Tips Membeli Motor Bekas Aman Bagus dan Tidak Tertipu

tips membeli motor bekas

Tips membeli motor bekas

Halo brosist jaman sekarang ini motor sudah banyak digemari oleh kalangan muda atau tua, dari yang sekedar digunakan untuk aktivitas sehari-hari bahkan sampai ada yang dikoleksi brosist. Karena memang sebuah motor sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang mobilitas kita dalam beraktivitas seperti berangkat ngantor, ojek online, dan buat touring bareng kawan-kawan seperguruan.

Tips Membeli Motor Bekas.
Nah di Indonesia sendiri brosist, cukup banyak motor bekas yang bagus di perjual beli kan dengan harga yang cukup murah dan ada juga yang lumayan mahal.Balik lagi kekondisi motor,  harga pasaran dan juga kualitas motor itu sendiri brosist.

Tips beli motor bekas.
Tapi tak jarang ada saja penjual yang nakal, dengan cara mempercantik penampilan bodi motor dan bagian luar mesin. Tapi untuk daleman mesinnya udah umbrol atau udah banyak yang diganti dan kurang berkualitas. Jadi ketika ada pembeli yang tidak mengerti seluk beluk tentang motor akan terasa dirugikan.

Dengan adanya artikel ini, ane berikan penjelasan mengenai tips membeli motor bekas dan cara memilih motor bekas yang bagus, agar brosist tidak rugi saat ingin membeli sebuah motor yang brosist idamkan.

Tips Membeli Motor Bekas

Dalam hal memilih sebuah motor, sebaiknya perhatikan bagian yang harus dicek saat beli motor bekas brosist. Agar brosis bisa mendpatkan motor bekas yang bagus dan juga berkualitas top ples. Berikut ulasannya brosist:

Pilih Jenis Motor Yang Sesuai Kebutuhan

pilih jenis motor yang sesuai kebutuhan

Terlebih dahulu Hal pertama yang harus brosist lakukan adalah memilih jenis motor bekas yang akan brosist pakai buat riding sehari-hari, Entah itu jenis motor matic, bebek, atau pun motor gede. Tapi balik lagi sesuai dengan kantong dan juga perekonomian brosist, agar kelak nanti bisa merawat motor yang brosist beli. Jangan nanti nya setelah beli motor langsung jual lagi karena engga sesuai selera dan biaya perawatan motor yang mahal.

Harga Pasaran Motor Bekas

harga pasaran motor bekas

Setelah brosist memilih jenis motor yang sesuai kebutuhan, alangkah baiknya brosist mencari tau harga pasaran motor bekas yang sudah brosist pilih motor nya.
Supaya engga mengeluarkan buged yang berlebih dan juga hemat di kantong brosist. Kan lumayan kalo ada sisa nya, bisa buat beli aksesoris motor atau sperpart motor yang sudah masa pakai.

Cari Penjual Motor Bekas Terpercaya

cari penjual kendaraan bekas terpercaya

Alangkah baik nya brosist cari penjual motor bekas terpercaya, karena engga sedikit pula oknum penjual motor bekas menyulap motor yang tadinya rusak jadi terlihat bagus lagi. Oleh sebab itu brosist bisa pilih showroom motor bekas yang predikat penjualannya terpercaya. Ya bisa juga beli motor bekas dari temen brosist yang sudah dikenal.

Cek Kondisi Fisik Motor

cek kondisi fisik motor

Dalam hal membeli motor bekas yang bagus ini bagian yang paling penting, brosist harus bener-bener detail dalam memperhatikan kondisi fisik motor yang akan dibeli.

Karena sering juga penjual motor mengakali motor bekas yang akan di jual dengan berbagai cara mulai dari mempercantik bagian bodi motor dan memperhasul suara mesin motor dengan menambahkan oli yang berlebih agar suara motor yang tidak terdengar.
Tips membeli motor bekas dengan memperhatikan bagian-bagian berikut:
  • Tips pertama yang perlu brosist perhatikan adalah bodi motor dan warna cat. Sejati nya kita pengen beli motor dengan bodi yang mulus dan warna cat nya masih oke. kekurangan beli motor bekas engga menutup kemungkinan terdapat sedikit lecet pada bodi motor, tapi dalam batas wajar ya brosist kalo udah engga wajar mending cari yang lain.
  • Tips membeli motor bekas kedua adalah cek kesejajaran setang kemudi dengan roda depan, jika engga sejajar kemungkinan komstir motor sudah rusak akibat crash atau kecelakaan yang cukup fatal. Dan saat motor dikendarai bakalan terasa tidak nyaman.
  • Tips ketiga adalah cek bagian sperpart motor apakah menggunakan masih menggunakan bawaan pabrik atau sudah di ganti dengan sperpart aftermarket yang mana harganya lebih murah. Contohnya yang sering terjadi pada bagian knalpot motor standar pabrikan di ganti dengan knalpot aftermarket yang jauh lebih murah.
  • Tips keempat, untuk brosist yang ingin membeli motor matik bekas injeksi hal yang perlu diperhatikan adalah cek injektor dan ECU pada motor tersebut brosist apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk hal mengecek injektor dan ECU berfungsi atau tidaknya sebaiknya bawa kedealer motor terdekat karena mereka punyai alat untuk pengecekan.
Dan jika brosist ingin membeli motor laki, sebagai contoh membeli motor bekas yamaha vixion hal yang harus brosist lakukan adalah mengecek bagian tanki  bensin motor tersebut, karena posisi tanki bensin yang berada diluar. Tidak menutup kemungkinan bagian dalam tangki mengalami indikasi karatan karena usia pakai motor. Dan cek bagian pompa bensin apakah berfungsi seperti seharusnya.
  • Tips membeli motor bekas kelima adalah cek bagian kelistrikan motor apakah berfungsi seperti seharusnya. Nyalakan semua bagian lampu motor mulai dari lampu depan, belakang dan sein. Periksa juga bagian starter, klakson dan engine stop. Jika brosist kurang yakin langsung cek kebagian intinya yaitu kiprok, sepul dan juga aki motor.
  • Tips keenam adalah cek bagian mesin motor, cermati dalam mengecek bagian ini brosist. Karena mesin motor yang bagus suara akan halus dan suaea mesin motor kasar ditandakan ada part yang rusak dan bisa juga sudah pernah turun mesin. Saat pertama kali motor dinyalakan, maka motor akan lamsam seperti seharunya diputaran 1500rpm. Tak lupa untuk mengecek bagian oli motor brosist , karena biasanya penjual menambahkan oli melebihi batas pengisian, agar mesin motor terdengar halus.
  • Tips ketujuh adalah bagian pada speedometer pada motor entah itu analog atau pun digital, banyak juga kasus odometer atau kilometer motor direset ulang. Sehingga motor seperti jarang dipakai dengan kilometer yang rendah. Jangan lupa untuk mengecek bagian indikator pada speedometer apakah berfungsi seperti seharusnya meliputi indikator bensin, lampu jauh, dan sein.

Dan untuk motor jaman sekarang ini terdapat indikator ABS, suhu radiator dan juga oli.

Uji Jalan motor

test drive kendaraan motor

Tips membeli motor bekas dengan cara meminta kepada penjual untuk melakukan uji jalan motor agar brosist bisa merasakan apakah motor stabil saat di jalankan pada bagian shock dan stang motor. Dengan melakukan uji jalan motor bosist mencari tau apakah terdapat suara kasar pada bagian roda, gear dan ranti motor. Uji juga pengereman motor khususnya untuk motor dengan fitur ABS apakah berfungsi normal atau tidak.

Periksa Kelengkapan Surat Motor

periksa kelengkapan surat motor

Setelah brosist mengecek kondisi fisik motor, Yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengecek surat-surat motor apakah sesuai dengan nomer rangka dan nomer mesin motor, jika tidak sesuai takutnya motor tersebut adalah curian.
Dan juga jangan lupa untuk mengecek pajak motor tersebut apakah mendekati expired atau sudah mati total.

Cara Mendapatkan Motor Bekas Murah

Tips membeli motor bekas terakhir adalah brosist bisa lakukan negosiasi harga motor yang akan dibeli agar mendapatkan harga yang cukup murah.

Dalam hal membeli sebuah motor bekas alangkah baik nya brosist cermati terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang sesuai. Dan alangkah baiknya jika brosist kurang mengerti seluk-beluk motor, sebaiknya ajak temen mengerti tentang permotoran atau engga brosist bisa bawa kebengkel remsi untuk mengecek motor bekas yang akan dibeli.

Baca juga : Perlu Diketahui - Ganti Oli Motor Matic Yang Ideal Berapa KM
Baca juga : Kunci Kontak Motor Patah Didalam Jangan panik
Baca juga : Jenis-jenis rantai motor
Baca juga : Penyebab Air Radiator Cepat Habis Pada Motor Vixion
Baca juga : Syarat Bayar Pajak Motor Online Terkini