Pilihan Ban Motor Terbaik 2020 Yang Direkomendasikan

Ban motor terbaik
Ban motor terbaik
Ban Motor Terbaik - Halo sobat Moleng, perlu sobat ketahui ban motor merupakan suatu komponen dari motor yang perlu diperhatikan kualitas nya. Tak heran komponen dalam sebuah motor menjadi penting dan salah satunya adalah ban motor. Ada banyak merk ban motor yang berteberan di Indonesia, dengan adanya artikel ini, bisa menjadikan alternatif untuk sobat Moleng saat membeli sebuah ban motor.

Daftar Isi :
Dalam hal memilih ban motor terbaik jangan asal membeli ban motor sob, jika sobat ingin mengganti ban motor yang sudah melewati masa pakainya dengan yang baru. Hendaklah sobat cari merk ban motor terbaik yang sesuai pemakaian dan juga karakter motor sobat , entah itu untuk harian atau untuk touring jarak jauh.

Memilih ban motor terbaik adalah hal yang mutlak untuk motor sobat, untuk menunjang keamanan saat sobat sedang berkendara. Dan juga memilih ukuran ban yang sesusai dengan standar velg motor, karena apabila terlalu besar membuat kerja mesin jadi lebih berat dan membuat ban terlihat sperti donat dikarenakan ukuran velg yang tidak sesuai.

Jenis - Jenis Ban Motor

Sebelum kita kepokok pembahasan, sobat moleng perlu kenali dulu jenis ban motor yang dijual dipasaran Indonesia. Ada beberapa jenis ban motor yang memang umum digunakan pada motor. Berikut jenis - jenis ban motor :

Jenis Ban Bias

Ban bias merupakan ban yang struktur bagian dalamnya menggunakan benang yang disusun secara zigzag dengan sudut 40 derajat samapi 60 derajat dari lingkaran ban. Ban ini umumnya digunakan pada motor dikelas low end atau dibawah 150cc dikeranakan ban ini dari segi penyerapan getaran serta kekuatan karet ban cukup baik.

Jenis Ban Radial

Ban radial merupakan ban yang struktur bagian dalamnya dengan susunan carcass yang membentuk sumbu radial dengan sudut 90 derajat dari keliling ban. Dan juga terdapat Breaker yang merupakan bagian dari ban yang berhubunga langsung dengan jalan. Ban radial memiliki kelebihan yang membuat ban sedikit mengalami deformasi meskipun motor digeber pada RPM tinggi. Dan ban sangat cocok dipakai pada motor dengan tenaga mesin diatas 150cc.

Jenis Ban Tubeless

Ban tubeless merupakan ban yang tidak mengguanakan ban dalam sobat Moleng.
Ban ini memiliki tulang rusuk terus menerus yang dibentuk secara integral ke dalam manik ban. Pada bagian ban sebenernya menggunakan ban dalam, namun ban dalam tersebut sudah menyatu dengan ban inti. Sehingga ban dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg.

Untuk jenis ban motor yang paling diminati adalah jenis ban tubeless, karena ban ini terbilang cukup simple dalam hal mengatasi kebocoran ban saat dijalan. Kita tinggal menambahkan cairan anti bocor didalam ban akibat terkena paku, tapi beda hal nya kalo ban sobek sob. Kita harus mengganti ban nya dan engga bisa ditambal lagi sama cairan.

Daftar Ban Motor Terbaik

Untuk ban motor terbaik yang di Indoneaia sendiri cukup banyak merk ban motor terbaik dan engga kalah dengan merk ban luar. Bahkan ada beberapa merk ban motor Indonesia yang menjadi standar bawaan motor dari pabrikan yang ada di Indonesia. Berikut daftar ban motor terbaik 2020 yang direkomendasikan :

Ban Motor Zeneos

Ban motor zeneos
Ban Motor Zeneos
Salah satu ban motor terbaik pertama adalah Zeneos yang merupakan ban produksi dari pabrikan PT. Gajah Tunggal Tbk dengan lisensi murni dari Indonesia. Ban motor terbaik ini memiliki cukup kualitas yang bagus dengan alur kembang ban yang baik dalam memecah air. Ban motor Zeneos dibuat dengan menggabungkan teknologi Advanve Grip Design dan High Speed Grip yang menjadikan ban ini memiliki kualitas yang cukup bagus sobat Moleng.

Sertifikasi Domestik maupun Internasional telah dimiliki pada ban motor Zeneos yang berupa : ISO, SNI, E-Mark dan DOT. Ban Zeneos dibuat dengan mengutamakan keamanan dan juga kenyamanan bagi sang rider untuk beraktivitas dengan motornya, jadi ban ini direkomendasikan banget untuk sobat Moleng yang ingin mengganti ban baru.

Ban Motor Corsa

Ban motor corsa
Ban Motor Corsa
Ban motor terbaik ini merupakan produksi lokal Indonesia dari pabrikan PT. Multistrada Arah Sarana yang juga memproduksi ban mobil dengan merk Achilles. Tapi ane akan membahas tentang ban motor Corsa yang merupakan produksi dari PT. Multistrada Arah Sarana yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang cukup terjangkau.

Ban motor terbaik ini memiliki kelebihannya tersendiri, dimana kelebihannya itu terletak pada komposisi 3 in 1 antaralain : Tread Compound, Base Compound dan Sidewall Compound yang menjadikan ban memiliki kualitas baik di dalam negri maupun di luar dan telah lulus ISO 9001 : 2000.

Ban Motor FDR

Ban motor FDR
Ban Motor FDR
Masih pada ban motor terbaik buatan lokal sobat Moleng. Ban motor FDR merupakan ban yang diproduksi oleh pabrikan PT. Suryaraya Rubberindo Industries yang cukup direkomendasikan untuk pengguna motor di tanah air. Kerena memiliki kualitas yang cukup baik dan juga memiliki kembang pada ban yang sangat maksimal dalam memecah air.

Ban ini terbukti akan kualitasnya, karena ban motor terbaik ini sudah digunakan dalam ajang balap motor ditingkat kejuaran Nasional dan juga Asia sob. Jadi sangat rekomendasi banget buat motor kalian.

Ban Motor IRC

Ban Motor IRC
Ban Motor IRC
Balik lagi nih ke ban motor terbaik buatan pabrikan dari PT. Gajah Tunggal Tbk denga  memproduksi ban motor merk IRC dengan lisensi milik jepang sedangkan pada ban Corsa yang meruoakan lisensi murni milik Indonesia. Ban motor IRC ini memiliki kualitas yang cukup bagus, sama hal nya dengan ban motor Corsa yang diproduksi dalam satu pabrikan.

Terlihat seperti foto ban motor IRC diatas, kemabang pada ban tersebut didesain zigzag agar optimal saat memecah air yang membuat ban tidak mudah tergelincir saat dijalan yang basah.

Ban Motor Aspira Premio

Ban Motor aspira premiro
Ban Motor Aspira Premio
Ban motor terbaik buat lokal ini adalah Aspira Premio yang merupakan ban produksi dari PT. Astra Otoparts, yang bekerja sama dengan pabrikan ban yang udah engga perlu lagi di tanyakan kualitasnya yaitu pabrikan ban dari Pirelli sob. Ban motor Aspira Premio dibuat dengan teknologi tinggi dari negara Italia dengan nama Progressive Groove Deaign.

Perlu sobat Moleng ketahui, ban motor terbaik ini memiliki tiga varian ban yang beda yaitu : Aspira Premio Sportivo RS, Aspira Premio Urbano dan Aspira Premio Sportivo. Kelebihan ban ini adalah kembang ban depan dan belakang memiliki arah yang belawanan.

Tips

Jangan menunda apabila ban motor sobat Moleng sudah habis masa pakai atau ban udah botak tapi tetap dipakai. Sebaiknya segera untuk diganti untuk keamanan sobat saat berkendara. "KEEP SAFETY RIDING"

Baca juga :
Daftar Jenis Helm Motor Yang Perlu Diketahui