Cara Mengendarai Motor Kopling Yang Aman Bagi Pemula

Cara mengendarai motor kopling yang aman bagi pemula

Duman - Cara mengendarai motor kopling yang aman bagi pemula. Halo brosist bicara soal motor kopling, bagi sebagian orang yang belum bisa menggunakan motor kopling pasti ingin rasa nya mengendarai sebuah motor dengan transmisi manual ini. Ya memang cara kerja motor transmisi manual dengan transmisi otomatis sangat berbeda brosist. perbedaannya mulai dari fungsi dan cara kerjanya brosist.

Mungkin sebagian pemula mengendarai motor kopling itu susah, tapi nyatanya cara mengendarai motor kopling itu mudah brosist asal tau timing yang pas antara tuas kopling, tuas gas dan gigi perseneling. 

Sebelum brosist mempraktekan cara mengendarai motor kopling alangkah baiknya pahami terlebih dahulu cara kerja motor kopling, fungsi kopling pada motor dan jenis kopling pada motor.

Fungsi Kopling Pada Motor

Sejatinya kopling berfungsi untuk meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi perseneling, ketika saat perpindahan gigi kopling digunakan.

Pada umumnya kopling yang sering digunakan pada sepeda motor adalah kopling tipe basah brosisr dengan plat ganda. Artinya kopling dan komponen kopling lainnya terendam dalam oli yang ada dimesin motor dan terdiri atas beberapa plat kopling.

Cara Kerja Kopling Pada Motor

Cara kerjanya Bila handel kopling pada batang kemudi tidak ditarik maka pelat tekan dan pelat gesek dijepit oleh piring penekan (clutch pressure plate) dengan bantuan pegas kopling sehingga tenaga putar dari poros engkol sampai pada roda belakang.

Sedangkan bila handel kopling pada batang kemudi ditarik maka kawat kopling akan menarik alat pembebas kopling. Alat pembebas kopling ini akan menekan batang tekan (pushrod) atau release rod yang ditempatkan di dalam poros utama.

Jenis-jenis Kopling Motor

  • Sistem motor kopling manual pada motor gede.
  • Sistem motor kopling sentrifugal pada motor matic.
  • Sistem motor kopling ganda pada motor bebek.
Setelah brosist mengetahui fungsi dan cara kerja motor kopling langkah selanjutnya tinggal mengikuti cara mengendarai motor kopling brosist.

Tapi hal pertama yang harus brosist lakukan adalah memilih jenis motor kopling terlebih dahulu. Karena dalam hal ini brosist menggunakan motor kopling dengan sistem manual seperti motor Honda CBR150RYamaha R15 dan juga Vixion dengan konfigurasi transmisi 1-N-2-3-4-5-6

Memilih Motor Kopling

Pilihlah motor kopling yang mudah di kendarai dan nyaman untuk brosist. Agar saat di praktektan brosist cepat beradaptasi dengan motor tersebut.
Kalo brosist engga punya motor kopling bisa disarankan meminjam dengan teman brosist yang punya motor kopling.
Dan bagi pemula sebaiknya pilih juga motor dengan kapasitas mesin yang kecil saja brosist, karena bobotnya ringan.

Cara Mengendarai Motor Kopling

  • Hal pertama yang harus brosist lakukan adalah menggunakan peralatan keselamatan saat berkendara supaya aman brosist mulai dari Helm, jaket dan juga sepatu. berjaga jaga jika terjadi hal yang engga di inginkan brosist. Karena sejatinya keselamatan merupakan hal yang utama.
  • Cari tempat yang sekira tidak banyak motor yang berlalu lalang atau tempat yang sepi  kendaraan lewat. Biar brosist aman saat menggunakan motor kopling.
  • Dalam hal ini cobalah untuk menyalakan mesin motor dalam posisi netral  brosist. Agar brosist tidak engga kaget saat mau menyalakan motor.
  • Hal selanjutnya cara mengendarai motor kopling adalah menarik tuas kopling yang berada sebelah kiri kemudi.
  • Langkah selanjutnya dalam posisi tuas kopling ditekan, masukan gigi transmisi ke posisi gigi 1 dengan cara menekan menggunakan kaki sebelah kiri. Kenapa harus memasukan gigi 1? supaya saat motor jalan, tenaga nya pun dapet brosist.
  • Saat posisi gigi 1 lepas tuas kopling  secara perlahan dan di barengi dengan tuas gas motor ditarik brosist. Maka motor akan jalan dengan sendirinya.
  • Setelah motor jalan atur keseimbangan setang kemudi dan juga motor brosist. Biar jalan nya engga kaya ule zig zag gitu.
  • Untuk gigi 1 biasa nya hanya mampu sampai kecepatan 20 km/jam pada motor berkapasitas kecil. Maka langkah selanjutanya untuk melakukan perpindahan gigi brosist.
  • Lepaskan sedikit tarikan tuas gas, setelah itu tarik tuas kopling dan masukan keposisi gigi 2 dengan cara di cukil menggunakan kaki kiri.
  • Jika sudah masuk ke posisi gigi 2 lepas tuas kopling dan dibarengi tarikan tuas gas secara perlahan. Lakukan secara cepat brosist agar timingnya pas.
Setiap ingin melakukan perpindahan gigi lakukan seperti itu brosist baik dalam menaikan maupun menurunkan gigi.

Sekian brosist semoga tips cara mengendarai motor kopling yang aman bagi pemula ini bisa jadi bermanfaat dan  brosist bisa mahir mnggunakannya saat di jalan.