Tips merawat rangka deltabox

Merawat kendaraan : Cara merawat rangka deltabox

Duman- Rangka deltabox kali ini saya ingin membagikan beberapa tips merawat rangka deltabox agar tidak terjadinya rangka keropos. Ada beberapa kejadian rangka keropos yang mungkin terjadi pada motor yang masa pakai sudah 5 tahun keatas, karena kurangnya perawatan bisa jadi mengalami keroposan.

Meskipun pabrikan sudah memberikan cat anti karat pada bagian dalam rangka deltabox tetap saja kalau tidak dirawat lama kelamaan terjadi pengeroposan.

Saya pun pengguna rangka deltabox, jadi saya ingin berbagi beberapa tips merawat rangka deltabox. Motor yang sering saya pakai sehari-hari adalah Yamaha Xabre.

1. Dua bulan atau tiga bulan sekali menyemprotkan cairan anti karat pada bagian lubang pembuangan hawa yang terdapat pada bagian las kerangka dan lubang rangka di bawah tank besin. Kalo mau lebih optimal lepas seluruh cover body motor dan semprot kan cairan anti karat pada bagian yang rawan karat.

Tapi banyak juga yang bilang bagian lubang tersebut ditutup saja. Karena air mudah masuk dari lubang tersebut, kalau saya lebih baik tidak ditutup agar hawa bisa keluar dari lubang tersebut.

2. Mungkin sedikit ekstrim, melubangi rangka bagian kiri kalau bagian kanan sudah ada lubangnya tapi kalau kurang yakin bisa dilubangi bagian rangka. Cari titik paling terendah dekat pustep depan, agar air mudah keluar.

3. Berkendara disaat hujan, sebaiknya sehabis dipakai disaat hujan langsung di cuci saja biar motor kelihatan bersih dan terhindar dari karat.

4. Mengecat ulang seluruh rangka agar catnya lebih tebal dan tidah mudah karatan.

Tips merawat rangka deltabox anda mulai perawatan kecil karena setiap hari motor selalu digunakan untuk berpergian. Semoga artikel ini bisa jadi lebih bermanfaat karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.
SALAM SATU ASPAL