Perlu Diketahui Cara Mengatasi Baut Oli Motor Slek

cara mengatasi baut oli slek

Perlu Ketahui Cara Mengatasi Baut Oli Motor Dol. Duman - Mungkin brosist pernah mengalami saat enak-enaknya bongkar motor ada ajah baut yang susah dibuka. Saking susah baut di buka, sampai akhirnya baut motor pun rusak,slek atau dol. Kalo udah gini kadang bikin males buat bongkar motor.

Daftar Isi :

  1. Cara Mengatasi Baut Oli Motor Slek
  2. Penyebab Baut Slek/Dol
  3. Alat Dan Bahan Untuk Digunakan
  4. Cara Mengatasi Baut Slek
  5. Tabel Torsi Baut
  6. Penggunaan Tools Berkualitas Bagus
  7. Tips Terakhir
Tapi jangan patah semangat brosist ada cara nya mengatasi baut oli motor dol atau slek, meskipun baut motor slek atau dol harus tetap semangat buat bongkar si motor kesayangan. Masa sama satu baut udah kalah. hehhe bercanda brosist.

Cara Mengatasi Baut Oli Motor Slek

Semua masalah pasti ada solusinya brosist tinggal kita bagaimana menyikapinya. Perlu diketahui juga brosist  cara mengatasi baut oli motor slek itu mudah saja. Nah kali ini ane akan kasih tips cara mengatasi baut oli motor slek dan juga penyebab baut susah di buka hingga sampai dol atau selek. Contohnya dalam kasus kali ini pada baut pembuangan oli motor.

Penyebab Baut Slek/Dol

  1. Penyebab pertama bikin baut oli slek, kemungkin baut sudah tidak bagus.
  2. Penyebab kedua  baut oli slek, saat pemasangan baut melebihi torisi tau terlalu kencang.
  3. Penyebab ketiga baut oli slek adalah saat membuka baut tidak menggunakan tools yang sesuai.
  4. Dan peyebab yang ke empat adalah saat membuka baut tidak dalam posisi yang tidak sesuai atau kurang pas antara kunci dan baut.

Alat dan  Bahan Untuk Digunakan

Alat dan bahan yang digunakan cara mengatasi baut oli slek cukup mudah brosist. berikut daftarnya:
  1. Bahan yang harus disiapkan oli baru, tapi jika oli yang lama masih bagus bisa digunakan lagi.
  2. Siapkan wadah bersih untuk menampung oli
  3. Siap kan baut baru sesuai dengan ukurannya dengan kualitas yang bagus.
  4. Siapkan corong.
  5. Siapkan palu atau martil.
  6. Obeng ketok/ketrik.

Cara Mengatasi Baut Oli Motor Dol/Slek 

cara mengatasi baut oli motor slek
Contoh pada gambar cara mengatasi baut oli motor dol merupakan baut tap pada pembuangan oli ini sudah dol/slek. Namun  baut oli ini lebih enak brosist, apabila baut sudah slek bisa ketok pada tonjolan yang ada dipinggir nya brosist. Sedangkan untuk baut oli yang biasa kita harus membuat garis pada baut agar saat diketok, obeng engga meleset dan baut pun berputar.
  1. Hal pertama adalaha kondisi mesin motor dalam keadaan dingin atau engga panas.
  2. Pada baut oli biasa hal yang harus brosist lakukan adalah cari posisi yang enak saat membuat alur atau garis pada kepala baut menggunakan obeng ketrik dan palu.
  3. Setelah alur atau garis pada baut sudah terbuat, ketok secara perlahan maka baut akan berputar. Tapi terkadang ada juga baut oli yang susah saat ketok. Usahakan ketok bautnya sedikit lebih keras, tapi jangan terlalu keras juga brosist takutnya malah crankcase mesin malah rusak.
  4. Saat baut sudah sedikit berputar siapkan wadah untuk menampung oli mesin. Setelah itu putar baut oli motor sampai lepas, biar oli mesin keluar.
  5. Setelah oli sudah engga keluar lagi, ganti baut oli motor dengan yang baru.
  6. Hal yang perlu di ingat saat memasang baut harus dalam posisi pas atau engga miring.
  7. Gunakan kunci shock yang berkualitas bagus brosist biar baut engga slek. Setelah itu putar baut searah jarum jam.
  8. Dalam hal mengencangkan baut gunakan filling yang pas brosist. Karena apabila terlalu kencang baut bisa slek lagi atau bisa juga patah. Dan juga kalo terlalu kendor baut akan mudah terlepas akibat dari getaran mesin.
  9. Tuangkan kembali oli mesin dan gunakan juga corong agar mempermudah saat menuangkan oli.

Tabel Torsi Baut

ukuran torsi kekencangan baut
Nah biar menambah sedikit wawasan, perlu diketahui juga brosist setiap ukuran baut memiliki torsi kekencangan masing-masing. Contoh seperti gambar diatas terdapat ukuran dan juga letak baut yang berbeda-beda.
Kalo dalam hal mengencangkan baut ada tools yang menggunakan torsi kekencangan, jadi kita bisa tau berapa torsi kekencangan bautnya. Namun untuk tools yang ada torsi kekencangan cukup mahal brosist.

Penggunaan Tools Berkualitas Bagus

Cara mengatasi baut oli motor slek kaya nya lebih bagus menggunakan tools yang bagus. Dan banyak merk tools dengan kualitas yang bagus yang dijual online atau pun ditoko-toko. tapi brosist juga harus jeli dalam memilih tools dengan kualitas bagus bukan yang palsu. Berikut tools yang ane rekomendasikan dengan kualitas baik.
  1. Klein Tools
  2. Ratchet
  3. Tekiro
  4. Aigo
  5. Multi Pro
  6. Lipro

Tips Terakhir

Dan tips dari ane dalam hal cara mengatasi baut oli motor slek adalah jangan lupa siapin kopi dan juga cemilan sebelum melakukan kegiatan biar lebih santai brosist. Artikel Lain : Baca juga : Penyebab Kipas Radiator Jupiter Tidak Berputar Baca juga : Penyebab Air Radiator Cepat Habis Pada Motor Vixion Baca juga : Kunci Kontak Motor Patah Didalam Jangan Panik Baca juga : Perlu Diketahui - Ganti Oli Motor Matic Yang Ideal Berapa KM