci (belakang) dengan warna glossy black dan memiliki clear kontras Tomahawk.

Dilanjutkan pada bagian ban motor yang memiliki ukuran 130 / 60B19 M/C 61H pada bagian depan dan P215 / 45R18 83T untuk belakang.

Pada sistem pengereman motor CVO Tri Glide 2020 telah dibekali fitur ABS serta traksi kontrol untuk memberikan keamanan ketika berkendara, tak lupa dilengkapi dual disc brake berukuran 32mm 4 piston pada roda depannya dan 36mm dengan floating park brake untuk roda belakang.

CVO Tri Glide 2020 juga dilengkapi dengan bagasi yang cukup besar dan memiliki 2 bagasi motor, pada bagasi utama memiliki kapasitas sebesar 4,4 liter dan pada bagasi tambahan atau Tour-pack memiliki kapasitas 2,4 liter. Tak hanya memiliki bagasi yang besar, namun pada tangki bbm motor pun memiliki kapasitas bensin yang dapat menampung 22,7 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin V-Twin Cooled, Milwaukee-Eight 117
Isi Silinder 1.923cc
Rasio Kompresi 10,2 : 1
Bore x Stroke 104 mm x 114 mm
Daya Maksimum -
Torsi Maksimum 168 Nm / 3.500 rpm
Tipe Transmisi Manual
Tipe Kopling -
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi Bahan Bakar Port Sequential Elektronik (ESPFI)

14. Harley-Davidson Tri Glide Ultra

Motor Harley-Davidson Tri Glide Ultra
Motor Harley-Davidson Tri Glide Ultra
Jika dilihat dari samping, tampilan motor Tri Glide Ultra 2020 memiliki kemiripan seperti seri CVO Tri Glide. Pasalnya kedua motor tersebut menggunakan jenis mesin yang sama yakni V-Twin Milwaukee Eight, namun dengan konfigurasi mesin yang berbeda.

Tak lupa dengan pilihan warna motor Tri Glide Ultra 2020 yang memiliki 5 pilihan yakni vivid black, spruce, midnight blue, river rock grey dan tahitian teal. Yang tentunya semua pilihan warna tersebut memiliki tampilan yang elegan dan terkesan mewah.

Pada bagian penerangan lampu depan motor Tri Glide Ultra 2020 telah dibekali fitur LED dengan model lampu DayMaker bulat serta dilengkapi dengan dua Fog lamps untuk mendukung saat berkendara di malam hari dengan minimnya penerangan.

Serta dilengkapi dengan Reflex Defensive Rider System (RDRS) yang merupakan sekumpulan teknologi canggih yang telah disematkan pada motor.

Lalu pada pengeraman motor Tri Glide Ultra 2020 dibekali fitur ABS yang beroperasi secara independen pada rem depan dan belakang, serta dilengkapi dengan traksi kontrol untuk menjaga ban agar tidak selip. Tak lupa dengan penggunaan dual disc brake berukuran 32mm dengan tipe kaliper 4 piston pada roda depan dan floating park brake 36mm dengan tipe kaliper piston yang terintegrasi

Dilanjutkan pada velg motor yang menggunakan jenis velg cast wheel (pelek racing) berbahan Aluminium dengan memiliki warna hitam pada ketiga roda nya. Tak lupa dengan spesifikasi ban yang digunakan yakni MT90B16 72H (depan) dan P205 / 65R15 92T (belakang).

Tak ketinggalan dengan bagasi motor Tri Glide Ultra 2020 yang dibekali bagasi yang cukup besar yakni memiliki kapasitas bagasi utama sebesar 4,4 liter dan pada Tour Pack atau bagasi tambahan sebesar 2,4 liter. Dilanjutkan dengan tangki bbm motor yang memiliki kapasitas bensin sebanyak 22,7 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin V-Twin-Cooled, Milwaukee-Eight 114
Isi Silinder 1.868cc
Rasio Kompresi 10,5 : 1
Bore x Stroke 102 mm x 114 mm
Daya Maksimum -
Torsi Maksimum 162 Nm / 3.250 rpm
Tipe Transmisi Manual
Tipe Kopling -
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi Bahan Bakar Port Sequential Elektronik (ESPFI)

15. Harley-Davidson Freewheeler

Motor Harley-Davidson Freewheeler
Motor Harley-Davidson Freewheeler
Diurutan saat ini, ada motor roda tiga Harley-Davidson dengan gaya khusus lebih terbuka yakni Freewheeler model 2020 yang memiliki spesifikasi mesin sama seperti digunakan pada Tri Glide Ultra dengan kapasitas mesin 1.868cc.

Untuk pilihan warna motor Freewheeler cukup beragam, karena memiliki 4 pilihan yang berbeda yakni Vivid black, Barracuda silver denim, Performance orange dan Stiletto red yang memiliki tampilan warna premium.

Tentunya motor Freewheeler 2020 ini juga dibekali Reflex Defensive Rider Systems (RDRS) yang merupakan paket standar yang telah diberikan oleh pabrikan motor Harley-Davidson dalam memberikan kumpulan teknologi mumpuni yang tersemat pada motor, serta Reflex Linked Brembo yang memiliki pengereman standar ABS.

Hal menarik terlihat pada bagian knalpot motor yang menggunakan 2 buah pipa slash down berlapis chrome yang memberikan kesan mewah.

Dilanjutkan ke bagian kaki-kaki motor dibekali dengan suspensi depan yang memiliki diameter 49mm dan dilapisi dengan chrome. Lalu pada velg motor menggunakan model velg enforcer cast berbahan aluminium pada ketiga roda nya, serta dilengkapi dengan ban yang memiliki spesifikasi MT 130 / 60B19 M/C 61H untuk roda depan dan P205 / 65R15 untuk roda belakang.

Tak ketinggalan dengan sistem pengereman motor Freewheeler 2020 yang dibekali dual disc brake berukuran 32mm dengan tipe kaliper 4 piston (depan) dan floating park brake yang memiliki ukuran 36mm dengan tipe kaliper piston terintegrasi (belakang).

Berikutnya bagian bagasi motor dengan memiliki kapasitas yang dapat menampung dua helm full face didalamnya. Serta tak ketinggalan dengan kapasitas tangki bbm motor Freewheeler yang dapat menampung bensin sebanyak 22,7 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin Milwaukee-Eight 114
Isi Silinder 1.868cc
Rasio Kompresi 10,5 : 1
Bore x Stroke 102 mm x 114 mm
Daya Maksimum -
Torsi Maksimum 162 Nm / 3.250 rpm
Tipe Transmisi Manual
Tipe Kopling -
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi Bahan Bakar Port Sequential Elektronik (ESPFI)

16. Peugeot Metropolis Ultimate Business

Motor Roda 3 Peugeot
Motor Roda 3 Peugeot
Diurutan ini ada anak perusahaan asal Perancis yang terkenal dengan produksi mobil mewahnya yakni Peugeot, namun tak hanya memproduksi mobil saja. Beberapa diantaranya juga memproduksi sebuah motor matic roda tiga seperti contohnya saat ini adalah Peugeot Metropolis Ultimate Business yang memiliki kapasitas mesin 399cc.

Tak hanya menawarkan kapasitas mesin yang besar, namun juga memiliki warna motor yang sangat elegan yakni warna putih mutiara dengan dikombinasikan warna hitam.

Pada bagian jok motor pun menawarkan kenyamanan dengan diberikan nya sandaran kecil pada kursi pengendara dan juga sandaran pembonceng yang dapat disesuaikan dengan keinginan, serta dipadukan dengan kulit jok berwarna coklat dengan benang jahitan terlihat jelas membuat tampilannya terkesan mewah.

Untuk penerangan depan motor pun belum menggunakan fitur LED, namun telah dilengkapi dengan lampu DRL (Daytime Running Light) 5 LED yang cukup kuat dan terletak pada bagian gandar depan motor atau diantara kedua roda depan.

Tak ketinggalan pada pengereman motor yang dibekali dengan fitur ABS serta traksi kontrol atau disebut dengan TCS yang dapat memberikan keamanan saat berkendara apabila terjadi ban selip karena putaran ban yang tidak sama. Lalu dilengkapi dengan dual disc brake berukuran 230mm pada roda depan dan single disc brake berukuran 240mm roda belakang.

Lalu kebagian velg motor Peugeot Metropolis Ultimate Business yang menggunakan jenis velg Cast Wheel (pelek racing) berbahan aluminium dengan 6 palang yang melingkari roda serta memiliki ukuran velg 13 inci (depan) dan 14 inci (belakang). Disisi lain, pada penggunaan ban motor yang memiliki ukuran 110 / 70-13 (depan) dan 140 / 70-14 (belakang) dengan model ban yang digunakan yakni Michelin City Grip.

Dilanjutkan kebagian bagasi motor Peugeot Metropolis Ultimate Business yang memiliki kapasitas bagasi utama 30 liter dan bagasi belakang 17 liter, serta memiliki tangki bbm yang dapat menampung bensin sebanyak 13,5 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 399cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 84 mm x 72 mm
Daya Maksimum 26,2 kW / 7.250 rpm
Torsi Maksimum 38,1 Nm / 5.750 rpm
Tipe Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

17. Peugeot Metropolis Ultimate Sport

Motor Peugeot Metropolis Ultimate Sport
Motor Peugeot Metropolis Ultimate Sport
Berikutnya diurutan sekarang ada motor Peugeot dengan tampilan sport yakni Peugeot Metropolis Ultimate Sport dengan tampilan warna yang lebih eksklusif dari Peugeot Metropolis lainnya. Motor inipun dibekali dengan mesin berkapasitas 399 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 26,2 kW dan torsi maksimum 38,1 Nm.

Untuk pilihan warna motor yang dihadirkan hanya tersedia satu warna yakni Putih dengan kombinasi warna hitam pada bagian bodi belakang dan sedikit list berwarna biru-abu abu.

Demi menunjang keamanan, motor Peugeot Metropolis Ultimate Sport juga dibekali dengan fitur Smart Key System yang memudah pengendara dalam menghidupkan mesin motor dengan jarak 1,5 meter serta pada bagian kenop pun sudah dikombinasikan dengan pembuka bagasi motor

Tak lupa dengan fitur sensor pemantauan tekanan angin ban motor yang memberikan kenyamanan dan kestabilan pada ban motor yang dapat dilihat pada bagian layar LCD speedometer motor.

Disisi lain, pada sistem pengereman motor Peugeot Metropolis Ultimate Sport telah dibekali dengan fitur ABS dan dipadukan dengan traksi kontrol demi menunjang keamanan saat terjadi ban selip. Dan juga didukung dengan dual disc brake berukuran 230mm (depan) dan single disc brake dengan ukuran 240mm (belakang).

Untuk jenis velg yang digunakan Peugeot Metropolis Ultimate Sport memakai velg Cast Wheel (pelek racing) berukuran 13 inci (depan) dan 14 inci (belakang) dengan velg berbahan Aluminium.

Tak lupa dengan penggunaan ban yang memiliki ukuran 110 / 70-13 untuk roda depan dan 140 / 70-14 roda belakang dengan tipe ban yang digunakan yakni Michelin City Grip

Dilanjutkan dengan bagian bagasi motor Peugeot Metropolis Ultimate Sport yang memiliki 2 bagasi, dengan kapasitas bagasi Under Saddle Box memiliki ukuran 17 liter dan Tailgate Trunk 30 liter. Serta pada bagian tangki bbm motor memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni dapat menampung bensin sebanyak 13,5 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 399cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 84 mm x 72 mm
Daya Maksimum 26,2 kW / 7.250 rpm
Torsi Maksimum 38,1 Nm / 5.750 rpm
Tipe Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

18. Peugeot Metropolis Access

Motor Peugeot Metropolis Access
Motor Peugeot Metropolis Access
Untuk tipe lain dari motor Peugeot Metropolis terdapat tipe Access yang juga memiliki tampilan yang elegan dan memiliki kapasitas mesin sebesar 399 cc dengan tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 26,2 kW dan torsi maksimum 38,1 Nm.

Pada pilihan warna Peugeot Metropolis Access yang tersedia yakni Snow White (putih-hitam) dan Titanium (abu-abu) yang tentunya mempunyai tampilan yang sporty abis.

Tak lupa dengan fitur yang ditawarkan motor Peugeot Metropolis Access yang dibekali dengan sistem anti-miring untuk memberikan pengendara kenyamanan saat motor berhenti di lampu merah tanpa harus menurunkan kaki.

Pada lampu sein motor terintegrasi dengan fitur lampu hazard yang memiliki tombol terletak pada bagian tengah stang motor yang berguna ketika ingin memarkir motor atau saat kondisi darurat.

Dilanjutkan ke tiga roda motor yang digunakan dengan dibekali sistem pengereman ABS dan dilengkapi dual disc brake berukuran 200mm (depan) dan 240mm (belakang).

Diteruskan dengan penggunaan velg motor Peugeot Metropolis Access yang menggunakan jenis velg Cast Wheel (pelek racing) berbahan Aluminium dengan memiliki ukuran velg 12 inci untuk roda depan dan 14 inci belakang. Dan tak lupa dengan penggunaan ban yang memiliki ukuran 120 / 70-12 (depan) dan 140 / 70-14 (belakang) dengan tipe ban Michelin City Grip

Dilanjutkan dengan kapasitas bagasi motor Peugeot Metropolis Access yang memiliki 2 bagasi, dengan ukuran bagasi under saddle box 17 liter dan tailgate trunk 30 liter. Diikuti dengan kapasitas tangki bbm motor yang dapat menampung bensin sebanyak 13,5 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 399cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 84 mm x 72 mm
Daya Maksimum 26,2 kW / 7.250 rpm
Torsi Maksimum 38,1 Nm / 5.750 rpm
Tipe Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

19. Peugeot Metropolis Allure

Motor Peugeot Metropolis Allure
Motor Peugeot Metropolis Allure
Di urutan 19 ada motor Peugeot Metropolis Allure yang memiliki tampilan cukup keren dan juga memiliki kapasitas mesin 399 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 26,2 kW dan torsi maksimum 38,1 Nm.

Untuk pilihan warna motor Peugeot Metropolis Allure telah dibekali dengan 2 warna yang berbeda yakni Red Ultimate dengan kombinasi warna merah, hitam dan putih. Untuk pilihan kedua ada Shining Titanium dengan kombinasi warna abu-abu, hitam dan putih.

Tak lupa dengan beberapa fitur unggulan yang tersemat pada motor seperti bagian visor motor yang dapat disesuaikan ketinggiannya dari 1,65 cm hingga rentang tertinggi 1,90 cm.

Dilanjutkan dengan sistem pengereman motor yang menggunakan fitur ABS serta dilengkapi dengan fitur traksi kontrol atau TCS untuk menjaga putaran ban tetap sama saat terjadi ban selip. Dan didukung dengan penggunaan dual disc brake berukuran 230mm (depan) dan single disc brake 240mm (belakang).

Lalu pada bagian velg motor Peugeot Metropolis Allure dengan dibekali jenis velg Cast Wheel (pelek racing) berbahan aluminium dengan ukuran 13 inci untuk roda depan dan 14 inci roda belakang.


Disisi lain, demi menunjang kenyamanan saat membawa barang bawaan. Motor Peugeot Metropolis Allure juga dibekali dengan 2 bagasi motor yang cukup luas, yakni bagasi Under Saddle Box memiliki kapasitas 17 liter dan Tailgate Trunk dengan kapasitas 30 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 399cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 84 mm x 72 mm
Daya Maksimum 26,2 kW / 7.250 rpm
Torsi Maksimum 38,1 Nm / 5.750 rpm
Tipe Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

20. Peugeot Metropolis Black Edition

Motor Peugeot Metropolis Black Edition
Motor Peugeot Metropolis Black Edition
Motor edisi khusus dengan warna bodi motor Hitam Doff yakni Peugeot Metropolis Black Edition yang tampilannya dikemas dengan sangar. Tak lupa dengan penggunaan mesin berkapasitas 399cc untuk menerabas setiap jalanan ibukota dengan nyaman, namun tetap memiliki performa mesin yang tangguh. Karena dengan jenis mesin yang digunakan dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 26,2 kW dan torsi maksimum 38,1 Nm.

Tentunya warna yang ditawarkan hanya tersedia satu pilihan warna yakni matt black atau hitam doff.

Untuk soal fitur yang ditawarkan masih tetap sama dengan Peugeot Metropolis lainnya yang memiliki beragam teknologi yang tersemat pada motor seperti sistem pengereman yang menggunakan fitur ABS, traksi kontrol, lampu DRL LED, visor yang dapat disesuaikan dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan dengan bagasi motor Peugeot Metropolis Black Edition yang juga dibekali dengan 2 bagasi yakni Under Saddle Box yang memiliki kapasitas 17 liter dan Tailgate Trunk 30 liter. Untuk kapasitas tangki bbm motor pun memiliki ukuran yang cukup besar, yakni dapat menampung bensin sebanyak 13,5 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 399cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 84 mm x 72 mm
Daya Maksimum 26,2 kW / 7.250 rpm
Torsi Maksimum 38,1 Nm / 5.750 rpm
Tipe Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Otomatis, Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

21. Cam-Am Spyder RT

Motor Roda 3 Cam-Am
Motor Roda 3 Cam-Am Spyder RT Limited
Di urutan ke 21 ada motor dengan tampilan yang sangat keren abis yakni Cam-Am Spyder RT 2020 sebuah motor roda tiga yang dibekali dengan jenis mesin Rotax dengan kapasitas mesin 1.330cc dan mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 85,8 kW dan torsi maksimum 130,1 Nm.

Terdapat 2 tipe yang bisa dipilih pada motor Cam-Am Spyder RT yakni tipe standar dan tipe edisi khusus, yang tentunya memiliki perbedaan harga dan juga fitur unggulan yang tersemat pada motor.

Untuk warna tipe standar terdapat dua pilihan warna yakni petrol dan chalk, sedangkan pada tipe edisi khusus terbagi menjadi dua versi yakni Dark Edition dengan warna yang dimiliki Asphalt Grey Metallic, Chalk Metallic, Petrol Metallic, dan Deep Marsala Metallic.

Lalu versi Chrome Edition yakni Deep Marsala Metallic, Asphalt Grey Metallic, Petrol Metallic dan Chalk Metallic.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin ROTAX 1330 ACE, 3 Silinder, Pendingin Cairan
si Silinder 1.330cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 84 mm x 80 mm
Daya Maksimum 85,8 kW / 7.250 rpm
Torsi Maksimum 130,1 Nm / 5.000 rpm
Tipe Transmisi SE6
Tipe Kopling Semi-Otomatis dengan fungsi terbalik
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi dan kontrol throttle elektronik

22. Cam-Am Spyder F3

Motor Cam-Am Spyder F3
Motor Cam-Am Spyder F3 Limited
Selanjutnya ada motor paling keren lagi dari Cam-Am yakni Spyder F3 2020 dengan tampilan motor yang sangat agresif dan juga memiliki jenis mesin Rotax dengan kapasitas mesin 1.330cc  yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 85,8 kW dan torsi maksimum 130,1 Nm.

Terdapat 5 tipe motor Cam-Am Spyder F3 2020 yang ditawarkan oleh pabrikan motor BRP (Bombardier Recreational Products) yakni :

1. Tipe Spyder F3 Standar dengan satu pilihan warna Steel  Black Metallic.

2. Tipe Spyder F3-S dengan satu pilihan warna Monolith Black Satin.

3. Tipe Spyder F3-S Special Series dengan satu pilihan warna Liquid Titanium.

4. Tipe Spyder F3-T dengan dua pilihan warna yakni Liquid Titanium dan Pearl White.

5. Dan yang terakhir adalah tipe Spyder F3 Limited dengan warna yang terbagi menjadi dua versi, yang pertama Dark Edition dengan tiga pilihan warna yakni Liquid Titanium, Magma Red Metallic dan Steel Black Metallic.

Sedangkan untuk versi Chrome Edition juga terdapat 3 pilihan warna yakni Steel Black Metallic, Liquid Titanium dan Magma Red Metallic.

Tentunya untuk semua tipe yang ditawarkan memiliki perbedaan fitur dan juga harga yang ditawarkan oleh pabrikan motor.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin ROTAX 1330 ACE, 3 Silinder, Pendingin Cairan
Isi Silinder 1.330cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 84 mm x 80 mm
Daya Maksimum 85,8 kW / 7.250 rpm
Torsi Maksimum 130,1 Nm / 5.000 rpm
Tipe Transmisi SE6
Tipe Kopling Semi-Otomatis dengan fungsi terbalik
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi dan kontrol throttle elektronik

23. Cam-Am Ryker

Motor Cam-Am Ryker
Motor Cam-Am Ryker Rally Edition
Dilanjutkan dengan motor Cam-Am Ryker 2020 tipe standar yang memiliki tampilan sangat keren dan juga dibekali jenis mesin Rotax dengan 2 pilihan kapasitas mesin yakni 600 cc dan 900 cc.

Sedangkan pada tipe Cam-Am Ryker Rally Edition 2020 hanya tersedia dengan kapasitas mesin 900 cc.

Untuk mesin 900cc dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 61,1 kW dan torsi maksimum 79,1 Nm.

Sama seperti motor Cam-Am lainnya, pada Ryker 2020 juga memiliki 2 tipe motor yang berbeda yakni :

1. Cam-Am Ryker tipe standar memiliki beragam pilihan warna yang terbagi menjadi 2 versi yakni versi warna standar terdapat pilihan Carbon Black, Immortal White, Intense Black, Yellow Shock, Liquid Steel dan Adrenaline Red.

Untuk versi warna Limited Edition Cam-Am Ryker standar terdapat pilihan warna yakni Acid Yellow, Liquid Gold, Racer Red, Heritage White ll, Supersonic Green, Urban Camo, Mint Freeze, Ruby Black, Heritage Yellow, Pink Punk, Galactic Blue, Liquid Titanium dan SandStrom.

2. Lalu pada Cam-Am Ryker tipe Rally Edition juga memiliki 2 versi warna berbeda yakni Versi warna standar terdapat pilihan warna Carbon Black, Immortal White, Intense Black, Yellow Shock, Liquid Steel dan Adrenaline Red.

versi warna Limited Edition Cam-Am Ryker Rally Edition terdapat pilihan warna yakni Acid Yellow, Liquid Gold, Racer Red, Heritage White ll, Supersonic Green, Urban Camo, Mint Freeze, Ruby Black, Heritage Yellow, Pink Punk, Galactic Blue, Liquid Titanium dan SandStrom.

Dan tentunya setiap tipe yang ditawarkan memiliki perbedaan fitur unggulan dan juga harga yang ditawarkan oleh pabrikan motor BRP.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin ROTAX 900 ACE, 3 Silinder, Pendingin Cairan
Isi Silinder 900cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 74 mm x 69.7 mm
Daya Maksimum 61,1 kW / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 79,1 Nm / 6.500 rpm
Tipe Transmisi Otomatis, CVT
Tipe Kopling Otomatis dengan fungsi terbalik
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi dan kontrol throttle elektronik

24. Qooder Nuvion

Motor Roda 3 Qooder
Motor Roda 3 Qooder
Di urutan ke 24 ini ada pabrikan motor Qooder yang memiliki beberapa koleksi motor roda tiga nya seperti yang satu ini Qooder Nuvion dengan tampilan motor yang modern serta dibekali dengan mesin yang memiliki kapasitas 278cc.

Pada bagian lampu penerangan depan dan belakang dilengkapi dengan fitur LED yang membuat berkendara saat malam hari jadi lebih maksimal.

Dilanjutkan dengan penggunaan speedometer yang dibekali layar LCD berukuran 4,3 inci.

Dibekali suspensi depan dengan teknologi E-HTS (Hydraulic Tilting System) yang memberikan keseimbangan pada motor saat melaju dengan kecepatan rendah atau pun saat motor berhenti tanpa harus menurunkan kaki pengendara. Dan tentunya fitur ini dapat dihidupkan atau dimatikan dengan tombol yang sudah tersedia di stang kemudi motor.

Serta suspensi belakang menggunakan dual shock untuk memberikan redaman yang maksimal saat menghadapi jalan bergelombang.

Lalu pada sistem pengereman motor pun sudah dibekali dengan fitur ABS 3 channel yang juga dilengkapi dengan dual disc brake berukuran 250 mm pada roda depan dan single disc brake 240 mm roda belakang.

Dan tak lupa dengan velg motor Qooder Nuvion yang menggunakan jenis velg Cast Wheel (pelek racing) dengan 5 palang yang melingkari roda, serta memiliki ukuran 14 inci untuk roda depan dan 13 inci roda belakang.

Untuk ban motor yang digunakan memiliki ukuran 110/80-R14 (depan) dan 140/60-R13 (belakang).

Dan tak ketinggalan dengan kapasitas tangki bbm motor Qooder Nuvion yang mampu menampung bensin sebanyak 12,5 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 278cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 75 mm x 63 mm
Daya Maksimum 21 kW / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 27,4 Nm / 6.000 rpm
Tipe Transmisi Otomatis, CVT
Tipe Kopling Kopling Kering Sentrifugal
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

25. Qooder QV3

Motor Qooder QV3
Motor Qooder QV3
Selanjutnya ada lagi motor paling keren dari pabrikan Qooder yang tak kalah tampilan modernnya dengan Nuvion yakni Qooder QV3 yang memiliki kapasitas mesin 346 cc satu silinder dan tentunya dengan mesin yang digunakan dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 21,2 kW dan torsi maksimum 31,8 Nm.

Terdapat 5 pilihan warna yang ditawarkan pada motor Qooder QV3 yakni Glossy Snow White, Matte Alps Green, Matte Raw Black, Glossy Swiss Red dan Matte Titanium Grey. Yang tentunya kelima warna tersebut memiliki tampilan yang elegan dan mewah.

Qooder QV3 juga dengan suspensi depan yang menggunakan teknologi E-HTS (Hydraulic Tilting System) yang mampu memberikan keseimbangan saat motor melaju dengan kecepatan rendah atau pun saat berhenti tanpa menurunkan kaki sang pengendara.

Dan juga suspensi belakang yang dibekali dual shock dengan preload adjustable yang dapat disesuaikan.

Hal yang menarik pada sistem pengereman motor Qooder QV3 telah dibekali dengan rem pedal yang terhubung ke tiga roda motor, dan letak posisi pedal tersebut pada bagian pijakan kaki kanan sang pengendara.

Disisi lain, pada bagian disc brake menggunakan jenis wave atau piringan bergelombang yang tersemat pada ke tiga roda motor, dan memiliki dual disc berukuran 240 mm dengan kaliper hidrolik (roda depan) dan single disc berukuran 256 mm dengan kaliper hidrolik (roda belakang)

Beralih kebagian velg motor yang memiliki lebar 2,75 inci dengan diameter 14 inci roda depan dan untuk velg roda belakang memiliki lebar 3,75 inci dengan diameter 15 inci. Dan tak lupa dengan jenis velg yang digunakan motor Qooder QV3 yakni Cast Wheel (pelek racing) dengan 6 palang yang melingkari roda.

Lalu untuk ban motor yang digunakan memiliki ukuran 110/80 - 14 M/C 53P untuk depan dan 140/70 - 15 M/C 69P untuk belakang.

Dilanjutkan dengan kapasitas tangki bbm motor Qooder QV3 yang dapat menampung bensin sebanyak 13,2 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 346cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 82 mm x 65,6 mm
Daya Maksimum 21,2 kW / 7.000 rpm
Torsi Maksimum 31,8 Nm / 5.500 rpm
Tipe Transmisi Otomatis, CVT
Tipe Kopling Kopling Kering Sentrifugal
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

26. Qooder New QV3

Motor Qooder QV3
Motor Qooder New QV3
Berikutnya ada motor dengan model terbaru yakni Qooder New QV3 yang tampilannya tak kalah saing dengan QV3. Pada bagian mesin motor New QV3 telah dibekali dengan kapasitas mesin 346 cc yang memiliki tenaga maksimum mencapai 21,2 kW dan torsi maksimum 31,8 Nm.

Tak lupa dengan fitur unggulan yang selalu diberikan pada motor roda tiga pabrikan Qooder yakni teknologi E-HTS (Hydraulic Tilting System) yang dapat dihidupkan ataupun dimatikan melalui tombol yang berada pada stang kemudi motor.

Untuk suspensi belakang menggunakan dual shock absorber yang memberikan rebound yang cukup nyaman saat menghadapi jalan bergelombang.

Lalu pada bagian speedometer motor yang memiliki instrumen ganda dengan layar LCD berukuran 2,7 inci.

Untuk bagian pengereman didukung dengan fitur AWBS (All Wheel Braking System) yang dipadukan dengan dual disc brake berukuran 240 mm (depan) dan single disc brake berukuran 256 mm (belakang).

Tak ketinggalan dengan kapasitas tangki bbm motor Qooder New QV3 yang dapat menampung bensin sebanyak 13,2 liter.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 346cc
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke 82 mm x 65,6 mm
Daya Maksimum 21,2 kW / 7.000 rpm
Torsi Maksimum 31,8 Nm / 5.500 rpm
Tipe Transmisi Otomatis, CVT
Tipe Kopling Kopling Kering Sentrifugal
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi

27. Qooder QVE

Motor Qooder QVE
Motor Qooder QVE
Untuk motor roda tiga yang satu ini menggunakan mesin yang ditenagai listrik yakni Qooder QVE yang memiliki tampilan motor tidak berbeda jauh dengan model QV3.

Qooder QVE berhasil dibuat pabrikan Qooder berkat kerjasama dengan pabrikan Zero Motorcycle California, yang menjadikan satu-satunya motor roda tiga yang ditenagai dengan listrik.

Dan jenis mesin yang digunakan yakni Z-Force Brushless 75,5 dengan peak power mencapai 34 kW dan continuous power 18 kW, tak lupa dengan torsi maksimum mencapai 106 Nm. Yang tentunya dengan jenis mesin yang digunakan tidak menghasilkan emisi gas buang.

Untuk jenis baterai yang digunakan Qooder QVE menggunakan Z-Force Li-Ion yang memiliki kapasitas 7,2 kWh dengan daya pengisian standar memiliki angka 1,3 kW dan menggunakan socket pengisian daya standar 220 V.

Serta durasi pengisian baterai untuk 80% hanya memerlukan waktu kurang lebih 4 jam dan untuk mencapai 100%  hanya memerlukan waktu kurang lebih 5,2 jam.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin Z-Force brushless 75,5
Isi Silinder -
Rasio Kompresi -
Bore x Stroke -
Daya Maksimum 34 kW
Torsi Maksimum 106 Nm
Tipe Transmisi -
Tipe Kopling -
Sistem Suplai Bahan Bakar -

28. Kymco CV3

Motor Roda 3 Kymco
Motor Roda 3 Kymco
Kymco CV3 merupakan motor konsep pertama dari pabrikan Kymco dengan menampilkan motor dengan tiga roda bergaya petualangan dan menggunakan jenis mesin seperti yang digunakan pada motor Kymco AK550.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 yang lalu membuat motor ini sangat ditunggu-tunggu bagi para penggemarnya.

Dan pada tahun 2019 kemarin pada ajang EICMA di Milan, Italia. Akhirnya pabrikan Kymco secara resmi mengumumkan untuk menghadirkan Kymco CV3 pada tahun 2020 sekarang ini. Namun masih belum tahu pasti kapan tanggal mulai produksi motor ini.

Seperti yang dikabarkan dari beberapa media, bahwa spesifikasi motor Kymco CV3 2020 menggunakan mesin yang dipakai Kymco AK550 yakni jenis mesin DOHC, 2 silinder segaris dengan 8 klep didalamnya dan memiliki kapasitas mesin mencapai 550,4 cc, serta tenaga maksimum yang dimiliki mencapai 39,3 kW dan torsi maksimum 55,64 Nm.

Dan untuk keseluruhan mesin dan juga fitur unggulan yang digunakan Kymco CV3 2020 masih belum dapat diungkapkan.

Namun tentunya Kymco CV3 2020 menjadi motor roda tiga dengan tampilan yang sangat keren dan juga wajib untuk dimiliki. Tapi tunggu saja sampai tanggal produksinya.

29. Aeon 3D-350R

Motor Roda 3 Aeon
Motor Roda 3 Aeon
Pabrikan motor Aeon yang bermarkas di negara Taiwan ini memiliki beberapa koleksi motor dengan roda tiga untuk pasar Asia dengan model yakni Aeon 3D-350R dengan memiliki tampilan yang lumayan agresif pada bagian depan motor yang dibekali dengan model headlamp sangar, serta fitur LED dengan lampu proyektor ganda.

Terdapat tiga warna motor Aeon 3D-350R yang dapat dipilih sesuai keinginan yakni merah, biru dan abu-abu yang masing-masing warna memiliki desain yang sangat keren.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 346cc
Rasio Kompresi 10,6 : 1
Bore x Stroke 82 mm x 65,5 mm
Daya Maksimum 30 PS / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 30 Nm / 6.000 rpm
Tipe Transmisi Otomatis, CVT
Tipe Kopling Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar EFI

30. Aeon 3D-350

Motor Aeon 3D 350
Motor Aeon 3D 350
Untuk daftar motor roda 3 yang terkahir ada motor Aeon 3D-350 dengan tampilan yang tidak terlalu berbeda jauh dengan 3D-350R. Lalu untuk spesifikasi mesin yang digunakan yakni 4-langkah SOHC, satu silinder dengan 4 klep didalamnya, dan dilengkapi dengan pendingin cairan.

Untuk pilihan warna motor yang ditawarkan Aeon 3D-350 terdapat tiga warna yakni Hitam, Putih dan Abu-Abu yang masing-masing warna memiliki tampilan yang cukup keren.

Spesifikasi Mesin

Jenis Mesin 4-langkah, 4 Klep SOHC, Silinder Tunggal, Pendingin Cairan
Isi Silinder 346cc
Rasio Kompresi 10,6 : 1
Bore x Stroke 82 mm x 65,5 mm
Daya Maksimum19,8 kW / 7.00p rpm
Torsi Maksimum 28,8 Nm / 5.500 rpm
Tipe Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Kopling Sentrifugal Tipe Kering
Sistem Suplai Bahan Bakar EFI

Dari daftar motor roda 3 yang sudah ditampilkan, manakah yang memiliki desain paling keren dan juga terbaik untuk dibawa pulang sebagai koleksi motor kesayangan kalian. Tentunya setiap motor yang ditawarkan oleh pabrikan memiliki keunggulan nya masing-masing serta kapasitas mesin yang juga berbeda, Namun balik lagi ke diri masing-masing, memilih model motor yang sesuai dengan style serta minat kalian dan tak lupa saat membeli motor izin dulu sama bini atau keluarga supaya berkendara jadi lebih nyaman dan aman. Sekian dan terimakasih, salam satu aspal.

Baca Juga : Daftar Motor 2 Tak Terbaik 2020