Pilihan Minyak Rem Motor Yang Bagus Dot 3 4 atau 5

minyak rem motor yang bagus

Pilihan Minyak Rem Motor Yang Bagus Dot 3 4 atau 5 - Halo sobat Duman, perlu di ketahui engga cuman oli mesin yang selalu diganti. Tapi oli rem atau minyak rem juga perlu diganti agar cara kerja rem jadi lebih maksimal sobat Duman. Karena hampir kebanyakan motor sekarang sudah menganut sistem pengereman disk brake pada bagian depan maupun bagian belakang.

Daftar Isi
  1. Arti Kode DOT
  2. Perbedaan Setiap Kode DOT
  3. Minyak Rem DOT 3
  4. Minyak Rem DOT 4
  5. Minyak Rem DOT 5
  6. Minyak Rem DOT 5.1
  7. Tips

Bagi sobat Duman yang ingin mengganti minyak rem motor yang bagus pada motor kesayangan sobat, sebaik nya kenali dulu kode DOT berapa yang cocok untuk pengereman motor sobat. Karena setiap kode DOT minyak rem mempunyai komposisi  yang berbeda dan juga kegunaannya. Jadi engga semua minyak rem bisa diaplikasi ke pengereman motor sobat, karena sudah ada standar kode DOT minyak rem yang ditentukan oleh pabrikan disetiap motor yang diproduksinya.

Arti Dari Kode DOT

Sebelum kepokok pembahasan minyak rem motor yang bagus, kita kenali dulu apa itu DOT. Kode DOT merupakan kepanjangan dari kata United States Department of Transport. Yang artinya jika kita perhatikan, bahwa spesifikasi minyak rem motor yang ditentukan oleh DOT. Dan Dimana semakin besar angka DOT nya maka semakin tinggi titik didihnya pada minyak rem.

Baca juga : Penyebab Air Radiator Cepat Habis Pada Motor Vixion

Kode DOT pada minyak rem itu sendiri terbagi menjadi empat jenis minyak rem motor yang sering digunakan. Mulai dari kode DOT 3, DOT 4, DOT 5 dan DOT 5.1 setiap kode DOT diatas memiliki tingkat titik didih yang berbeda-beda sobat Duman. Dan juga ada satu lagi DOT 2 tapi tidak akan saya jelaskan disini.

Perbedaan Setiap Kode DOT

minyak rem motor yang bagus

Setiap kode DOT minyak rem memiliki kelebihan dan kekurangnya masing - masing mulai dari minyak rem DOT 3, DOT 4, DOT 5, dan DOT 5.1. Berikut perbedaan di setiap kode DOT minyak rem :

Minyak Rem DOT 3

Perlu sobat Duman ketahui minyak rem DOT 3 merupakan minyak rem yang umum nya banyak digunakan pada kendaraan motor di indonesia. Isi kandungan minyak rem DOT 3 ini terdapat glycol ether. Dry Boiling Point minyak rem ini mencapai 205°C dan kelebihan minyak rem ini mudah didapatkan dan harganya pun murah. Kekurangn DOT 3 mudah menyerap air dan dapat merusak komponen pengereman motor sobat Duman apabila air sudah masuk.

Minyak Rem DOT 4

Pada minyak rem DOT 4 banyak digunakan pada motor berkapasitas seperempat liter sampai moge, karena pengereman pada motor ini lebih berat sobat Duman. Kandungan pada minyak rem DOT 4 ini terdapat glycol ether atau Borate Ester, Untuk Dry Boiling Point minyak rem DOT 4 ini bisa mencapai 230°C sobat Duman. Kelebihan minyak rem ini mudah didapatkan dan titik didih nya lebih besar dari minyak rem DOT 3.

Baca juga : Perlu Diketahui - Ganti Oli Motor Matic Yang Ideal Berapa KM
Tapi pada minyak rem DOT 4 juga memiliki kelemahannya sobat Duman, harga nya lebih mahal dari minyak rem DOT 3. Dan juga masih bisa menyerap air.

Minyak Rem DOT 5

Pada kode DOT 5 ini sebenernya diperuntukan pada kendaraan yang lebih berat, karena minyak rem DOT 5 ini bahan utama nya adalah silicon yang tidak mudah menyerap air sobat Duman. Dan untuk Dry Boiling Point nya mencapai 260°C, kelebihan dari minyak rem DOT 5 ini tidak midah menyerap air dan dapat digunakan pada suhu yang lembab.

Namun juga banyak kekurangnya dari DOT 5 ini. Harga nya lebih mahal dari minyak rem DOT 3 maupun DOT 4. Daya pelumasan kurang baik karena tidak ada kandungan glycol ether yang membuat rem jadi lebih keras dan harus ekstra saat menekan rem.

Karena tidak terdapat kandungan glycol ether tidak dianjurkan untuk digunakan pada rem ABS.

Minyak Rem DOT 5.1

Perlu diketahui sobat Duman bahwa minyak rem DOT 5.1 hampir sama seperti DOT 3 dan DOT 4 yang terdapat kandungan glycol ether. Namun minyak rem DOT 5.1 memiliki titik didih yang lebih tinggi, bisa mencapai 260°C. Kelebihan dari minyak rem DOT 5.1 ini punya kualitas yang lebih baik. Dan untuk kekurangannya minya rem ini dapat menyerap air sobat Duman. dan juga harga nya cukup mahal.

Tips

Gimana sobat Duman, jadi untuk minyak rem motor yang bagus harus piih yang sesuai dengan spesifikasi pengereman motor kalian.

Semoga artikel ini bisa jadi bermanfaat. Mohon dikoreksi bila ada kesalahan dalam artikel ini.

Baca juga : Perlu Diketahui Cara Mengatasi Baut Oli Motor Slek