Perlu Diketahui - Ganti Oli Motor Matic Yang Ideal Berapa KM

ganti oli motor matic

Duman - Waktu Ideal Mengganti Oli Motor Matic Berapa Km.

Halo brosist hampir setiap hari motor selalu digunakan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari, agar menempuh jarak yang jauh dengan cepat. Tapi perlu diingat brosist, pada motor matic juga perlu perawatan agar motor engga gampang rusak. Satu hal kecil yang bisa di lakukan adalah dengan mengganti oli motor terbaik.

Perlu diketahui juga brosist fungsi dari oli mesin motor itu sendiri sebagai bahan pelumas mesin, agar motor bisa berjalan dengan baik dan nyaman. Selain sebagai pelumas mesin, Oli mesin juga bisa sebagai berikut:

  • Sebagai pendingin mesin motor.
  • Mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain.
  • Sebagai peredam getaran mesin.
  • Sebagai pengisi celah antara piston dengan silider.
  • Sebagai pembersih kotoran mesin motor.

Aturan Mengganti Oli Motor Matic

aturan mengganti oli motor matic injeksi

Dalam mengganti oli motor matic ada sebuah aturan nya juga yang perlu diketahui brosist. Setiap pabrikan membuat mesin motor dengan karakter yang berbeda-beda spesifikasinya. Dengan kata lain jangan sembarangan memilih jenis oli pada motor kesayangan brosist jadi cari lah oli motor terbaik yang cocok untuk tipe motor matic brosist.

Baca juga : Tips Merawat Rangka Deltabox

Yang kedua ini sebenarnya tidak di anjurkan buat gonta-ganti jenis oli pada motor matic brosist agar engga ngerusak mesin motor. Tapi kalo brosist ingin mengganti juga engga apa asalkan dengan proses flushing oli mesin.

Ganti Oli Motor Matic Yang Idela


Bagi brosist yang belum mengetahui ganti oli motor matic sebaiknya berapa bulan sekali.? Penggantian secara rutin pada oli mesin motor matic atau pun gardan akan membuat komponen menjadi tahan lama dan tidak mudah rusak.
  • Untuk idealnya ganti oli motor metic pada umumnya per 2000 - 4000km brosist.
  • Untuk jarak tempuh setiap hari nya 30-50km perhari, sebaiknya ganti oli motor matic brosist setiap 2 bulan sekali.
  • Untuk jarak tempuh setiao hari nya diatas 50 - 100km perhari, dianjurkan ganti oli motor matic brosist sebulan sekali.
  • Untuk opsi yang ini biasa nya para petouring brosist, karena untuk jarak tempuh sampai setiap hari 200 km perhari sangat di anjurkan ganti oli motor matic broaist 2 minggu sekali.

Ganti Oli Gardan Motor Matic Yang Ideal



Perlu diketahui brosist untuk oli gardan motor matic memiliki siklus pergantian  yang beda dibandingkan dengan oli mesin. Memiliki siklus pergantian Dua kali ganti oli mesin, sekali ganti oli gardan. Jadi kalo brosist sudah ganti oli mesin 2 kali sesuai dengan pemakaian, maka itu waktu yang ideal untuk ganti oli gardan.
Ada pun ciri ciri motor harus ganti oli gardan yaitu timbul bunyi pada bagian gear rasio yang cukup mengganggu brosist.
Tapi untuk ciri ciri seperti itu harus dihindarkan brosist agar tidak merusak gear rasio motor. Ganti lah oli gardan motor matic sesuai ketentuan dan pemakaian brosist.

Akibat Telat Ganti Oli Motor Matic

Nah untuk brosis yang jarang ganti oli atau telat ganti oli motor matic engga sesuai dengan ketentuan. Akibatnya cukup fatal untuk motor matic brosist. Berikut akibat telat ganti oli motor matic:
  • Tarikan mesin jadi tersa lebih berat.
  • Bahan bakar akan lebih boros.
  • Komponen mesin akan lebih mudah rusak dan jadi lebih pendek umur mesin.
  • Mesin motor akan udah panas atau overheating.
Sekaian brosist mengenai informasi ganti oli motor matic yang ideal. semoga jadi bermanfaat buat brosist semua.

Baca juga : Penyebab Air Radiator Cepat Habis Pada Motor Vixion