Pilihan Daftar Motor 2 Tak Terbaik 2020

pilihan daftar motor 2 tak

Pilihan Daftar Motor 2 Tak Terbaik 2020 - Banyak pilihan motor 2 tak di era 90-an menjadi primadona bagi para pencinta otomotif maupun remaja. Karena memang motor dengan suara garing ini memiliki tenaga mesin yang cukup besar dan juga memiliki kontruksi mesin yang simple dibandingkan dengan motor pada jaman sekarang ini sobat Duman.

Mekipun sudah dilekang oleh jaman, pecinta motor 2 tak Indonesia sendiri masih banyak peminatnya pada jaman sekarang ini. Namun untuk mendapatkan motor bersuara garing ini sedikit sulit dengan penampilan yang masih fresh dan mesin masih oke. Karena hampir seluruh pabrikan motor di Indonesia sudah engga produksi motor 2 tak.

Daftar Isi
Produksi motor 2 tak ini dihentikan karena emisi gas buang yang tidak memenuhi standar Euro 3 yang ditetapkan pemerintahan Indonesia. Jadi makin langka ajah motor 2 tak di era sekarang ini, harga nya pun cukup mahal jika kondisi kendaraan masih bagus dan itu pun motor bekas bukan baru.


Perbedaan Mesin 2 Tak Dan Mesin 4 Tak
Banyak pencinta motor 2 tak Indonesia yang masih setia dengan motor bersuara garing ini, karena motor ini memiliki keistimewaan sendiri dibandingkan motor 4 tak. Perbedaan yang paling mencolok pada penggunaan oli samping yang di campur dengan bensin. Berikut perbedaannya :

1. Pada proses pembakaran mesin 2 tak hanya memerlukan satu kali putaran pada crankshaft untuk mendapatkan tenaga penuh, sedangkan untuk motor 4 tak pada pembakaran memerlukan 2 kali putaran pada crankshaft.

2. Pada lubang pemasukan dan pembuangan motor 2 tak engga memerlukan klep untuk membuka dan menutup, karena motor bersuara garing ini mengandalkan piston dan ring piston untuk membuka dan menutup. Sedangkan pada motor 4 tak memerlukan klep untuk sistem membuka dan menutup.

3. Dinding silinder motor 2 tak menjadi tempat untuk pemasukan dan pembuangan hasil pembakaran. Sedangkan pada motor 4 tak itu sendiri letak pemasukan dan pembuangan hasil pembakaran berada di kepala mesin.

Baca juga : Tampilan Jupiter MX King 2019 Livery Terbaru

Dari perbedaan diatas membukitan motor 2 tak lebih bertenaga namun juga lebih boros bensin dibandingkan motor 4 tak pada masing - masing kelas motor. Jadi engga salah kalo banyak peminatnya sobat Duman, meskipun harga jual motor 2 tak bekas masih terbilang cukup mahal tapi masih banyak diburu para kolektor motor.

Pilihan Daftar Motor 2 Tak

Setiap pabrikan motor pernah membuat motor 2 tak andalannya, nah kira - kira apa saja motor bersuara garing ini yang pernah ada pada era kejayaan nya. Berikut pilihan daftar motor 2 tak Terbaik 2020 yang berhasil ane rangkum sobat Duman.

Motor 2 Tak Yamaha

Pada pabrikan Yamaha Motor juga terdapat varian motor 2 tak yang menjadi andalan nya, Terbukti akan suksesnya motor jambret atau RX King yang banyak di sukai para pencinta motor bersuara garing ini. Engga hanya motor RX King, tapi Yamaha juga mempunyai motor 2 tak lainnya. Berikut daftar motor 2 tak Yamaha :

Yamaha TZM 150

daftar motor 2 tak yamaha
Instagram : @harith.najmi
Motor bersuara garing ini pertama kali di perkenal kan oleh pabrikan yamaha pada tahun 90-an sobat duman. TZM150 ini memiliki basic untuk balap, dengan aura yang kental akan dunia balap motor. Secara desain TZM150 memiliki rangka deltabox yang sudah teruji kekokohan nya. Soal kapasitas silinder, Yamaha TZM150 memiliki kapasitas 147cc dengan tipe mesin 2 tak satu silinder.

Motor bersuara garing ini juga sudah dibekali dengan pendingin cairan seperti motor 150cc pada jaman sekarang ini. Tercatat motor bersuara garing ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 35.3HP pada 10.500 rpm. dengan torsi maksimal sebesar 25 N.m pada 9.500 rpm.

Yamaha RX King

daftar motor 2 tak yamaha
Intagram :@yarzidirvan
Motor yang satu ini terkenal akan motor jambret yang memiliki tenaga mesin cukup buas sobat Duman. RX king sendiri memiliki desain dengan aura yang sporty dan memiliki ciri khas stang kemudi yang mirip dengan ular cobra. Pada lampu depan RX King  menggunakan lampu dengan desain berbentuk bulat.

Motor jambret ini memiliki kapasitas mesin 132cc dengan tipe mesin 2 langkah berpending udara. Motor RX King memiliki bobot kosong seberat 100 kg dengan kapasitas tanki motor 9.5 liter. Pada sektor mesin RX King mampu menghasilkan tenaga sebesar 18.5 PS  pada 9.000 rpm dan memiliki torsi sebesar 1.54 kgf.m pada 8.000 rpm.

Yamaha F1ZR

daftar motor 2 tak yamaha
Instagram : @ary_supriadi14
Ditahun 1997 lahir lah motor Yamaha dengan nama Yamaha F1ZR. Motor ini merupakan generasi terakhir dari Yamaha Force 1. F1ZR sendiri sudah menggunakan kopling manual, tapi masih semi otomatis. Nah ditahun 2000 Yamaha memberikan facelift pada motor F1ZR dengan tampilan desain motor jadi lebih modern dan pada bagian pelek dirubah jadi Racing, jika sebelumnya masih menggunakan pelek kaleng.

Engga hanya itu ajah sobat duman, jika sebelumnya kopling F1ZR masih semi otomatis. Namun untuk yang tahun 2000 sudah menggunakan sistem Full Clutch. Soal mesin Yamaha F1ZR berkapasitas 110.4cc dengan jenis mesin 2 langkah bersilinder tunggal. Tercatat motor bersuara garing ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 11.8 dk pada 7.500 rpm dengan torsi sebesar 10.79 Nm pada 6.500 rpm.

Yamaha 125Z

daftar motor 2 tak yamaha
Instagram : @ynopriyanto14
Motor bersuara garing sebenernya masih di produksi lagi sobat Duman pada tahun 2018 kemaren. Tapi produksi nya itu hanya di negara tetangga yaitu malaysia, dan motor ini sudah lolos dengan regulasi Euro 3 dan juga lebih irit. Untuk seri terlama di Indonesia sendiri terbilang sedikit sobat Duman, banyak pencinta otomotif yang memburu motor yang satu ini karena tampilannya lebih sporty.

Motor bersuara garing ini memiliki bobot seberat 101 kg dan memiliki kapasitas mesin 124.33cc. Untuk jenis mesin menggunakan mesin 2 langkah dengan silinder tunggal. Soal tenaga motor ini mampu menghasilkan power sebesar 17.2 dk pada 8.000 rpm dan memiliki torsi puncak sebesar 16.1 Nm pada 7.500 rpm.

Yamaha Force 1

Instagram : @pudjievegha
Pada tahun 1992 pabrikan Yamaha Motor telah memperkenal sebuah motor yang mungkin sobat Duman sudah pada tau nama motor nya. Nama nya adalah Yamaha Force 1 yang merupakan generasi kedua setelaha Yamaha Alfa yang diproduksi pada tahun 1980-an. Motor bersuara garing ini merupakan motor pertama yang mengadopsi sistem YPCS atau bisa disebut dengan Yamaha Performance Cooling System.

Yang berfungsi untuk menyedot udara dari luar kebagian mesin motor, dengan posisi kipas yang berada disebelah kiri blok motor. Yamaha Force 1 dibekali mesin 110,4cc dengan jenis mesin 2 langkah bersilinder tunggal. Tercatat motor Force 1 ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 10.7 PS pada 7.500 rpm dengan torsi sebesar 1.10 kgf.m  pada 6.500 rpm.

Motor 2 Tak Honda

Pada tahun 1958 pabrikan sepeda motor Honda pertama kali memperkenal motor dengan mesin 4 tak yaitu Honda Super Cup. Berkat motor 4 tak tersebut, pabrikan sayap mengepak dikenal dengan produk kendaraan bermesin 4 stroke. Meskipun begitu, bukan berarti Honda Motor tidak memiliki jagoan di kelas motor 2 tak. Buat sobat Duman yang penasaran, berikut tampilan motor bersuara garing andalan nya :

Honda NSR150 SP

daftar motor 2 tak honda
Instagram : @reyhansyah21

Untuk motor yang satu ini merupakan special edition dari seri NSR 150. Motor lengendaris memiliki keunikan tersendiri dibandingan motor NSR 150 seri lainnyanya. Karena pada motor NSR150 SP menggunakan single arm, yang pada masa itu masih jarang motor yang menggunakan single arm.

Engga cuma arm nya saja yang istimewa tapi livery Resol pada motor NSR150 SP memberikan kesan sport abis bagai pembalap motorgp sobat Duman. Untuk spesifikasi mesin NSR150 SP ini berkapasitas 149cc dengan jenis mesin 2 langka bersilinder tunggal.

Tapi yang paling membuat motor ini terbilang istimewa berada pada tenaga motor yang mantap abis sobat Duman. Motor legendaris ini memiliki power sebesar 39.5 PS pada 10.500 rpm. Dan untuk torsi puncak nya pada 2.75 kg.m pada 10.000 rpm.

Honda NSR150 RR

daftar motor 2 tak honda
Instagram : @denjol22
Motor Honda NSR150 RR juga berstatus CBU atau dikirim dari negara luar. Motor lengendaris ini di perkenalkan oleh honda pada tahun 2000-an. Dengan status nya yang CBU motor sedikit lebih mahal dikarena kan harus import dari negara pembuatnya. Motor full fairinh ini sendiri memiliki dua jenis motor, yang pertama lebih di kenal dengan NSR150 RR lampu bulet.

Dinamai seperti itu karena pada lampu depan motor full fairing ini memiliki dua lampu pada bagian depan yang berbentuk bulat, sedangkan untuk jenis yang satu lagi lebih dikenal dengan NSR150 RR mata kucing. Motor full fairing ini memiliki spesifikasi mesin 149cc dengan jenis mesin 2 langkah bersilinder tunggal.

Untuk tenaga nya sendiri, Honda NSR150 RR mampu menghasilkan power maksimum sebesar 37 PS pada 10.000 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 2.74 kg.m pada 9.000 rpm.

Honda NSR150 R

daftar motor 2 tak honda
Instagram : @denjol22
Status CBU pada NSR150R atau dikirim langsung dari negara asal yang memproduksi motor Honda NSR150. Motor legendaris ini memiliki desain full fairing dengan bodi sedikit ramping. Jika motor full fairing jaman sekarang  menggunakan lampu depan yang lebih sipit, namun untuk lampu depan NSR150R memiliki tampilan berbentuk kotak memberikan kesan futuristik sobat Duman.

Motor lengendaris ini pertama kali diperkenal kan pada tahun 1994. Nah kira - kira berapa tenaga yang dimiliki motor NSR150 R?  motor ini memiliki spesifikasi mesin 149cc dengan tipe mesin 2 langkah bersilinder tunggal 6 percepetan. Dan nyata nya motor legendaris ini memiliki power maksimum sebesar 31 HP pada 10.500 rpm ditambah dengan torsi maksimum 2.7 kg.m pada 10.000 rpm.

Honda Nova Dash RS

daftar motor 2 tak honda
Instagram : @ad1_saputro
Motor bersuara garing ini pertama kali diperkenal kan oleh honda pada tahun 1985. Walah bre udah tua juga nih motor ane baru ada di tahun 90-an. Tapi usut punya usut Homda Nova Dash ini punya tiga varian yang berbeda Sobat Duman. Mulai dari Honda Nova Dash RS 125, Nova Dash R 125 dan Honda Nova Dash SP 1.

Secara desain motor bersuara garing ini mirip seperti Honda sonic 150 dan juga Suzuki satria 150 pada era sekarang ini. Namun yang membedakan penggunaan mesin 2 langkah dan kelas CC yang berbeda pada motor Nova Dash. Pada gambar motor Honda Nova Dash diatas merupakan Nova Dash SP 1 yang terakhir diproduksi oleh Honda.

Dan motor bersuara garing ini memiliki spesifikasi mesin 123.5 cc dengan tipe mesin 2 langkah bersilinder tunggal. Nova dash ini juga sudah dibekali dengan pendingin cairan atau liquid cooled. Dengan mesin yang digendong nya Honda Nova Dash mampu menghasilkan power maksimum sebesar 21.56 HP pada 9.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 18.3 N.m pada 8.000 rpm.

Honda LS125 R

daftar motor 2 tak honda
Instagram : @poerwanto_eko
Motor dengan tipe City Sport inu Untuk populasi nya hanya sedikit sobat Duman, di karenakan Honda LS125 R ini di import langsung dari negara pembuatnya. Motor bersuara garing ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2000. Tampilan desain motor LS125 R ini cukup ramping sobat Duman, yang merupakan ciri khas pabrikan Honda Motor membuat motor dengan bodi yang slim.

Untuk spesifikasi Honda LS125 R berkapasitas mesin 123.5cc ditambah dengan jenis mesin 2 langkah bersilinder tunggal. Motor ini juga memiliki pendingin cairan atau Liquid Cooled seperti motor pada jam sekarang ini. pada tenaga motor 2 tak ini mampu menghasilkan power sebesar 24 HP pada 10.000 rpm ditambah dengan torsi maksimum sebesar 1.97 kgf.m pada 8.000 rpm.

Motor 2 Tak Kawasaki

Engga hanya pabrikan lain yang menghentikan produksi motor bersuara garing. Tapi pabrikan Kawasaki Motor juga tidak memproduksi motor 2 tak sejak tahun 2015 yang lalu. Yang dimana  Ninja 2 tak sedang populernya di Indonesia, membuat para pencinta motor  2 tak sedikit kecewa. Nah kira - kira apa saja motor 2 tak yang pernah di produksi pabrikan Kawasaki Motor. Berikut daftar nya sobat Duman :

Kawasaki Ninja150 R

daftar motor 2 tak kawasaki
motoroleng.blogspot.com
Sudah engga diragukan dengan power yang dihasilkan motor ini sobat Duman. Kawasaki Ninja150 R merupakan motor yang diproduksi oleh pabrikan Kawasaki Motor yang sangat dikenal dikalangan pencinta motor 2 tak. Motor ini memiliki jenis Sport Naked yang lebih terbuka pada bagian bodi depan. Dibandingkan saudara Kawasaki Ninja150 RR yang menganut jenis motor Sport Full Fairing.

Motor 2 tak Kawasaki ini memiliki spesifikasi mesin 149cc dengan 6 percepatan. Dengan mesin 2 langkah yang digendong nya motor 2 tak ini mampu mengahsilkan power maksimum sebesar 30.1 PS pada 10.500 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 21.6 Nm pada 9.000 rpm.

Kawasaki Ninja150 RR

daftar motor 2 tak kawasaki
Via : motoroleng.blogspot.com
Satu lagi produk kawasaki yang engga perlu diragukan lagi soal power mesinnnya. Kawsaki Ninja150 RR merupakan motor 2 tak yang memiliki power yang bertenaga. Dengan fitur KIPS yang dimiliki nya membuat akselerasi motor ini tetap terjaga, namun juga motor 2 tak ini lumayan boros sobat Duman.

Karena Kawasaki Ninja150 RR memiliki spesifiksi mesin 149cc dengan 6 percepatan. Dan mampu menghasilkan power maksimum sebesar 21 kw pada 11.000 rpm sedangkan untuk torsi maksimum nya sebesar 20 Nm pada 9.000 rpm.

Kawasaki Leo Star120 SE

daftar motor 2 tak kawasaki
Via : bright-cars.com
Motor 2 tak merupakan produk dari pabrikan Kawasaki Motor yang pertama kali diproduksi pada tahun 90-an sobat Duman dengan status CBU yang didatang kan lanhsung dari negara oembuatnya. Motor 2 tak dari Kawasaki ini memiliki desain ramping dan sporty abis.

Dan motor 2 tak ini memiliki 2 versi yaitu Leo Star120 SE dan Leo Star120 SSR. Motor 2 tak memiliki kapasitas mesin 118.6cc ditambah dengan 6 percepatan. Untuk tenaga mesin 2 tak ini memiliki power maksimum yang cukup lumayan besar 17 PS pada 9.000 rpm dan memiliki torsi maksimum sebesar 14.1 N.m pada 8.000 rpm.

Kawasaki AR125

daftar motor 2 tak kawasaki
Instagram : @sofea.racing
Motor 2 tak yang berjaya pada masa era 80-an. Kawasaki AR125 pertama kali diperkenal kan pada tahun 1984 oleh pabrikan Kawasaki Motor. Kira - kira umur nih motor udah tua juga sobat Duman, Dan sekali lagi motor ini berstatus CBU yang dikirimkan langsung dari negara pembuatnya. Kawasaki AR125 memiliki desain yang cukup futurnistik, dengan visor depan yang sama seperti motor Full Fairing.

Tapi sejati nya motor 2 tak ini memiliki aliran sport naked sobat Duman. Soal spesifikasi mesin Kawasaki AR125 telah menggendong mesin berkapasitas 124cc dengan jenis mesin 2 langkah 6 percepatan, dan ditambah dengan pendingin cairan. Untuk tenaga motor 2 tak ini memiliki power maksimum sebesar 22 HP pada 9.500 rpm ditambah torsi maksimum sebesar 1.7 kgf.m pada 8.000 rpm.

Kawasaki K-1

daftar motor 2 tak kawasaki

Mungkin beberapa dari sobat engga ada tau kalo sebenarnya motor Kawasaki Kaze memiliki varian 2 tak nya sobat Duman. Dan motor ini hanya produk di negara asal nya Thailand, tapi mungkin di Indonesia sendiri ada yang memiliki nya. Nama nya pecinta otomotif pasti ingin memiliki motor yang unik dan klasik.

Motor Kawasaki K-1 pertama kali diperkenal pada tahun 1997 di negara Thailand dan juga Malaysia. Soal desain motor 2 tak ini engga beda jauh seperti motor Kaze R 4 tak sobat Duman. Motor 2 tak ini memiliki kapasitas mesin 107cc dengan power maksimum sebesar 12.5 dk ditambah dengan torsi maksimum sebesar 11.2 Nm.

Motor 2 Tak Suzuki

Pada masa era 90-an Suzuki Motor juga memproduksi motor 2 tak andalan nya. Banyak pencinta otomotif yang tertarik dengan motor bersuara garing ini. Nama motor RGR 150 membuat pabrikan Suzuki Motor sangat dikenal, berkat motor yang di buat pabrikan menjadi sangat populer hingga saat ini. Tapi tak hanya motor Suzuki RGR 150 yang diproduksi, masih ada lagi motor andalan pabrikan Suzuki Motor. Berikut daftar lengkap motor 2 tak yang pernah di produksi oleh pabrikan Suzuki Motor:

Suzuki RGR 150 R

daftar motor 2 tak suzuki
Instagram : @adrianjunior_30
Motor 2 tak yang satu ini merupakan produksi dari pabrikan Suzuki Motor yang pertama kali diperkenal kan pada tahun 1990. Suzuki RGR 150 memiliki fitur yng cukup cangguh sobat Duman, karena telah disematkan fitur SIPC atau kepanjang dari Suzuki Intake Pulse Control yang berfungsi untuk mengontrol bahan bakar yang di butuhkan mesin.

Dan fitur yang kedua ini berfungsi untuk memberikan asupan udara yang cukup besar saat putaran mesin tinggi yang dinamai fitur SSS (Suzuki Super Scavenging System). Dengan fitur tersebut Suzuki RGR150 mampu menghasilkan power maksimum sebesar 26.5 PS pada 9.500 rpm dan untuk torsi maksimum sebesar 2.1 kg.m pada 8.000 rpm. Dan di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis RGR150 yang pertama Suzuki RGR150 Sprinter, RGR150 Cristal dan terakhir RGR150 Tornado.

Suzuki Satria120 R

daftar motor 2 tak suzuki
Instagram : @raden_handiriono
Satu lagi nih buatan pabrikan Suzuki Motor yang pertama kali diperkenal pertama kali pada tahun 1997. Suzuki Satria120 merupakan motor yang paling digandrungi oleh remaja pada era 90-an. Motor 2 tak ini cukup laris di pasaran Indonesia karena desain motor ini sangat keren sobat Duman. Penggunaan suspensi monoshock pada bagian belakang menjadi daya tarik tersendiri, dan juga penggunaan sasis twinspar pada bagian rangka motor.

Soal mesin motor 2 tak ini menggendong mesin berkapasitas 120cc dengan power maksimum sebesar 13.5 PS pada 8.000 rpm dan untuk torsi maksimum sebesar 1.5 kgf.m pada 7.000 rpm. Suzuki Satria 129 memiliki 3 varian loh sobat Duman yang pertama Suzuki Satria120 S, Satria120 R dan terakhir Satria120 RU.

Suzuki Tornado GS

daftar motor 2 tak suzuki
Instagram : @iksan.budisatriya
Motor 2 tak ini pertama kali diperkenal kan oleh pabrikan Suzuki Motor pada tahun 1994 untuk meneruskan kejayaan dari Suzuki Crystal. Motor 2 tak ini lahir dengan memiliki 2 varian yang bisa di pilih pada waktu itu. Nah varian yang pertama adalah Suzuki Tornado GS dan Suzuki Tornado GX dengan memiliki desain bodi motor yang sama, yang membedakan pada kapasitas mesinnya.

Suzuki Tornado GS memiliki kapasitas mesin 109cc dan untuk edisi Tornado GX memiliki kapasitas 100cc. Suzuki Tornado cukup berjaya masa nya karen banyak pembalap motor yang lahir menggunakan motor 2 tak ini.

Suzuki RK Cool 150

daftar motor 2 tak suzuki
Instagram : @ibel7576
Motor 2 tak merupaka varian ayago dari pabrikan Suzuki Motor yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002. Suzuki RK-Cool 110 memiliki penampilan seperti layaknya Honda Sonic dan juga Satria FU. Motor 2 tak ini memiliki kapasitas mesin 110cc dengan jenis mesin 2 langkah yang digendongnya ditambah 5 percepatan pada gigi persenelingnya. Nama nya saja sudah RK Cool, desain motor ini juga memiliki penampilan yang keren sobat Duman.

Suzuki Crystal

daftar motor 2 tak suzuki
Instagram : @almandariko_
Motor 2 tak ini pertama kali diprodukso oleh pabrikan Suzuki pada tahun 1990. Crystal masuk ke Tanah Air sebagai penerus kejayaan Suzuki RC100 dan RC80, sekaligus sebagai generasi terakhir Suzuki RC Series. Suzuki Crystal juga menjadi pioner bagi kelahiran motor bebek berkapasitas 110cc di keluarga Suzuki. Selama masa edar hingga tahun 1995, Suzuki Crystal mengalami perubahan sebanyak dua kali.

Pada tahun 1992, sempat hadir versi Suzuki Crystal Tune yang merupakan model spesial dengan beberapa perubahan agar tampak lebih sporty, yang terlihat pada sektor knalpot dengan model racing dan penggunaan penutup rantai dengan model terbuka.

Baca juga : Tampilan Motor MX King 2019 Harga dan Spesifikasi