Syarat Bayar Pajak Motor Online Terkini

cara bayar pajak motor online
Pembayaran Pajak Via Aplikasi Samsat Online Nasional

Duman - Cara Cek dan Syarat Bayar Pajak Motor Online. Halo brosist sebagai warga negara Indonesia yang baik, alangkah baiknya kita taat untuk membayar pajak brosist. Biar nyaman waktu riding di jalan dan engga main kucing-kucingan saat ada rajia, karena pajak motor udah molor brosist. Kemungkinan besar hampir kebanyakaan orang males membayar pajak karena mengantri yang lama brosist.

kemungkinan juga engga ada waktu yang pas buat dateng ke tempat pembayaran pajak, karena rutinitas kerja yang padat setiap hari nya brosist. Tapi persepsi setiap orang berbeda-beda brosist.

Jaman sekarang semakin canggih brosist, Apa-apa jadi serba instant dan simple berkat handphone pintar. Nah bagi brosist yang ingin membayar pajak kendaraan motor sekarang bisa melalui online brosist, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam bayar pajak motor online.

Syarat Bayar Pajak Motor Online

Mungkin beberapa dari brosist belom tau mengenai persyaratan bayar pajak motor online. Jadi apa saja yang harus di persiapkan terlebih dahulu, Berikut ulasannya brosist :
  • Yang perlu brosist ketahui nih, suatu kendaraan di katakan tidak boleh sedang di blokir Ranmor atau blokir data kepemilikan.
  • Untuk syarat yang satu ini hanya berlaku pembayaran pajak kendaraan motor tahunan saja brosist. Nah kalo untuk pajak 5 tahunan harus langsung kekantor samsatnya brosist.
  • Untuk persyaratan yang satu ini Brosist harus mempunyai rekening tabungan beserta Kartu ATM yaang bekerjasama dengan samsat.
  • Kalo yang ini harus motor brosist sendiri bukan motor punya badan usaha/yayasan /badan sosial brosist.
  • Harus mempunyai nomer handphone yang aktif brosist.
  • Dan yang terakhir brosist harus membayar pada masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masa expired pajak brosist.
Beberapa hari yang lalu ada yang betanya mengenai bisakah bayar pajak motor di kota lain?

Nah Bagi brosist yang ingin bayar pajak motor online namun perlu diketahui juga. Bahwa layanan ini tidak berlaku untuk antar provinsi, misalkan Brosist tinggal di jakarta dengan plat nomor wonosobo, Brosist tentunya tidak bisa menggunakan layanan ini, ya di karena kan hanya untuk melayani kota dalam provinsi tersebut brosist.

Tata Cara Bayar Pajak Motor

Pada menu pendaftaran berfungsi untuk wajib pajak melakukan pendaftaran pembayaran pajak kendaraan secara online brosist. Setiap proses pendaftaran yang telah selesai akan mendapatkan Kode Billing atau Bayar yang digunakan untuk pembayaran melalui layanan perbankan (e-Banking atau ATM) yang telah bekerja sama dalam pelayanan pembayaran brosist. Berikut langakah-langkah:
  • Buka situs atau aplikasi samsat online sesuai dengan daerah provinsi.
pembayaran pajak motor via bapenda jawa barat
Pembayaran pajak motor via situs bapenda jawa barat

Sebagai contoh, kali ini ane menggunakan situs resmi Bapenda dan situs ini juga bisa cek pajak motor online brosist. Dan setiap provinsi memiliki situs resminya masing-masing yang bisa brosist kunjungi. Dan wilayah samsat online nasional hanya ada 7 saja. Meliputi:
  1. Bayar pajak motor online jawa timur
  2. Bayar pajak motor online jawa barat
  3. Bayar pajak motor online jawa tengah
  4. Bayar pajak motor online DIY
  5. Bayar pajak motor online Banten
  6. Bayar pajak motor online DKI Jakarta
  7. Bayar pajak motor online Bali

  • Pada langkah selanjut nya brosist harus mengisi foam pendaftaran online:
Saat melakukan pengisian foam pendaftaran online sebaiknya lakukan dengan teliti brosist, agar tidak terjadi kesalahan:
  1. Pilih menu pendaftaran online
  2. Kemudian masukkan nomor registrasi kendaraan bermotor. Kota, Samsat, dan Nomor plat motor yang harus sesuai dengan kota nya.
  3. Setelah itu akan muncul informasi mengenai jumlah pajak kendaraan dan pada bagian akhir (bawah) layar akan ada pilihan untuk Lanjut Daftar Online atau tidak. Pilih YA untuk melanjutkan.
  4. Lalu masukkan kota dimana brosist ingin ambil dan pilih samsat terdekat dengan brosist.
  5. Setelah selesai akan muncul enam pasal ketentuan yang harus Anda setujui untuk dapat melanjutkan membayar.
  6. Pada langkah selanjutnya brosist akan mendapatkan pilihan bank mana harus digunakan untuk bayar dengan layanan Internet Banking, Mobile Banking, dan E-Samsat
  7. Jika sudah selesai brosist akan mendapatakan kode bayar sesuai dengan nominal yang harus dibayarkan. Dan informasi mengenai tempat pengambilan nota pajak yang sesuai dengan data foam yang brosist isi sebelumnya.
Catatan : jika sudah mendapatkan kode bayar sebaik nya di transaksikan langsung, agar tidak hangus brosist. Karena waktunya di batasi hanya 2 jam saja.

Bagi brosist yang belum tau mengenai pihak Bank yang bekerjasama dengan samsat. Berikut ulasannya dibawah sini brosist:
Bank Daerah   Bank BUMN     Bank Swasta

BPD Banten    Bank BNI           Bank BCA

BPD DKI          Bank BRI            Bank Permata

BPD Jabar       Bank Mandiri   Bank CIMB
BPD Jateng     Bank BTN
BPD DIY
BPD Jatim
BPD Bali

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM

Sebagai contoh ane menggunakan cara bayar pajak motor lewat mandiri. Berikut langkah-langkah nya brosist:

  1. Buka menu Bayar - Multi Payment - Pilih Kantor Samsat yang sesuai dengan tempat tinggal Brosist.
  2. Jangan lupa brosist untuk memasukkan Kode Bayar yang sudah didapatkan dari web samsat online sebelumnya.
  3. Klik Lanjutkan untuk melakukan proses pembayaran.
  4. Jika proses bayar sudah selesai, Brosist mendapat bukti yang menunjukkan bahwa brosist telah melakukan pembayaran menggunakan internet banking.
  5. Print out bukti pembayaran tersebut yang nantinya sebagai bukti sah untuk ditukar dengan nota pajak kendaraan yang baru.

Dan perlu di ingat brosist untuk bukti pembayaran tersebut harus disimpan sebaik-bainya, kalo biss simpen dipeti yang gede biar engga ilang brosist. hehehe

Nah untuk batas waktu penukaran nota pajak ini hanya sampai tujuh hari sejak print out bukti pembayaran brosist. Kalo menurut ane lebih cepat lebih baik brosist, biar cepet turun dah STNK baru nya.

Gimana brosist mudahkan untuk membayar pajak, dengan ada nya layanan samsat online jadi lebih mudah. Nah sekarang sudah mudah, masa masih engga mau bayar pajak.
Sekian brosist semoga informasi mengenai cara cek dan syarat bayar pajak motor online ini jadi bermanfaat brosist.

Baca juga : Cara Perpanjang SIM Motor Online