Kunci Kontak Motor Patah Didalam Jangan panik

Dudungmaman - Kunci Kontak Motor Patah Didalam.

Halo brosist kadang kalo lagi apes datenganya engga bisa diperkirakan, entah itu lagi dijalan dan tidur ajah juga bisa kena apes brosist. Tapi kali ini apesnya abis isi bensin dan mau tutup tanki, akhirnya kunci pun patah gara-gara tempat kunci keras saat diputar. Nama nya apes emang engga diperkirakan waktu datang nya, malah lagi dijalan dan engga bawa kunci serep.

Baca juga : Penyebab Air Radiator Habis Pada Motor Vixion

Nah kira-kira brosist ada pengalaman seperti itu. Jika pernah atau pun belum sebaik nya diantisipasi agar kunci kontak motor engga mudah patah. Gimana cara nya agar kunci jadi awet dan engga kena apes kunci motor patah saat dijalan.

Penyebab Kunci Motor Patah

Penyebab Kunci Kontak Motor Patah

Yang pertama yang harus dilakukan sebelum kunci motor patah brosist harus mengenali penyebab anak kunci bisa patah brosist. Untuk penyebab yang biasanya sering terjadi macet pada rumah kunci kontak motor brosist dan juga keras saat anak kunci diputar.

Dikarena kan rumah kunci tidak dilumasi sehingga jadi seret atau keras saat diputar dan juga banyaknya kontoran didalamnya karena jarang dibersihkan.
Dan juga bisa dikarena air hujan yang masuk lubang rumah kunci sehingga lama kelamaan jadi seret. Biasanya pada motor yang rumah kunci posisi rebah.
Nah kalo sudah seperti itu sebaiknya jangan di paksain putar anak kunci brosist.  Jika di paksa putar, tau sendiri akibatnya anak kunci bisa bengkok. Kalo bengkok sedikit masih mending brosist, bisa diakali dulu tapi kalo sudah patah. Urusannya jadi repot karena patahannya ada didalem.

Tips Merawat Kunci Motor

Balik lagi brosist, jadi kalo sudah tau penyebabnya langsung d tidak lanjuti agar tidak terjadi kunci patah pada motor kesayangan brosist.
  • Tips pertama yang harus brosist lakukan adalah menyemprotkan pelumas 4WD agar rumah kunci engga seret brosist. Biasa nya ini dilakukan sebulan atau dua bulan sekali biar lebih awet.
  • Tips kedua yaitu hindari berkendera saat hujan agar rumah kunci engga kemasukan air hujan. Khusus untuk rumah kunci yang posisi nya rebah.
  • Tips yang ketiga biasa nya karena jarang dibersihkan rumah kunci jadi kotor karena pemakaian. Sebaiknya empat atau lima bulan rumah kunci kontak motor dibersihan atau dibongkar, entah itu rumah kunci bagian jok atau pada bagian rumah kunci tutup tanki brosis.
  • Khusus motor laki, sebaiknya saat menutup tutup tanki di tekan terlebih dahulu, agar posisi nya pas saat anak kunci diputar.

Tips Mengatasi Kunci Motor Patah Didalam

Kalo anak kunci motor sudah terlanjur patah, sebaiknya untuk bagian yang patah jangan di diamkan brosist. Dan untuk mengelurkan jangan menggunakan alat yang dapat merusak rumah kunci.
Tapi sebaiknya dikeluarkan menggunakan jarum kecil atau sumpit kecil. Lalu jepitkan pada bagian anak kunci yang patah brosist.

Jika brosist ingin buat kunci yang baru, tenang ajah brosist bisa ko tanpa harus mengganti rumah kunci kontak motor. Asalkan brosist masih punya pin kode yang didapatkan saat beli motor. Bentuk nya kecil kotak terbuat dari besi dan ada angkanya.

Itu nanti brosist bisa gunakan untuk membuat anak kunci baru apabila brosist udah engga punya kunci serepnya. Dan bisa di buat didealer setempat brosist.
Sekian brosist mengenai infomarsi kunci motot patah, semoga bisa jadi bermanfaat. Salam Satu Aspal.

Baca juga : Fungsi Lubang Kecil Dibawah Knalpot Standar Pada Motor