Cara membersihkan rantai motor

Tips cara membersihkan rantai motor yang benar

Duman- Sebuah kendaraan motor sering kali kita pakai untuk berpergian kesana-sini agar lebih efisien waktu dan jarak. Tapi perlu diketahui, ada kalanya kita memperhatikan part yang yang satu ini.

Gear dan rantai merupakan komponen yang merupakan penghubung tenaga yang dihasilkan oleh mesin sampai hasil akhir diterima oleh ban belakang.
Alangkah baiknya kita merawat dan membersihkan rantai motor secara berkala.

Cara membersihkan rantai motor yang kotor agar nyaman saat dikendarai. Berikut tipsnya:

Siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.
1. toolkit
2. Sikat
3. Sabun cream
4. Solar
5. Pelumas rantai

Membuka cover rantai dan gear
Yang pertama kita lakukan adalah membuka cover rantai dan juga cover gear depan menggunakan toolkit agar lebih mudah dalam membersihkan rantai.
Tapi kalau kepingin lebih maksimal lagi bisa dengan melepaskan rantai, namun agak sedikit ribet.

Sikat rantai dan gear
Setelah cover terlepas langkah selanjutnya siram dengan air lalu bersihkan rantai menggunakan sikat dan juga sabun cream agar kotoran menempel pada rontok semua dan setelah itu bilas. Diamkan sebentar hingga rantai mengering.

Bersihkan dengan solar
Setelah rantai dan gear mengering, bersihkan menggunakan sikat dan solar. Menggunakan solar  hanya untuk menghilangkan karat dan mudah masuk ke sela-sela rantai lalu bilas kembali. Tunggu hingga rantai mengering.

Melumasi rantai
Kalau dirasa rantai sudah mengering, proses terakhir hanya tinggal melumasi rantai menggunakan pelumas rantai yang banyak dijual online atau pun bengkel. Lakukan secara berkala dalam melumasi rantai agar lebih terawat. Dan pasang kembali cover rantai dan gear.

Merawat rantai motor itu mudah, asal kita perhatian terhadap kendaraan yang kita pakai agar umur rantai tidak pendek.
Sekian tips cara membersihkan rantai motor, semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.