Cara mencuci motor Honda Beat FI

Duman- setiap hari motor digunakan untuk berjalan dari satu tempat ketempat yang jauh dengan lebih cepat. Tetapi tak hanya selalu digunakan tapi juga dirawat mulai servis kendaraan sampai menjaga kebersihan kendaraan.

Terlihat foto diatas sudah hampir setahun saya tidak membersihkan bagian dalam motor. Nah kali ini saya ingin membagikan beberapa cara mencuci motor Honda beat  yang saya lakukan pada motor Honda beat milik saya.

Alat dan bahan yang harus disiapkan.

  1. Toolkit
  2. Selang air
  3. Kanebo, spons, kuas
  4. Kain pembersih
  5. Sampo khusus motor/mobil
  6. Pelumas anti karat
  7. Kit bodi
Pertama-tama yang harus dilakukan membuka semua bagian bodi motor menggunakan toolkit, mulai dari bodi bagian belakang sampai bodi bagian depan.

Setelah seluruh bagian bodi terlepas, langkah selanjutnya melepaskan ECM dari soketnya yang terletak didepan Tanki bensin lalu bungkus soket tersebut.

Lalu kebagian kiprok/regulator, lepaskan kiprok/regulator dari soketnya yang terletak di bagian kanan rangka motor, bungkus soket tersebut. Dan terdapat baut ukuran 10 lalu lepaskan menggunakan kunci T ukuran 10.

Dan jangan lupa untuk membungkus soket accu yang sudah terlepas sebelumnya dibagian cover lantai atas.

Setelah semua terbungkus siram semua bagian rangka motor menggunakan selang air. Lalu bersihkan seluruh bagian rangka motor menggunakan spons dan sampo motor yang sudah disiapkan. Lalu siram kembali seluruh bagian rangka.

Dibagian mesin banyak sela-sela kecil yang sulit dijangkau oleh tangan, maka dari itu gunakan kuas agar lebih mudah dijangkau.
Dalam tips mencuci motor Honda beat ini memang cukup begitu lama, jadi lakukan dengan perlahan agar bersih dengan maksimal.

Tips mencuci motor Honda beat fi


Setelah semua dibersihkan, keringkan menggunakan kanebo agar lebih cepat mengering. Sambil menunggu rangka motor mengering, maka dari itu bersihkan bagian-bagian bodi motor.

siram satu persatu bagian bodi motor lalu bersihkan menggunakan spons dan sampo motor, setelah semua dibersihkan siram kembali lalu keringkan menggunakan kanebo.

Nah waktunya kembali ke rangka motor, semprotkan pelumas anti karat pada bagian-bagian rangka yang mudah berkarat agar terhindar dari karat yang membandel.

Tips mencuci motor Honda beat fi

Setelah semua disemprotkan alangkah baiknya istirahat sejenak sambil makan, minum kopi, dan sebat.

Terasa sudah puas istirahat, lanjut lagi dengan memasangkan ECM, buka pembungkus soket lalu sambungkan kembali ke ECM, letakan seperti posisi semula. Kebagian kiprok, buka pembungkus soket lalu sambungkan kembali kekirprok/regulator letakan seperti posisi semula.

memasangkan bagian-bagian bodi motor, mulai dari bodi bagian depan, bagian dek motor sampai kebagian bodi belakang. Setelah seluruh bagian bodi terpasang, waktunya memoles bagian bodi menggunakan kit bodi dan kain pembersih. Poles bodi motor sampai keseluruhan bagian sampai mengkilat.

Dan selesai sudah tips mencuci motor Honda beat, tak hanya bagian luar motor yang saya lakukan setiap motor kotor, tetapi saya juga membersihkan bagian dalam motor yang saya lakukan 6 atau setahun sekali.

Semoga artikel ini jadi bermanfaat bagi yang membacanya.