Tampilan Honda Vario 125 Terbaru 2020 Pilihan Warna CBS dan CBS-ISS

Honda Vario 125 eSP - merupakan motor buatan pabrikan Honda yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia karena memiliki tampilan desain yang sporti abis. Terlebih dengan 5 warna terbaru yang telah diberikan oleh pabrikan motor, membuat pilihannya pun kian beragam yang terbagi menjadi tipe CBS dan CBS-ISS.

Tentunya kedua tipe tersebut memiliki kelebihan nya masing-masing, serta warna terbaru yang diberikan pun terdapat perbedaan, yang mana pada tipe CBS-ISS memiliki warna spesial yakni Matte (doff) sedangkan pada tipe CBS diberikan warna Metalic (glossy).

Daftar Isi :

Terlihat dari segi tampilan motor ini tak jauh berbeda dengan sang kakak yakni New Honda Vario 150 eSP dengan kapasitas mesin yang sedikit lebih besar. Meskipun terlihat mirip, tentunya terdapat perbedaan spesifikasi dan fitur yang tersemat pada masing-masing motor. Tak luput dengan pilihan warna yang diberikan, pada varian vario 150 eSP terdapat warna yang tidak dimiliki vario 125 terbaru yakni Exclusive Matte Silver (silver doff), Exclusive Matte Red (merah doff) dan Exclusive White (putih glossy).

Meskipun warna tersebut tidak dimiliki, namun pabrikan Honda membuatkan warna yang cukup menarik untuk Vario 125 tipe CBS yakni Advance Black Metallic (hitam glossy) dan Advance Red (merah glossy).

Tampilan Warna Vario 125 Terbaru 2020

Warna Vario 125 Terbaru
Warna Honda Vario 125 Terbaru CBS-ISS
Pada warna Vario 125 tipe CBS-ISS telah dibekali dengan logo 3 dimensi bertuliskan "VARIO" pada bagian bodi belakang dan juga "HONDA" pada bagian sayap depan. Yang membuat tampilannya layak seperti matic premium Honda lainnya. Dan tentunya pada tipe ini, dibekali dengan tiga warna doff yakni hitam doff, coklat doff dan terakhir biru doff

Sedangkan pada tipe CBS telah diberikan dua pilihan warna glossy (mengkilap) yang sudah ane sebutkan sebelumnya yakni hitam dan merah. Meskipun pada tipe ini tidak dibekali dengan logo 3 dimensi, tapi pabrikan Honda Motor telah memberikan stripping sticker dengan grafis garis tebal yang membuat tampilan nya kian sporti abis. Dan biar tidak semakin penasaran, langsung saja pada dua tipe warna CBS-ISS dan CBS.

Tipe Warna CBS-ISS

Tampilan Vario 125 CBS-ISS Advance Matte Black
Warna Vario 125 CBS-ISS Hitam Doff
Warna Motor Vario 125 Terbaru 2020 Hitam Doff
Diawali dengan Vario 125 tipe CBS-ISS yang memiliki warna Advance Matte Black atau biasa disebut juga hitam doff yang tampil memberikan kesan agresif pada motor. Warna kelam yang menempel pada bagian bodi motor ini selalu hadir pada varian motor apa pun dan juga menjadi warna yang sangat diminati banyak orang. Khususnya bagi para rider yang menyukai hitam doff, dapat memberikan kesan angker, agresif dan juga tegas saat mengendarai motor dengan warna tersebut. Dan warna ini pun juga digunakan pada motor honda lain nya seperti Honda Beat Street, Honda Beat, Supra X 125 FI dan juga CBR150R StreetFire.

Tampilan Vario 125 CBS-ISS Advance Matte Blue
Warna Vario 125 CBS-ISS Biru Doff
Warna Motor Vario 125 Terbaru 2020 Biru Doff
Selanjutnya Advance Matte Blue atau biru doff, merupakan warna yang sudah menjadi bagian kehidupan seseorang yang menyukai gaya fashionable pada tunggangannya. Dan lainnya, warna ini pun juga digunakan khusus nya pada motor matic honda seperti PCX 150, Vario 150 eSP dan juga termasuk Vario 125 terbaru. Dan untuk motor bebek atau sport honda di Indonesia belum mendapatkan warna tersebut, dan jika diterapkan pada Honda CB150R atau CBR150R tampilan nya mungkin jadi lebih keren dari vario 125 terbaru.

Tampilan Vario 125 CBS-ISS Advance Matte Brown
Warna Varii 125 CBS-ISS Coklat Doff
Warna Motor Vario 125 Terbaru 2020 Coklat Doff
Dan yang terakhir pada vario 125 tipe CBS-ISS mempunyai warna Advance Matte Brown atau coklat doff dengan perpaduan warna hitam dibeberapa bagian bodi motor. Sama hal nya seperti pada warna doff yang sebelumnya sudah disebutkan, pada warna kali ini terlihat lebih simpel dan elegan. Pasalnya pada bagian bodi motor tidak ada stripe sticker yang menempel, yang menjadikan tampilan warna motor lebih keluar tidak tertutup dengan stripe.

Tipe Warna CBS

Tampilan Vario 125 CBS Advance Black Metallic
Warna Vario 125 CBS Hitam Glossy
Warna Motor Vario 125 Terbaru 2020 Hitam Glossy
Pada tipe warna kedua yakni CBS, ada vario 125 dengan pilihan warna Advance Black Matallic atau Hitam Glossy (warna mengkilap). Sama hal seperti Hitam doff, pada waran kali hampir keseluruhan dibalur dengan warna hitam dari bagian kaki-kaki sampai bodi motor. Namun bedanya, warna ini dibeberapa bagian bodi motor telah ditambahkan pernis untuk bagian terluar nya dan menjadi glossy (mengkilap). Dan tentunya warna tersebut telah ditambahkan stripe berwarna merah dan sedikit warna putih bagian bodi depan dan belakang yang membuat tampilan nya jadi lebih sporti abis.

Tampilan Vario 125 CBS Advance Red
Warna Vario 125 CBS Merah Glossy
Warna Motor Vario 125 Terbaru 2020 Merah Glossy
Dilanjutkan dengan warna vario 125 CBS yang memiliki desain tampilan bodi yang terang yakni Advance Red atau Merah Glossy (Warna Mengkilap). Perpaduan warna merah dan hitam menjadikan warna ini begitu berbeda dengan yang lainnya, tampilan yang cerah dan dan ditambah penggunaan stripe dengan kelir hitam-putih pada bagian bodi depan dan belakang motor membuat tampilannya sedikit lebih mencolok.

Spesifikasi Motor Vario 125

Spesifikasi Mesin Motor Vario 125 Terbaru
Teknologi Yang Digunakan Mesin Vario 125 eSP
Dan berikutnya akan dilanjutkan pada bagian spesifikasi motor yang memiliki teknologi cukup mumpuni yang disematkan pada motor Vario 125. Pasalnya mesin yang digunakan memiliki kapasitas mesin 124,8 cc dengan jenis mesin yang digunakan yakni 4 langkah, SOHC berpendingin cairan. Tentunya dengan spesifikasi yang dimiliki, mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 8,2 kW / 8.500 rpm dan memiliki torsi sebesar 10,8 Nm / 5.000 rpm. Dan untuk lebih lengkap nya bisa melihat pada bagian tabel spesifikasi motor vario 125 terbaru dibawah sini :

Informasi Umum

Model All New Honda Vario 125 eSP
Kategori Matic

Mesin dan Transmisi

Isi Silinder 124,8 cc
Jenis Mesin 4-Langkah, Silinder Tunggal, eSP
Daya Maksimum 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm
Perbandingan Kompresi 11,0 : 1
Diameter Silinder 52, 4 mm
Langkah Silinder 57,9 mm
Katup Silinder 2 Katup
Sistem Bahan Bakar Programmed Fuel Injection (PGM-FI)
Kontrol Bahan Bakar SOHC (Single Overhead Camshaft)
Sistem Pendingin Cairan
Tipe Transmisi Otomatis ,V-belt
Jenis Pelumas Mesin Basah
Tipe Kopling Kopling Otomatis Sentrifugal
Gear BoxOtomatis

Rangka, Suspensi, Rem dan Roda

Jenis Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing Arm Dengan Suspensi Tunggal
Diameter Disc 190 mm (Front)
Rem Depan Disc Brake 
Rem Belakang Drum Brake
Sistem Pengereman Combi Brake System (CBS)
Ukuran Ban Depan 80/90-14
Ukuran Ban Belakang 99/90-14
Tipe Ban & Kompon Tubeless dan M/C
Batas Beban & Kecepatan ban 40P (Depan) dan 46P (Belakang)
Tekanan Angin 29 Psi (Depan) dan 33 Psi (Belakang)
Jenis Velg Cast Wheel

Dimensi dan Kapasitas

Panjang 1.919 mm
Lebar 679 mm
Tinggi 1.062 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 132 mm
Tinggi Tempat Duduk 769 mm
Curb Weight 111 kg
Kapasitas Bahan Bakar 5,5 Liter
Kapasitas Oli Mesin 0,8 Liter pada penggantian periodik

Kelistrikan

Tipe Busi NGK CPR9EA9 / Denso U27EPR9
Tipe Aki MF 12V-5 ah
Lampu Depan LED 2,2W x 2 (low) dan 4,4W x 2 (high)
Tipe Starter Electric Starter
Sistem Pengapian Full Transisterized

Baca Juga : Ukuran Ban Dan Tekanan Angin Vario 125 eSP Yang Ideal

Fitur Motor

Pada bagian fitur motor Vario 125 telah dibekali dengan teknologi untuk menunjang keamanan dan juga kenyamanan berkendara. Di antara nya fitur tersebut yang sudah disebutkan dibawah:

CBS

Combi Brake System (CBS) merupakan fitur unggulan yang dimiliki pada kedua tipe Honda Vario 125. Tentunya fitur ini menjadi keamanan dalam berkendara, karen memiliki fungsi untuk memberikan pengereman yang optimal dengan menggabungkan rem depan dan belakang. Apabila rem belakang ditarik, secara otomatis tuas rem depan akan bekerja secara bersamaan dengan rem belakang motor.

ISS

Dan fitur selanjutnya ada yang nama nya Idling Stop System (ISS), yang merupakan fitur premium yang hanya diberikan pada Honda Vario 125 Terbaru tipe CBS-ISS. Tentunya fitur unggulan ini memiliki manfaat untuk menghemat bahan bakar motor dengan cara menghidupkan tombol ISS pada bagian stang kemudi kanan dan disaat motor berhenti lebih dari 3 detik tanpa membuka atau memutar grip gas, maka secara otomatis ECU akan memerintahkan mesin untuk dimatikan. Dalam kondisi mesin mati dan grip gas diputar, maka secara otomatis mesin akan menyala kembali.

ACG Starter

Fitur yang kini sudah banyak dipakai pada motor matic generasi terbaru Honda yakni ACG Starter (Alternating Current Generator) yang memiliki manfaat untuk mengurangi suara berisik dan juga getaran saat motor dihidupkan dengan elektrik starter. Dan manfaat lain yakni menjamin perawatan dinamo motor karena tidak menggunakan brus yang biasanya hanya ada pada dinamo biasa.

PGM-FI

Teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) sudah lama disematkan pada motor keluaran honda mulai dari bebek, matic atau pun sport, yang tentunya wajib ada di motor-motor yang akan di jual kepasaran. Karena teknologi ini merupakan sistem bahan bakar yang di kontrol secara elektronik dan mampu memberikan asupan bensin dan juga oksigen secara optimum untuk memenuhi kebutuhan mesin motor di setiap kondisi apapun.

eSP

Teknologi eSP (Enhanced Smart Power) merupakan mesin Honda generasi terbaru yang menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara. Tentunya fitur ini didukung dengan fitur lainnya seperti contoh PGM-FI, ISS atau pun ACG Starter.

Secure Key Shutter

Kunci kontak motor vario 125 dibekali dengan fitur unggulan yakni secure key shutter yang membuat motor jadi lebih aman saat sedang diparkir. Pasalnya fitur ini dilengkapi dengan alarm anti maling yang dapat menjaga motor dari resiko pencurian, dan juga dilengkapi dengan Answer Back System untuk memudahkan sang pengendara mencari kendaraannya diparkiran yang luas dengan banyaknya motor yang terparkir. Lalu di bagian samping kunci kontak dilengkapi dengan fitur tombol pembuka bagasi motor, agar tidak terlalu repot saat membuka bagasi, karena posisi nya sudah ada dihadapan pengendara.

Digital Speedometer

Pada bagian speedometer dilengkapi fitur full digital, dengan memiliki layar Multi Information Display (MID) yang didalam nya tertera banyak informasi motor yang dapat dilihat pengendara. Dengan mempunyai background layar berwarna biru gelap dan data informasi motor berwarna putih terang membuat tampilan speedometer kian elegan. Informasi yang dapat ditampilkan pada bagian lampu indikator seperti sein kiri, kunci remote, lampu jauh, check engine, indikator suhu, indikator ISS, indikator aki dan terakhir adalah sein kanan. Tentunya dengan desain speedometer yang compact membuat bagian LCD berisi informasi beragam seperti konsumsi bahan bakar, jam digital, speedometer, tripmeter, pergantian oli, indikator tegangan aki.

Lampu LED

Fitur lampu yang digunakan pada motor vario 125 terbaru ini memakai jenis lampu LED (Light Emitting Diode) yang membuat penerangan lebih maksimal saat berkendara dimalam hari. Tak hanya memiliki fitur lampu yang modern, namun desain tampilannya kian sporti abis. Pada bagian depan memiliki desain tampilan headlamp yang tipis dan terbagi menjadi 2 bagian atau disebut juga dengan Dual Keen Eyes Headlight yang memiliki daya listrik lebih hemat sebesar 2,2W x 2 untuk bagian lampu jarak dekat dan 4,4W x 2 untuk lampu jarak jauh, lalu di atas nya lampu utama terdapat lampu DRL (Daytime Running Light) atau lampu siang hari untuk meningkatkan visibilitas berkendara disiang hari dan juga tampak lampu sein yang menyatu dengan DRL. Dilanjutkan dengan desain stoplamp motor yang memiliki tampilan modern, dengan desain tipis dan menggunakan lampu LED ditambah dengan penggunaan lampu sein yang terpisah dengan stoplamp yang membuat tampilan nya kian sporti yang dipadukan dengan desain spatbor gantung.

Kapasitas Bagasi

Kenyamanan pun diberikan kepada pengendara disaat sedang membawa barang bawaan yang cukup banyak dan bisa diletakan pada bagasi motor yang memiliki kapasitas 18 liter. Tentunya dengan kapasitas sebesar itu bisa untuk memasukan satu helm full face didalam nya dan juga dengan barang bawaan lainnya.

Rak Bagian Depan

Tak hanya bagasi saja yang berfungsi untuk menaruh barang bawaan, tapi pada bagian dashboard motor terdapat dua rak untuk membawa barang dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Dan tentunya rak tersebut terbagi menjadi dua bagian yakni kiri dan kanan.

Pengaman Standar Samping

Demi menunjang keamanan disaat menggunakan motor, pabrikan Honda telah membuatkan pengaman standar samping atau disebut juga dengan Side Stand Switch. Yang mana disaat standar samping diturunkan maka fitur ini akan bekerja, dengan cara memutuskan arus listrik dari kontak motor. Sebelum standar samping dinaikan motor tidak akan bisa dihidupkan meskipun berkali-kali melakukan starter.

Pengunci Rem Belakang

Layak nya seperti rem tangan mobil, pada bagian rem belakang motor vario 125 terbaru dilengkapi dengan fitur pengunci rem atau disebut juga dengan Brake Lock yang mudah dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan.

Harga Motor Vario 125 Terbaru

Tipe CBS-ISS

Rp 20.600.000

Tipe CBS

Rp 21.505.000
Pada harga kedua tipe motor vario 125 terbaru ini terdapat sedikit perbedaan yakni sekitar Rp 895.000. Dengan tipe CBS-ISS memiliki harga yang lebih tinggi karena telah dibekali dengan fitur ISS dan juga penggunaan warna doff pada bodi motor. Tentunya harga vario 125 terbaru ini merupakan OTR Jakarta yang sewaktu-waktu juga dapat berubah. Dan sebagai bahan pertimbangan disaat membeli motor ini, lihat juga artikel mengenai warna vario 150 eSP, karean kedua motor pabrikan Honda ini memiliki tampilan yang tak berbeda jauh atau bisa dikatakan kembar siam.

Motor Honda Vario 150 eSP

Warna Honda Vario 150 eSP Terbaru
Warna Motor Honda Vario 150 eSP
5 warna Honda Vario 125 terbaru memang terlihat cukup dan juga desain tampilannya tak berbeda jauh dengan motor varion 150 eSP, namun pabrikan motor telah memberikan 6 tipe warna eksklusif yang berbeda-beda dan bisa menjadi pebandingan untuk kalian yang ingin membeli motor kembar siam ini.