Spesifikasi Honda Beat 1983 Matic Jadul Generasi Pertama

Awal nya ane penasaran dengan Honda Beat 1983, banyak yang mencari-cari motor tersebut. Hal hasil ane pun mencari tahunya, usut punya usut ternyata ini motor matic buatan pabrikan Jepang, yang tengah banyak diburu oleh pecinta otomotif tanah air dan juga merupakan motor generasi pertama dari honda beat.

Daftar Isi :

Pertama kalinya motor ini diproduksi oleh pabrikan Honda Motor Jepang pada tahun 1983 dan selanjutnya diekspor ke beberapa negara, namun dengan jumlah yang masih sedikit, membuat motor ini sulit untuk ditemukan dan hanya orang-orang yang beruntung bisa mendapatkannya.

Untuk yang baru mengenal motor Honda beat 1983 atau bisa disebut juga dengan Honda FC50 mungkin akan sedikit heran dengan bentuknya, pasalnya pada tampilan bodi motor mempunyai desain yang lebar dan juga terkesan jadul banget. Tidak seperti Honda Beat 2020 sekarang ini yang memiliki bodi ramping dan juga modern. Jadi tidak heran jika motor ini sedang banyak dicari, karena memiliki keunikan tersendiri.

Tak hanya memiliki desain bodi yang unik, Honda Beat 1983 memiliki spesifikasi mesin 2 tak dengan kapasitas sebesar 48 cc satu silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 7,2 PS (5,5 kW) serta dibekali dengan teknologi V-TACS (Variable Torque Amplification Chamber System) yang memiliki keuntungan dari menggunakan ruang ekspansi tanpa kehilangan daya di luar RPM yang disesuaikan dengan ruang ekspansi. Dan keren nya lagi motor ini pun sudah mengadopsi pendingin cairan yang terletak didalam bodi motor bagian depan. Dan berikut ini adalah tampilan Honda beat 1983 :

Tampilan Honda Beat 1983


Motor Honda Beat 1983
Honda Beat 1983

Depan

Diawali dengan tampilan motor Honda Beat 1983 yang memiliki desain lebar pada bagian depan dengan bentuk bodi yang kotak. Kalau dilihat-lihat pada bagian depan motor mirip seperti mobil, yang dibekali dengan dua buah lampu berbentuk kotak yang dipisah dengan air filter yang memanjang. Keunikan lainnya juga terletak pada bagian visor motor berwarna gelap yang didesain besar mengikuti lekukan bodi motor. Lalu pada kedua sisi bodi samping nya terdapat tiga garis yang berfungsi sebagai aerodinamis pada motor  dan juga ditambah dengan penggunaan sein yang terlihat jadul menghiasi pada bodi samping motor. Dilanjutkan pada area stang kemudi yang menggunakan cover head berbentuk kotak yang juga terdapat lampu senja pada sisi kanan dan kiri yang. Disisi lain, dengan penggunaan spion motor yang terlihat unik dengan bentuk kotak lebar yang membuat penglihatan sang pengendara lebih leluasa untuk melihat kendaraan yang ada dibelakangnya.

Belakang

Warna Honda Beat 1983
Warna Honda Beat 1983
Pindah kebagian tampilan belakang motor Honda Beat 1983 yang juga memiliki desain berbentuk kotak dengan tambahan pegangan besi stainless untuk membawa barang bawaan disaat berkendara. Dilanjutkan pada bagian spatbor belakang motor ini juga memiliki desain tampilan kotak lebar. Disisi lain jika kita perhatikan pada bagian stop lamp hampir mirip seperti stop lamp Yamaha Vega ZR yang memiliki desain tipis melebar, yang mana pada bagian tengah adalah lampu stop dan sisi kiri dan kanan adalah sein yang berbentuk segitiga.

Samping

Tampilan Honda Beat 1983
Tampilan Honda Beat 1983
Dilanjutkan pada bagian samping motor Honda Beat 1983 yang keseluruhan memiliki desain bodi yang kotak, mau dilihat dari depan atau pun samping tetap saja memiliki desain yang futuristik khas motor jadul dikala itu. Pada bagian bodi belakang terdapat stripping sticker minimalis dengan tulisan Honda Beat dan juga terdapat garis stripe yang menempel pada bagian bodi depan dan belakang motor. Disisi lain pada knalpot menggunakan knalpot motor 2 tak yang mana motor ini memiliki jenis mesin 2 tak, di bagian samping knalpot pun diberikan pelindung dengan desain yang panjang dan terdapat lubang-lubang sebanyak tiga buah. Lalu untuk desain jok motor yang digunakan hanya muat untuk satu orang saja,

Kaki-Kaki

Roda Honda Beat 1983
Bagian Roda Honda Beat 1983
Selanjutnya kita pindah ke kaki-kaki motor yang diawali dengan roda bagian depan, terdapat suspensi  atau shock yang menggunakan jenis teleskopik berwarna silver dan dilengkapi dengan spatbor sebagai penahan air ketika hujan. Pada bagian velg motor Honda Beat 1983 menggunakan jenis racing (Cast Wheel) yang miliki palang sebanyak sembilan buah yang melingkari pelek motor yang dibalur dengan warna emas (Gold) dan membuat tampilan nya sporty seperti pada motor yang menggunakan velg berwarna emas di jaman sekarang ini. Lalu pada bagian ban motor memiliki tampilan yang cukup lebar dengan motif kembang zig zag atau lebih mirip seperti ban vespa 2 tak. Pada pengereman depan masih menggunakan fitur lawas yakni rem tromol (Drum).

Pindah ke roda belakang motor, pada bagian suspensi belakang menggunakan jenis swing arm suspensi tunggal dan bagian velg maupun pengereman tetap sama seperti roda depan, dan juga untuk ukuran nya pun sama yakni 3.00-10 2PR untuk depan dan 3.00-10 2PR belakang.

Speedometer

Speedometer Honda Beat 1983
Speedometer Honda Beat 1983
Lalu pindah ke stang kemudi, terdapat speedometer dan juga tombol untuk mengopersikan motor atau pun lampu. Pada sisi kanan stang terdapat tombol starter untuk menghidupkan motor dan pada bagian atas merupakan tombol untuk menghidupkan lampu utama. Selanjutnya pindah kesisi kiri stang, di paling atas merupakan tombol untuk lampu dekat dan juga jauh, lalu di bagian tengah merupakan tombol sein, dan di bagian terakhir adalah tombol klakson.

Diteruskan pada speedometer motor yang memiliki desain klasik dan masih menggunakan jenis speedometer analog yang mana dengan informasi yang mudah dibaca, pada lampu indikator terdapat indikator oli, lampu jauh, dan sein. Disisi lain pada bagian analog terdapat empat bulatan besar dan kec, yang mana pada bagian bulatan kecil merupakan meter bensin dan yang satu ane kurang tau, mungkin para pembaca mengetahui nya. Dilanjutkan pada bulatan besar pada speedometer yang merupakan kecepatan motor dan RPM putaran mesin yang tergabung dengan lampu indikator V-TACS yang akan aktif jika pedal di injak.

Indikator V-TACS

V-TACH Hondq FC50
V-TACS Honda FC50
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada bagian speedometer motor Honda Beat 1983 terdapat lampu indikator yang merupakan teknologi V-TACS yang akan aktif apabila pedal pada pijakan kaki sebelah kiri di injak. Tentunya teknologi ini dapat memberikan torsi cukup besar di atas 5.500 rpm. Dan jika pedal diinjak di bawah rpm 5.500 maka torsi yang dihasilkan menjadi lebih kecil.

Bagasi Depan

Dasbord Honda FC50
Dashbord Honda FC50
Pada motor Honda Beat 1983 juga dibekali dengan bagasi depan yang cukul luas untuk menaruh barang bawaan yang diperlukan. Tentunya bagasi depan tersebut sangat berguna, pasalnya pada motor jaman sekarang ini juga dibekali bagasi depan dengan desain yang minimalis

CVT

CVT Honda FC50
CVT Honda FC50
Untuk bagian CVT motor memiliki profil yang tidak telalu berbeda dengan motor Honda matic terbaru sekarang ini. Meskipun desain penutup CVT dan juga filter box masih terlihat jadul, dan yang membedakan nya yakni bagian dalam.  Yang mana terdapat selang besar yang menjulur keluar dari bagian penutup dan terhubung antara mesin dan juga CVT. Jika kita perhatikan dengan jeli, diatas selang hitam terdapat kaburator yang terhubung dekat dengan fiter box.

Warna Honda Beat 1983

Setelah mencari tahu kesana-sini, ternyata Honda Beat 1983 atau bisa disebut juga Honda FC50 memiliki 3 warna saja dan ini menjadi warna pertam dan terakhir yang telah di produksi pabrikan Honda pada kala itu. Dan biar tidak semakin penasaran, bisa lihat langsung gambar motor nya dibawah sini:

Honda Beat 1983 Hitam

Spesifikasi Honda Beat 1983
Warna Motor Honda Beat 1983 Hitam
Untuk warna yang pertama terdapat warna Hitam mengkilap (glossy) yang diberikan striping sticker berwarna putih-merah dengan desain minimalis yang menempel pada bagian bodi belakang dan juga bodi depan motor.

Honda Beat 1983 Merah

Warna Honda Beat 1983
Warna Motor Honda Beat 1983 Merah
Lalu di ikuti dengan pilihan warna merah dan sedikit hitam pada bagian pijakan kaki pengendara dan juga air filter bagian depan motor. Terdapat striping sticker yang tulisan Honda Beat dibagian bodi belakang dan juga cover head stang kemudi dengan striping sticker berwarna putih dan abu-abu.

Honda Beat 1983 Putih

Honda FC50
Warna Motor Honda Beat 1983 Putih
Tak jauh berbeda dengan kedua warna sebelumnya, hampir seluruh bodi motor diberikan satu warna saja yakni putih. Dengan sedikit tambahan striping sticker yang menempel pada bodi motor.

Spesifikasi Honda Beat 1983

Pada spesifikasi motor Honda Beat 1983 menggunakan mesin jenis 2 tak, yang hanya memiliki kapasitas sebesar 48 cc dengan satu silinder berpendingin cairan. Dan di dukung dengan teknologi V-TACS (Variable Torque Amplification Chamber System) yang mampu memberikan torsi cukup besar pada 5.500 rpm atau pada kecepatan 35 km/perjam dengan kondisi pedal kaki di injak. Dengan jenis mesin yang digunakan, motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 7,2 PS (5,4 kW) dan tercatat mampu menempuh kecepatan tertinggi yakni 60 km / jam (37 mph) @ 11.000 rpm. Dan motor ini pun memiliki bobot kering seberat 60 kg dan basah seberat 65 kg.

Artikel Honda Beat Terbaru

Modif Beat Karbu
Modif Beat Karbu
Warna Honda Beat Street Terbaru
Warna Honda Beat Street Terbaru
Warna Honda Beat Terbaru
Warna Honda Beat Terbaru
Modif Beat Street
Modif Beat Street
Dan selesai sudah pembahasan tentang spesifikasi motor Honda beat 1983 yang mungkin bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca sekalian. Dan juga jangan lupa untuk berlangganan artikel DudungMaman07 untuk mendapatkan informasi unik lainnya tentang motor. Sekian dan terimakasih, Salam Satu Aspal.